Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Konsep Dasar Komputer

Leave a comment

Definisi Komputer

  1. Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
  2. Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Dapat diambil kesimpulan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
.
Pengolahan Data
  1. Pengolahan Data adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.
  2. Pengolahan Data Elektronik adalah manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi  dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer

Siklus Pengolahan Data

Keterangan :

  1. Origination, Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
  2. Input, Tahap ini merupakan proses memasukkan data kedalam proses komputer lewat alat input (input device)
  3. Processing, Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device). Data yang akan diproses tersimpan didalam storage.
  4. Output, Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device),berupa informasi.
  5. Distribution, Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
  6. Storage, Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan. Hasil dari pengolahan yang disimpan storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.

Sistem Komputer

Sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah sebagai berikut :

  1. Hardware (Perangkat keras), adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik  terlihat dan dapat dijamah.
  2. Software (Perangkat Lunak), adalah program yang berisi perintah – perintah untuk pengolahan data.
  3. Brainware, Manusia yang terlibat didalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Download Materi Konsep Dasar Komputer
Mari belajar Komputer di sini.

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s