Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

7 Elang Favorit

1 Comment

SubhanallahSubhanallah. ..Subhanallah

Maha Suci Allah yang telah menciptakan makhluk segagah dan seindah burung elang. Dengan mengamati dan mempelajari kehidupan elang, manusia mendapatkan banyak pelajaran berharga. Adanya elang di dunia ini membuktikan ada Tuhan Yang Maha Kuasa yang mampu menciptakan makhluk seelok burung elang dan tak ada satu pun makhluk di dunia ini yang dapat menciptakan makhluk hidup lainnya. Hanyalah Allah yang bisa karena Allah adalah Al-Khaliq, Yang Maha Menciptakan. Dan sebagai manusia, sudah seharusnya kita memuji dan memuja keagungan-Nya.

Salah satu wujud rasa cinta dan syukur kita kepada Allah adalah dengan melestarikan dan menjaga lingkungan sekitar. Menjaga elang dari kepunahan merupakan salah satu contohnya.

Semoga pada saat Anda membaca dan melihat keindahan burung ini, Anda tidak lupa mengucapkan kalimat tasbih (Subhanallah), sebagai ungkapan ketakjuban kita kepada Allah yang telah menciptakan elang. Dan semoga, ketika Anda selesai membaca postingan ini, Anda dapat memikirkan betapa besarnya keagungan Allah yang telah menciptakan Anda, seorang manusia yang sempurna. Anda lebih mulia dari burung elang. Anda lebih mulia dari semua binatang yang ada di dunia. Karena itu berperilakulah seperti manusia yang sesungguhnya dan jauhilah sifat-sifat kebinatangan yang jelek dari dalam diri kita. Selamat bertafakur!

###=###

Elang adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Sebagai burung, elang berkembang biak dengan cara bertelur yang mempunyai cangkang keras di dalam sarang yang dibuatnya. Ia menjaga anaknya sampai mampu terbang.

Elang merupakan hewan pemangsa. Makanan utamanya hewan mamalia kecil seperti tikus, tupai dan ayam. Terdapat sebagian elang yang menangkap ikan sebagai makanan utama mereka. Biasanya elang tersebut tinggal di wilayah perairan. Paruh elang tidak bergigi tetapi melengkung dan kuat untuk mengoyak daging mangsanya. Burung ini juga mempunyai sepasang kaki yang kuat dan kuku yang tajam dan melengkung untuk mencengkeram mangsa serta daya penglihatan yang tajam untuk memburu mangsa dari jarak jauh tak terkira.

Elang mempunyai sistem pernafasan yang baik dan mampu untuk membekali jumlah oksigen yang banyak yang diperlukan ketika terbang. Jantung burung elang terdiri dari empat bilik seperti manusia. Bilik atas dikenal sebagai atrium, sementara bilik bawah dikenali sebagai ventrikel.

Berikut ini adalah 7 jenis elang favorit saya.

1. Elang Jawa (Javan Hawk-eagle)

1. Javan Hawk-eagle_1

Kingdom : Animalia

Phylum : Chordata

Class : Aves

Order : Falconiformers

Family : Accipitridae

Genus : Nisaetus

Spesies : Nisaetus bartelsi

Elang Jawa adalah salah satu spesies elang berukuran sedang yang endemik di Pulau Jawa. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Dan sejak 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia. Elang yang bertubuh sedang sampai besar, langsing, dengan panjang tubuh antara 60-70 cm (dari ujung paruh hingga ujung ekor).

Kepala berwarna coklat kemerahan (kadru), dengan jambul yang tinggi menonjol (2-4 bulu, panjang hingga 12 cm) dan tengkuk yang coklat kekuningan (kadang nampak keemasan bila terkena sinar matahari). Jambul hitam dengan ujung putih; mahkota dan kumis berwarna hitam, sedangkan punggung dan sayap coklat gelap. Kerongkongan keputihan dengan garis (sebetulnya garis-garis) hitam membujur di tengahnya. Ke bawah, ke arah dada, coret-coret hitam menyebar di atas warna kuning kecoklatan pucat, yang pada akhirnya di sebelah bawah lagi berubah menjadi pola garis (coret-coret) rapat melintang merah sawo matang sampai kecokelatan di atas warna pucat keputihan bulu-bulu perut dan kaki. Bulu pada kaki menutup tungkai hingga dekat ke pangkal jari. Ekor kecokelatan dengan empat garis gelap dan lebar melintang yang nampak jelas di sisi bawah, ujung ekor bergaris putih tipis. Betina berwarna serupa, sedikit lebih besar.

Iris mata kuning atau kecoklatan; paruh kehitaman; sera (daging di pangkal paruh) kekuningan; kaki (jari) kekuningan. Burung muda dengan kepala, leher dan sisi bawah tubuh berwarna coklat kayu manis terang, tanpa coretan atau garis-garis.

Ketika terbang, elang Jawa serupa dengan elang brontok (Nisaetus cirrhatus) bentuk terang, namun cenderung nampak lebih kecoklatan, dengan perut terlihat lebih gelap, serta berukuran sedikit lebih kecil.

Bunyi nyaring tinggi, berulang-ulang, klii-iiw atau ii-iiiw, bervariasi antara satu hingga tiga suku kata. Atau bunyi bernada tinggi dan cepat kli-kli-kli-kli-kli. Sedikit banyak, suaranya ini mirip dengan suara elang brontok meski perbedaannya cukup jelas dalam nadanya.

1. Javan Hawk-eagle_2

1. Javan Hawk-eagle_3

1. Javan Hawk-eagle_4

1. Javan Hawk-eagle_5

1. Javan Hawk-eagle_6

7

—> 2. Elang Hitam

One thought on “7 Elang Favorit

  1. keren broo artikelnya

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s