Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Mark Twain

Leave a comment

Samuel Langhorne Clemens (30 November 183521 April 1910), lebih dikenal dengan nama pena-nya Mark Twain, adalah seorang novelis, penulis, dan pengajar berkebangsaan Amerika Serikat. Beberapa karyanya yang paling terkenal adalah The Adventures of Huckleberry Finn, The Adventures of Tom Sawyer, The Prince and the Pauper, A Connecticut Yankee in King Arthur’s Court serta satu buku non fiksinya, Life on the Mississippi.

Mark Twain dilahirkan pada tahun 1835. Dia dibesarkan di Hannibal, Missouri, sebuah kota kecil dipinggir sungai Mississippi di Amerika Serikat. ketika remaja dia sangat tertarik kepada kapal-kapal uap yang berlalu-lalang di sungai Amerika Serikat yang besar itu.

Ketika berusia sangat muda, Twain sudah bekerja sebagai seorang juru cetak di sebuah percetakan, dan kadang-kadang sebagai seorang penulis surat kabar. Sebagai pemuda berumur belasan tahun, dia menjadi nahkoda kapal sungai dan selama empat tahun berlayar di sungai Mississippi.

Pada waktu Perang Saudara Amerika pecah pada tahun 1860, Mark pindah ke daerah barat yakni di California. Ketika itulah dia mengubah namanya menjadi “Mark Twain” yang berarti “dua depa dalamnya.” Itu adalah istilah yang dipakai oleh awak kapal sungai ketika mereka mengukur dalamnya air.

Novel-novel Mark Twain yang paling terkenal adalah The Adventures of Tom Sawyer, dan The Adventures of Huckleberry Finn.

Kedua buku ini masing-masing menceritakan anak-anak berusia belasan tahun yang sedang tumbuh. Pengalaman-pengalaman mereka yang mengasyikkan itu menggambarkan kehidupan di tengah abad ke-19 dan menceritakan tentang pertentangan-pertentangan yang timbul antara orang muda dan orang dewasa. Seperti kebanyakan dari karya Twain, buku-buku ini juga penuh dengan rasa humor. Semakin umurnya bertambah, tulisannya semakin serius. Mark Twain meninggal pada tahun 1910.

KATA-KATA MUTIARA MARK TWAIN

  1. Belum pernah ada yang tidak menarik dalam hidup. Karena hal itu tidak mungkin. Di dalam tampilan seseorang yang paling culun sekali pun, ada drama, komedi dan tragedi.
  2. Tidak ada pemandangan yang lebih mengenaskan daripada seorang pesimis muda.
  3. Untuk mendapatkan kesenangan sepenuhnya, Anda harus memiliki seseorang untuk berbagi dengannya.
  4. Manusia tidak menjadi tua sampai penyesalan menggantikan impiannya.
  5. Lebih baik menjaga mulut anda tetap tertutup dan membiarkan orang lain menganggap Anda bodoh, daripada membuka mulut Anda dan menegaskan semua anggapan mereka.
  6. Berbuatlah baik selalu. Beberapa orang akan senang karenanya, sedang semua lainnya akan keheran-heranan.
  7. Semua yang Anda perlukan dalam hidup adalah ketidaktahuan dan kepercayaan diri; maka kesuksesan menjadi pasti.
  8. Bekerjalah bagaikan tak butuh uang. Mencintailah bagaikan tak pernah disakiti. Menarilah bagaikan tak seorang pun sedang menonton.

Baca artikel lainnya di sini.

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s