Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Tinggi dan Rendah

Leave a comment

“Jangan melihat terlalu tinggi nanti lehermu akan terasa sakit sekali. Jangan menunduk terlalu lama nanti dagumu kaku dan terluka.”

Secara harfiah hal itu benar. Leher kita akan terasa sakit jika melihat terlalu tinggi atau menunduk terlalu lama. Sedangkan secara maknawi adalah kita tidak boleh memandang derajat diri sendiri lebih tinggi daripada orang lain karena akan menyebabkan diri menjadi sombong. Sombong hanyalah milik Allah. Jika seseorang mengambil milik-Nya maka Ia akan murka dan memberinya siksa yang pedih.

Kita juga tidak boleh berharap terlalu tinggi kepada manusia. Manusia tidak mempunyai pengetahuan apa-apa tentang masa depan. Hanya sedikit saja yang diberi kelebihan melihat masa depan. Berharap terlalu tinggi kepada manusia kamu akan sakit hati. Rasanya lebih sakit dibandingkan dengan ditusuk oleh ribuan pedang. Jika mau berharap kepada manusia berharaplah dengan sewajarnya saja. Kita seharusnya berharap kepada Allah di dalam doa-doa yang kita panjatkan kepada-Nya. Dia memiliki segalanya. Berdo’alah. Berharaplah. Mintalah sebanyak apa pun yang kau inginkan. Bagi-Nya hal itu adalah mudah.

Kemudian kita tidak boleh memandang diri lebih rendah daripada orang lain. Ada tadallul dan ada tawadhu. Tadallul artinya kita merendahkan diri kepada Allah, menyerahkan segenap jiwa dan raga kepada-Nya, ridho terhadap apa saja yang terjadi terhadap diri sendiri karena diri ini adalah milik Allah. Sedangkan Tawadhu artinya rendah hati terhadap sesama manusia, tidak menyombongkan diri. Jadi sebagai seorang manusia yang mempunyai harga diri, kita tidak boleh merendahkan diri kepada orang lain. Jika hal itu terjadi maka harga dirinya telah hilang. Berhentilah meminta-minta terhadap apa saja, baik itu uang, jabatan, cinta atau ketergantungan terhadap orang lain. Karena antara kamu, dia dan mereka mempunyai derajat yang sama di hadapan-Nya.

Baca Postingan lainnya di sini.

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s