Selamat Ramadhan

7 Hobi Di Bulan Ramadhan

Selamat Ramadhan

Bulan Puasa atau Bulan Ramadhan tahun 1433 Hijriyah sedang kita jalani bersama. Setiap muslim menginginkan bisa menjalani ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Nah, di tengah-tengah ibadah puasa itu sebagian orang tidak tahu apa yang harus dilakukan selain kegiatan sehari-hari mereka. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah melakukan hobi yang bermanfaat. Ada tujuh hobi bermanfaat yang bisa kamu coba.

1. Tilawah Al-qur’an

Tilawah (membaca) kitab suci Al-qur’an atau biasa disebut tadarus dapat kita lakukan di bulan puasa. Mengapa tadarus harus muslim lakukan dan dijadikan hobi? Al-qur’an diturunkan oleh Allah di bulan Ramadhan, tepatnya pada malam ketujuhbelas Ramadhan. Di dalam Al-qur’an terdapat pedoman dan petunjuk untuk manusia dalam menjalani kehidupan. Kita dapat membaca tafsir atau penjelasan dari setiap ayatnya dalam tafsir Al-qur’an dan di dalam hadits nabi dan kitab-kitab karangan para ulama. Rasulullah Muhammad Shallallohu ‘Alaihi Wassallam memerintahkan umatnya untuk membaca dan mempelajari Al-qur’an. Sebagai umatnya kita harus mengikuti ajaran dan sunnah Rasulullah. Kita harus mulai belajar mempelajari dan menyukainya. Apakah kamu tahu kelebihan dan manfaat membaca Al-qur’an? Berikut ini adalah beberapa manfaat membaca Al-qur’an yang perlu kamu ketahui. Jika sudah mengetahuinya kamu pasti akan tertarik membaca Al-qur’an bahkan bisa menjadi hobi barumu.

a. Membaca satu huruf dalam al-qur’an dicatat satu kebaikan.

Misalnya jika kamu membaca ayat alif laam mim maka dicatat 3 kebaikan untuk muslim yang membacanya. Bahkan mendengarkan orang membaca Al-qur’an bisa mendapatkan pahala.

Di bulan Ramadhan ini seluruh amal kebaikan dilipatgandakan. Jika kamu membaca ayat di atas di bulan Ramadhan maka kamu akan mendapatkan 30 kebaikan (10 kali lipatnya) untukmu bahkan lebih. Karena pahala puasa langsung diberikan oleh Allah. Hanya Allah yang tahu besaran pahala kita.

Itu baru membaca satu ayat. Apakah kamu ingin mendapatkan pahala lebih banyak? Coba cara ini. Jika puasa kita genapkan 30 hari, maka kita bisa menargetkan khatam atau menyelesaikan tadarus satu kali selama sebulan. Caranya adalah kita baca satu juz dalam satu hari. Kamu bisa membagi satu juz ke dalam beberapa kali. Kitab Al-qur’an yang berukuran besar biasanya memuat 9 atau 10 halaman per juznya. Jika kamu membiasakan diri membaca 2 halaman setiap selesai melakukan sholat lima waktu maka selesailah satu juz dalam satu hari.

Jika ingin pahala yang lebih banyak dan ingin khatam lebih banyak, kamu bisa mengatur atau menjadwalkan tadarus sesuai keinginanmu. Misalnya dalam Ramadhan sekarang, kamu ingin khatam sebanyak 3 kali. Kita hitung puasa 30 hari dibagi 3 khatam sama dengan 10 hari per satu kali khatam. Artinya dalam waktu sepuluh hari kamu sudah khatam satu Al-qur’an. Lalu bagaimana cara mengaturnya?

Agar khatam satu al-qur’an dalam sepuluh hari, berarti kamu harus membaca 3 juz dalam satu hari. Pertama, kamu baca setengah juz setelah sholat shubuh, setengah juz lagi ketika sholat sunat dhuha, setengah juz lagi setelah sholat duhur dan setengah juz setelah sholat ashar. Jadi total sudah 2 juz kita baca. Nah satu juz lagi kamu baca, seperempat juz setelah sholat magrib, setengah juz setelah sholat isya dan seperempat juz lagi setelah sholat sunat tahajud (sebelum makan sahur).

Hal ini saya lakukan di bulan Ramadhan tahun ini. Dan saya mengatur jadwal tadarusnya seperti di atas. Kamu bebas mau mengatur jadwal tadarusmu sendiri. Misalnya kamu bisanya hanya setelah subuh dan isya saja. Tidak ada paksaan dalam mengatur jadwal tadarusnmu. Kamu sudah membaca Al-qur’an itu adalah yang lebih penting.

Jika kita kembali kepada hitungan pahala, wah besar sekali pahala yang akan kita dapatkan dari Allah. Apalagi jika kamu bisa khatam minimal satu kali selama Ramadhan. Apakah kamu tahu, ketika kamu khatam, turun 70 ribu malaikat ke bumi untuk mengaminkan doa khatam al-qur’an. Subhanallah ! Allahu Akbar !

