Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Konsepsi Belajar Sepanjang Hayat

Leave a comment

  1. Kehidupan Fisik dan Pikiran

Kehidupan  kemanusiaan dibangun oleh kehidupan :

  • Kehidupan Fisik

Berawal dari kelahiran melalui ibu kandung, kemudian tumbuh dilengkapi dengan kehidupan pikirannya yang semakin lama semakin sempurna dan menentukan keberadaan kemanusiaanya.

  • Kehidupan Pikiran

Kehidupan pikiran manusia tidak saja berupa untuk kerja dari bagian tubuh otak, saraf dan indera baik yang bersifat analisis maupun sintesis, melainkan juga merupakan sarana dan prasarana memahami sumber dari segala sumber kreativitasnya.

Kehidupan pikiran manusia dikembangkan secara sadar melalui pendidikan dan pengajaran di sekolah baik formal maupun tidak formal mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi.

Kehidupan fisik manusia memerlukan makan,  minum dan bergerak sehingga akan mati bila hal tersebut tidak terpenuhi. Demukian pula kehidupan pikiran manusia akan mati bila tidak belajar atau berpikir. Tidak jarang manusia fisiknya masih hidup tetapi pikirannya sudah tidak berfungsi, sehingga kita harus tetap mawas diri apakah proses belajar masih berlangsung dalam diri kita atau tidak.

2. Proses Belajar

Proses belajar ditunjukkan dengan adanya rasa ingin tahu yang dikemukakan dalam bentuk pertanyaan atau bertanya. Sehingga bisa dikatakan bahwa tidak bertanya atau tidak ingin tahu berarti tidak ada proses belajar. Semakin dewasa seseorang mestinya semakin canggih proses belajar yang berlangsung dalam dirinya, berarti semakin canggih caranya ia bertanya.

Sehingga dengam demikian tanpa disertai rasa ingin tahu, kegiatan seperti kuliah, membaca atau praktikum bukan proses belajar yang meningkatkan kehidupan pikiran seseorang, namun sekedar kegiatan merekam dan latihan fisik belaka.

3. Metode Mencari Jawaban

Terdapat beberapa metode mencari jawaban untuk menjawab pertanyaan yang muncul dari rasa ingin tahu, yaitu :

  • Berguru

Komunikasi dengan guru sangat manusiawi karena diselenggarakan dengan nalar, rasa, bahasa, dan gerak yang telah sama-sama dipahami. Berguru telah berkembang menjadi suatu sistem pendidikan yang formal yang menganut paham-paham seakan-akan makin banyak guru adalah semakin baik.

  • Membaca buku

Membaca buku adalah cara yang paling objektif untuk mengetahui berbagai informasi keilmuan yang merupakan kompilasi pengalaman manusia yang tertulis secara sistematik. Membaca buku dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Dengan membaca buku perpindahan informasi dapat langsung terjadi dari tangan penulis kepada pembacanya.

Download Modul Konsep Teknologi Selengkapnya

Mari belajar ilmu lainnya di sini.

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s