Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Apa Yang Terjadi Setelah Mati

Leave a comment

Assalamualaikum!

Sahabat saya yang baik hatinya, marilah kita sejenak meluangkan waktu untuk bertafakur.

Allah telah berfirman dalam Al-Qur`an Surat Al-Munafiqun Ayat 11 :

Al-Munafiqun Ayat 11

Tidak diragukan lagi bahwa kita akan mati. Tidak peduli sesaat apa pun kita sekarang. Tidak peduli sesehat apa pun kita sekarang. Akhirnya kita akan mati juga. Oleh karena itu, MATI tidak perlu kita takuti, karena pasti akan terjadi. Tetapi kita perlu takut terhadap apa yang akan terjadi setelah mati.

Sehubungan dengan ini, Nabi Muhammad Shollallohu Alaihi Wassalam bersabda, “Sesungguhnya kubur adalah permulaan dari tempat-tempat akhirat. Kalau pemiliknya (si mayit) selamat dari kubur maka apa yang ada kemudian akan lebih mudah baginya. Namun jika ia tidak selamat dari (siksa) kubur maka apa yang akan terjadi setelah itu akan menjadi lebih berat baginya.”

Sahabat yang dirahmati Allah, berikut ini ada sebuah kisah yang dapat kita jadikan sebagai bahan renungan.

Tersebutlah di suatu daerah ada seorang gadis yang baru saja ditinggal mati oleh ayahnya. Ia menangis pilu nan sedih. Diantara isak tangisnya terdengar lirih ia berkata, “Wahai Ayahku, engkau telah aku kafani dengan sebungkus kain kafan. Tetapi masihkah engkau akan mengenakan kain kafan itu besok? Aku telah meletakkan tubuhmu yang segar bugar ke dalam liang lahat (kubur). Masih bugarkah engkau? Atau tubuhmu sudah digerogoti oleh cacing-cacing?

Ayahku, orang-orang alim mengatakan bahwa semua hamba (manusia) akan ditanyai tentang imannya. Diantara mereka (para mayit) ada yang bisa menjawab. Namun ada pula yang diam membisu. Apakah Ayah nanti bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Malaikat Munkar dan Nakir? Atau Ayah akan diam membisu?

Ayahku, orang alim berkata bahwa kuburan itu bisa terasa luas atau pun lebih sempit. Lalu bagaimanakah dengan kuburan Ayah? Bertambah luaskah? Atau justru jadi lebih menyempit?

Ayahku, orang alim berkata bahwa kain kafan orang yang meninggal akan diganti dengan kain kafan Surga. Ada pula yang dari Neraka. Kain kafan dari manakah yang sedang Ayah gunakan sekarang?

Masih terdengar lirih dan tangis gadis itu. Ia berkata, “Ayahku, orang alim berkata bahwa kuburan itu adalah secuil taman di Surga atau bisa jadi sebuah lubang di Neraka. Yang kupikirkan, bagaimana kuburan Ayah sekarang? Seperti taman Surga atau lubang Neraka?

Ayahku, orang alim berkata bahwa liang kubur dapat menghangatkan tubuh si Mayit seperti pelukan seorang ibu kepada anaknya. Namun juga bisa menjadi lilitan erat yang dapat meremukkan tulang-tulang si Mayit. Bagaimana keadaan tubuh Ayah sekarang? Pelukan manakah yang Ayah rasakan?

Ayahku, orang alim berkata bahwa orang yang dikebumikan itu ada yang menyesal, mengapa dulu semasa hidupnya ia tidak memperbanyak amalan sholih namun malah sering mengumbar maksiat. Yang ingin kuketahui adalah apakah Ayah termasuk orang yang menyesal karena telah melakukan maksiat atau yang menyesal karena sedikit melakukan amal kebaikan?

Muslim Girl Cry

Ayahku, dahulu setiap kali aku memanggilmu, engkau selalu menjawab. Sekarang aku panggil-panggil pun kau tidak menjawab.

Engkau kini telah berpisah denganku dan tak bersua lagi sampai hari kiamat. Semoga Allah tidak menghalangi perjumpaanku denganmu.”

Kemudian gadis itu mengusap wajahnya dan menyeka air matanya. Ia berharap dan berdoa kepada Allah agar sang Ayah bisa diterima di sisi Allah di tempat yang baik dan mendapatkan kubur yang luas dan nyaman. Amin

Sahabat sekalian, seandainya perkataan dan tangis haru dari si gadis tadi itu benar-benar dikatakan kepada kita (dalam hal ini seorang ayah) yang baru dikubur. Bagaimanakah perasaan kita? Mampukah kita menjawabnya?

Demikian, yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat memotivasi kita untuk meningkatkan pengabdian kepada Allah Subhanahu Wata’ala sehingga pertanyaan-pertanyaan tadi dapat kita jawab dengan baik.

Wassalamualaikum!

Mari bertafakur di sini

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s