Lalu bagaimana dengan muslim yang belum bisa membaca Al-qur’an? Ini adalah saat yang baik untuk kamu belajar membaca Al-qur’an. Kamu bisa mencari gurumu sendiri untuk diundang ke rumah, atau kamu sendiri yang mendatangi pengajian Al-qur’an. Niat baikmu akan dipermudah Allah. Insya Allah ada jalannya. Mulailah dari mengenali huruf-huruf hijaiyah lalu mulai belajar membaca iqro dan apabila sudah lancar tajwid dan makhorijul khurufnya, kamu bisa langung membaca Al-qur’an dan bisa mendapat pahala yang luar biasa besarnya. Ayo, semangatlah ! Sebagai muslim kamu harus malu tidak bisa membaca Al-qur’an. Kita jangan Buta Qur’an. Yang penting ada niat ingin belajar dari dirimu. Jangan menyerah ! Kamu pasti bisa. Apalagi jika kamu tahu manfaat membaca Al-qur’an yang lainnya. Apa kamu tidak tertarik dengan pahala besar yang akan kamu dapatkan nanti?

b. Membaca Al-qur’an dapat menajdi penerang muslim yang sudah meninggal di alam kubur dan menjadi syafaat di akhirat kelak.

Ketika muslim meninggal, tidak ada satu pun barang yang ia bawa ke liang kubur selain kain kafan yang ia kenakan. Di dalam kubur yang sempit dengan ukuran beberapa sentimeter dari tinggi badan si mayit, tidak ada penerangan yang bisa si mayit dapatkan. Baik buruknya amal menentukan keadaan si mayit di alam kuburnya. Mayit yang sering membaca Al-qur’an semasa hidupnya akan mendapatkan penerangan di gelapnya kubur dan ketika ia dibangkitkan di alam mahsyar ia akan mendapatkan syafaat di hari akhirat.

Surga yang ada di akhirat memiliki kelas-kelas tersendiri, seperti surga para nabi, surganya para suhada dan lain sebagainya. Dan di antara kelas surga tersebut ada surga untuk para pembaca al-qur’an. Subhanallah ! Semoga kita bisa menjadi salah satu penghuni surga tersebut. Amin.

c. Membaca Al-qur’an dapat menenangkan hati dan mencerahkan wajah.

Jika kamu sedang galau dan risau maka bangkitlah untuk mengambil air wudhu kemudian sholat dan mintalah ampun dan petunjuk dari Allah kemudian bacalah Al-qur’an. Saya sendiri merasakan keajaiban bacaan Al-qur’an. Ketika saya sedang ada dalam suatu masalah dan saya sangat kesal dan tidak bisa menahan amarah, saya pergi dari tempat saya kesal tersebut kemudian membaca Al-qur’an. Alhamdulillah, setelah saya membacanya hati menjadi tenang dan pikiran dan akal sehat saya bisa normal lagi.

Sering membaca Al-qur’an juga dapat mencerahkan wajah. Benarkah? Setiap orang memiliki auranya masing-masing. Ada aura positif, ada juga yang negatif. Kamu juga bisa merasakannya. Ketika kamu bertemu seseorang pertama kali maka ada rasa atau sensasi tersendiri. Misalnya jika orang itu galak, kamu bisa melihat dari wajah dan gerak-geriknya yang sering marah-marah, teriak-teriak dan memandang kita dengan mata melotot. Kita yang melihat orang tersebut merasakan ada hawa tidak nyaman berada di sekitanya. Lain halnya jika kita bertemu dengan orang baik apalagi dia seorang pembaca Al-qur’an. Ketika kita melihatnya, kita bisa melihat wajahnya yang bersih dan cerah bukan hasil make up dan jika berada di dekatnya, entah kenapa ada rasa nyaman yang kita rasakan. Rasa nyaman itu terlahir dari hati orang yang sering membaca Al-qur’an itu yang bersih dan selalu tenang dalam sikapnya sehari-hari.

Nah, kamu juga perlu mengetahui bahwa iman itu adalah meyakini dengan hati, mengatakan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan. Sama halnya dengan membaca Al-qur’an. Pertama, kita harus meyakini bahwa ayat-ayat dalam Al-qur’an adalah firman Allah sebagai pedoman hidup kita di dunia dan akhirat. Kedua, kita juga harus mempelajari Al-qur’an dan membacanya dengan tartil. Dan ketiga, kita harus mengamalkan isi dalam Al-qur’an. Sebagai contoh, di dalam Al-qur’an ada perintah untuk membayar zakat lalu kita mengamalkannya dengan membayarkan zakat tersebut untuk menyucikan diri kita.

Masih banyak kelebihan atau manfaat lain dalam membaca Al-qur’an. Namun, saya rasa cukup sampai disini dulu penjelasan mengenai tilawah al-qur’an. Yang paling penting adalah kamu punya kemauan untuk membaca Al-qur’an dan segera melakukannya saat ini juga.

2. Membaca Buku

About these ads

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s