Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Resep Roti Sandwich

Leave a comment

Akhir-akhir ini aku sedang keranjingan membuat roti sandwich. Berawal dari hanya membeli roti dan selai hingga membeli toaster untuk memanggang rotinya. Setelah itu, aku berangsur-angsur membeli bahan lainnya seperti mentega, mayones, saus, keju, kismis, bawang, ceres, selai, sosis, merica, susu kental dan sebagainya. Nah, untuk mendapatkan rasa yang nikmat dan lezat, aku harus mengkombinasikan bahan-bahan tersebut menjadi sebuah sandwich yang enak. Menurut aku sih sederhananya roti yang bisa aku buat berupa roti manis (dengan isi bahan-bahan manis seperti susu, selai atau ceres) dan roti asin (yang dapat aku isi dengan bahan selain yang manis). Well, bagiku itu belum cukup. Aku ingin resep yang lain. Resep yang tidak membuatku bosan. Ada variasinya. Itu yang aku mau. Oleh karena itu, aku mencari berbagai macam resep roti sandwich dari berbagai macam sumber di Internet yang aku rangkum di bawah ini. Namun, sebelum dimulai mari kita simak cerita tentang sandwich.

sandwich

Sandwich atau roti lapis adalah makanan berupa dua potong roti yang menjepit daging, sayuran, keju atau berbagai teman makan roti dan biasanya diberi bumbu atau saus sehingga rasanya menjadi lebih enak. Berbagai jenis roti bisa digunakan untuk sandwich dan bergantung pada isi, permukaan roti biasanya dioles sedikit mayones, mentega, margarin atau minyak zaitun yang berfungsi sebagai perekat dan penambah aroma.

Di negara dengan penduduk yang bukan pemakan nasi, sandwich biasanya dibawa ke sekolah atau ke kantor di dalam kotak yang disebut lunchbox atau di dalam kantong kertas berwarna coklat yang disebut brown bag (sandwich bag) untuk dinikmati sebagai makan siang.

Sandwich juga dibawa sebagai makanan praktis sewaktu piknik, mendaki gunung atau sekadar jalan-jalan. Di rumah, sandwich dinikmati sebagai cemilan atau pelengkap makanan utama. Jika dimakan di rumah sebagai makanan utama, sandwich biasanya ditemani makanan pendamping seperti sup (soup-and-sandwich), selada (salad-and-sandwich), keripik kentang, kentang goreng, asinan ketimun), atau selada kol.

Nama sandwich bergantung ada isi yang dijepit oleh potongan roti, sehingga ada egg sandwich (sandwich isi selada telur), peanut butter and jelly sandwich (sandwich isi selai kacang dan jelly), bacon and cheese sandwich (sandwich isi bacon dan keju), dan BLT sandwich (sandwich isi bacon, lettuce dan tomat). Sandwich biasanya merupakan makanan dingin walaupun ada juga sandwich yang dinikmati hangat-hangat seperti grilled cheese (roti bakar isi keju).

Sandwich umumnya menggunakan potongan roti tawar, tetapi sandwich di Amerika Serikat banyak menggunakan berbagai jenis roti seperti bread roll dan focaccia. Sub atau submarine sandwich seperti dijual di restoran siap saji Subway dan hamburger juga disebut “sandwich” walaupun tidak menggunakan potongan roti tawar.

Di Skandinavia ada makanan yang disebut “open sandwich” yang hanya menggunakan sepotong roti. Daging, ikan, atau keju diletakkan begitu saja di atas sepotong roti. Model sandwich dengan sepotong roti juga dikenal di Rusia sebagai buterbrod.

Di Inggris, butty (bentuk jamak: butties) dan sarny (bentuk jamak: sarnies) adalah sebutan untuk sandwich dalam bahasa slang. Sandwich dengan isi bacon dan mentega (butter) disebut butty walaupun ada butty yang menggunakan mayones dan bukan mentega. Sandwich berisi kentang goreng disebut chip butty. Di Skotlandia, sandwich disebut pieces.

Sandwich diambil dari nama Earl of Sandwich IV, seorang aristokrat Inggris abad ke-18 yang merupakan penggemar main kartu kelas berat. Earl of Sandwich IV ingin terus bermain kartu tanpa harus berhenti untuk makan, sehingga daging yang dijepit dua potong roti dijadikan makanan praktis yang bisa dimakan dengan sebelah tangan sambil bermain kartu. Earl of Sandwich IV berasal dari kota Sandwich di Inggris. Dalam bahasa Inggris kuno, Sandwic berarti “tempat berpasir.”

Nah, menurut Pakar Nutrisi Jennifer Nelson, MS, RD, dan Katherine Zeratsky, RD, punya ide menyelipkan daging ayam ke dalam menu sandwich sehat untuk variasi bekal anak di sekolah. Kamuboleh saja meniru cara menyiapkan sandwich sehat ini, yang bukan sekadar daging dibalut roti.

* Ayam: Agar sandwich lebih sehat, pilih ayam panggang. Kamu bisa mengiris, memotong dadu, atau membuatnya jadi suwiran kecil. Protein lain, seperti tuna, juga bisa menjadi variasi isi sandwich.

* Roti gandum: Pilih roti dengan kandungan gandum tinggi untuk membuat sandwich sehat, lalu iris. Kamu bisa menggantikan roti gandum biasa untuk lapisan sandwich dengan roti bun (roti untuk burger atau hotdog), tortilla, muffin, roti pita, roti chiabatta, atau cracker.

*Olesan: Bahan olesan sandwich yang sehat bisa kamu dapatkan dari mostar, mayones rendah lemak, olesan dari bahan buah-buahan atau cranberry, madu, selai kacang, atau saus barbeque.

* Topping: Untuk variasi topping, kamu bisa menggunakan selada, tomat, alpukat, paprika, seledri, mentimun, apel, pir, anggur, kismis, atau kacang yang dicincang halus.

* Cara menyajikan sandwich: Kamu bisa menyajikan sandwich dengan cara tradisional, yakni roti ditumpuk ayam, lalu diberikan olesan dan dilapisi topping. Kamu juga bisa menyajikan dengan gaya berbeda, seperti isi sandwich dilapisi roti yang digulung atau hanya menggunakan satu roti yang ditumpuk topping dan ayam tanpa dilapis lagi dengan roti di atasnya. Selain itu, sandwich panini dengan roti panjang yang empuk luar dalam dengan isi ayam dan sayuran.

Halaman Berikutnya >>

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s