Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Liposuction

Leave a comment

Liposuction atau Bedah-Sedot-Lemak (BSL) adalah suatu cara (operasi) untuk menghilangkan timbunan lemak tubuh dengan cara menyedot keluar. Lemak yang telah dikeluarkan tidak dapat kembali lagi di tempat yang sama kecuali jika  berat badan bertambah sangat banyak. Umumnya liposuction adalah permanen. Tujuan liposuction adalah mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik. Umumnya berat badan tidak berkurang atau hanya sedikit berkurang. Berat badan berkurang pada “mega liposuction”, yaitu liposuction volume besar dimana lemak dikeluarkan 5 – 10 liter .

Setiap tindakan memiliki risiko. Bahaya setiap operasi adalah infeksi dan perdarahan. Keduanya dapat dihindarkan dengan cara melakukan liposuction di ruang steril dengan alat dan cara steril (di ruang operasi) dan dengan cara melakukan pemeriksaan darah/laboratorium sebelum operasi. Untuk mengurangi risiko operasi, liposuction dapat dilakukan dalam pembiusan lokal menggunakan teknik pembiusan (anestesi) “pengembungan jaringan” (tumescent). Cara ini ditemukan oleh Dr Jeffrey Klein ,seorang dokter kulit (dermatologis) dari USA yang  membuat revolusi liposuction sehingga menjadi salah satu tindakan bedah kosmetik yang sangat aman. Dengan persiapan yang cukup, dokter yang bertanggung jawab,  resiko operasi akan sangat kecil. Statistik menunjukkan liposuction tidak lebih berbahaya daripada operasi kosmetik lain.

Liposuction harus dilakukan oleh dokter yang kompeten untuk melakukannya. Biasanya dokter pelbagai spesialis melakukannya misalnya spesialis kulit, bedah/plastik, THT, ginekologis dan sebagainya. Walaupun demikian tidak semua dokter spesialis tersebut  melakukan liposuction. Yang perlu Anda tanyakan pada dokter tersebut adalah dimana mendapatkan training/kursus liposuction, sudah berapa banyak pasien yang dikerjakan, komplikasi apa yang didapat. Dari jawabannya Anda dapat menyimpulkan kemampuan dan tanggung jawab dokter yang bersangkutan.

Liposuction dilakukan di kamar operasi RS atau klinik dengan anaestesi (pembiusan) lokal, berarti Anda tetap sadar. Mungkin Anda diberikan tablet  obat penenang dan penawar sakit sebelum operasi, sehingga Anda akan sedikit mengantuk. Seluruh bagian tubuh yang mengandung timbunan lemak dapat dirampingkan dengan liposuction. Misalnya dagu, pipi, lengan atas, perut, pinggang, pinggul, punggung, paha dalam, paha samping, betis. Liposuction yang paling sering dilakukan pada wanita adalah : perut, paha samping dan lengan atas. Pada pria dengan gynaecomastia (buah dada pria yang besar), liposuction juga memberikan hasil yang baik.

Dokter akan menyuntikan obat anestesi dibawah kulit, membuat lubang kecil pada kulit (3-4mm) dan memasukkan jarum tumpul pada jaringan lemak yang akan disedot. Jarum tumpul tersebut berfungsi menyuntikkan obat bius lokal  (tumescent) pada lemak yang akan dibuang. Setelah menunggu 15-20 menit, baru liposuction dilakukan. Penyedotan dilakukan dengan menggunakan kanula, yaitu suatu  pipa tumpul ber diameter sekitar 4 mm  (sebesar straw sedotan minuman),yang digerak-gerakan maju-mundur  guna menyedot keluar lemak tubuh. Setelah bentuk tubuh yang diinginkan tercapai, penyedotan dihentikan. Selesai operasi, lubang kecil pada kulit akan dijahit dengan 1-2 jahitan, jadi bekas pada kulit hanyalah sebesar 4-5 mm saja.

Komplikasi liposuction yang paling sering terjadi adalah iregularities, dimana kulit setelah selesai dibuang, ternyata tidak rata.Umumnya ini adalah kesalahan dokter yang melakukan atau karena gangguan penyembuhan jaringan pada pasien. Biasanya dapat dikoreksi lagi 2-3 bulan kemudian. Komplikasi yang kedua adalah infeksi, yang seharusnya tidak boleh terjadi apabila dilakukan secara benar. Ada pula kasus kematian karena liposuction dikombinasi dengan operasi lain. Dengan cara tumescent murni yang ditemukan Dr Jeffrey Klein (dokter kulit dari USA), tidak ada satupun kasus kematian pada  lebih dari 15.000 kasus liposuction yang dilakukan oleh dokter kulit .

SUMBER

Baca artikel lainnya di sini.

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s