Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Heuristic

Leave a comment

Kata Heuristic berasal dari sebuah kata kerja bahasa Yunani, heuriskein, yang berarti ‘mencari’ atau menemukan. Dalam dunia pemrograman, sebagian orang menggunakan kata heuristik sebagai lawan kata algoritmik, dimana kata heuristik ini diartikan sebagai suatu proses yang mungkin dapat menyelesaikan suatu masalah tetapi tidak ada jaminan bahwa solusi yang dicari selalu dapat ditemukan. Di dalam mempelajari metode-metode pencarian ini, kata heuristik diartikan sebagai suatu fungsi yang memberikan suatu nilai berupa biaya perkiraan (estimasi) dari suatu solusi.

Heuristics pada dasarnya adalah teknik analisa yang digunakan untuk meningkatkan kinerja melalui proses komputasi. Di bidang ilmu komputer, heuristics adalah sebuah teknik yang dirancang untuk mampu menyelesaikan masalah, tanpa perlu pembuktian atas benar-tidaknya solusi yang diberikan, tetapi solusi yang dihasilkan biasanya merupakan solusi yang akurat, juga solusi atas masalah yang lebih sederhana tetapi berhubungan dengan permasalahan lain yang lebih kompleks.

Pada periode waktu berikutnya, Heuristic juga digunakan sebagai mesin scanner bagi program anti-virus untuk menemukan virus dan malware yang memiliki karakteristik dan atribut tertentu —perangkat lunak yang mendeteksi virus-virus komputer, worms, trojan horses dan ancaman lain di dalam sistem komputer— secara sederhana, heuristic bekerja dengan melakukan scanning terhadap file-file yang memiliki signature. Penggunaan signature ini cukup sederhana atau bisa menjadi kompleks seperti tiny macro atau subroutine yang akan memberitahu tentang dimana dan apa yang harus dicari kepada mesin scan.

Heuristic

Heuristik selalu mungkin tidak mencapai hasil yang diinginkan, tetapi bisa teramat berharga sampai proses yang memecahkan masalah. Heuristik yang baik secara dramatis bisa mengurangi waktu yang diharuskan memecahkan masalah dengan menghapuskan keperluan untuk mempertimbangkan kemungkinan atau status tidak relevan yang tak mungkin.

Heuristik adalah suatu penuntun yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu masalah yang dapat mengarahkan pemecah masalah untuk menemukan penyelesaian soal yang diberikan. Menurut Poyla (1973:112), heuristic as an adjective, means “serving to discover”. Maksudnya heuristik (kata sifat) berarti “penuntun untuk menemukan”. Selanjutnya dalam Webster’s (1985:856) tertulis bahwa heuristic helping to discover, to solutions or answer. Maksudnya bahwa heuristik adalah penuntun untuk menemukan pemecahan atau jawaban.

Demikian juga Alan H. Shoenfeld (1982:23) menyatakan “heuristic helping are general suggestions that help an individual to understand a problem better or to make progress toward is solution”. Kutipan ini mengandung makna bahwa heuristik adalah saran-saran (petunjuk-petunjuk) umum yang dapat membantu individu untuk mengerti lebih baik suatu masalah atau membuat kemajuan ke arah pemecahan masalahnya. Dari definisi heuristik yang telah diuraikan, pengertian heuristik yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu penuntun (petunjuk) dalam bentuk pertanyaan atau perintah yang mengarahkan pemecahan  masalah  komposisi fungsi dan invers  fungsi yang diberikan.

Download : Materi Selengkapnya

Pelajari Materi Pemrograman lainnya di sini.

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s