Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

7 Teknologi Terbaru

2 Comments

Halo, Sahabat Viewer! Setiap hari perkembangan teknologi mengalami perubahan dengan tawaran inovasi terbaru dan alat-alat yang canggih. Lalu, teknologi apa saja yang akan hadir di tahun 2016? Dikutip dari website Liputan 6, berikut adalah berita mengenai teknologi tersebut.

Gelaran tahunan Consumer Electronic Show (CES) 2016 telah selesai, yaitu tanggal 6-9 Januari 2016, Las Vegas Amerika Serikat. Perhelatan ini dapat dipastikan akan menjadi ajang perusahaan teknologi untuk memamerkan produk-produk terbarunya. Meskipun saat ini popularitas CES tengah memudar dalam beberapa tahun terakhir, melalui CES kita masih dapat memprediksi teknologi dalam beberapa tahun ke depan.

Berikut ini adalah 7 Teknologi Terbaru yang diprediksi hadir di tahun 2016 :

1. Mobil Pintar

Sebagai ajang pameran teknologi, CES tidak jarang diisi beberapa perusahaan mobil berteknologi tinggi. Bahkan, ada sebuah candaan tahunan yang menyebutkan bahwa CES adalah ‘auto show’.

Namun di tahun ini, CES akan menjadi ajang serius bagi sebagian pabrikan mobil berteknologi tinggi atau pintar untuk memamerkan produknya. Salah satunya, produsen mobil kenamaan, General Motors, yang dikabarkan akan memperkenalkan Chevy Bolt, mobil elektrik terjangkau pertama yang mampu menjangkau jarak jauh.

2. TV

Sudah menjadi kebiasaan bahwa televisi (TV) akan mendapat tempat khusus di setiap gelaran CES, tak terkecuali di tahun ini. Hanya saja, perlu diingat bahwa ada kemungkinan teknologi TV di tahun ini tidak mengalami perubahan drastis.

Beberapa model TV kemungkinan besar masih akan mengusung teknologi 4K. Tak hanya itu, ada beberapa kemungkinan fitur yang disematkan, seperti HDR, Dolby Vision, serta fitur dan teknologi lainnya yang menawarkan pengalaman menonton lebih baik.

3. Smarthome

Tiap tahun, CES dapat berfungsi layaknya pemenuhan mimpi akan penggunaan smart home. Dan di tahun ini, teknologi tersebut makin mendekati kenyataan.

Apple dan Google diketahui merupakan perusahaan yang mulai mengembangkan sebuah sistem untuk membuat perangkat di rumah pengguna ‘saling berbicara’. Dan di tahun ini keduanya diperkirakan akan memperkenalkan teknologi yang membuat perangkat saling terintegrasi.

Kendati belum pasti, kehadiran teknologi Internet of Things memang sudah berkembang lebih lanjut. Hanya saja, perlu diingat bahwa teknologi ini besar kemungkinan tidak dibangun dalam waktu dekat. Namun, langkah awal ini dapat mendorong pengembangan teknologi ke arah sana.

Teknologi

4. Wearable Device

Di luar gelaran CES sendiri, 2015 menjadi salah satu tahun kesuksesan wearable devices. Hal ini tidak terlepas dari pergerakan beberapa perusahaan seperti Apple, Fitbit, dan perusahaan teknologi lain.

Dan sekarang ini wearable devices juga masih dipastikan hadir di CES. Akan tetapi, diperkirakan ada beberapa perubahan tren wearable devices yang akan dipamerkan. Salah satunya adalah penggunaan sensor yang akan lebih luas, mulai dari peralatan olahraga hingga ke pakaian.

Selain itu, headphone juga akan menjadi salah satu perangkat yang mendapat sorotan khusus di tahun ini. Sebab, headphone disebut sudah dianggap sebagai perangkat yang dapat ditambahkan beberapa sensor tertentu untuk mendukung hal-hal yang dilakukan tiap hari.

5. Headphone

Industri musik yang terus berkembang nyatanya tidak dibarengi dengan perubahan perangkat yang biasa digunakan untuk mendengar musik, salah satunya headphone. Sejauh ini headphone tidak memiliki perubahan berarti.

Namun, di gelaran CES ini diprediksi akan ada beberapa perusahaan yang menawarkan hal-hal baru dalam teknologi headphone. Salah satunya adalah Apple dengan teknologi konektor Lightning besutannya, yang sudah ada di iPhone, iPod, dan iPad model terbaru.

Selain Apple, perusahaan lain yang mengembangkan teknologi serupa adalah Philips dan Audeze dengan headpohne Lightning mereka. Keunggulan teknologi ini adalah mampu mengirim sinyal digital ke amplifier terintegrasi dan konvertor di dalam headphone.

Melalui teknologi ini, perusahaan dimungkinkan mengolah suara yang lebih bagus bagi masing-masing headphone. Teknologi ini mungkin tidak terlalu dibutuhkan oleh semua orang, akan tetapi mampu menawarkan kemungkinan untuk menikmati musik dengan pengalaman lebih baik.

6. Kendaraan Elektrik

Tahun lalu dapat dikatakan sebagai tahun berkembangnya teknologi kendaraan elektrik, mulai dari skateboard, skuter, hoverboard, dan kendaraan teknologi lainnya.

Tren yang sama juga masih akan hadir di gelaran CES 2016. Bahkan, pengembangan ini juga dilakukan oleh beberapa perusahan kecil, seperti Arcimoto, yang akan memamerkan kendaraan listrik roda 3 miliknya.

Selain itu, beberapa nama besar juga masih akan hadir di gelaran ini. Salah satunya adalah Segway yang kini sudah dimiliki oleh Ninebot dan didukung Xiaomi. Rencananya perusahaan tersebut akan melakukan peluncuran besar pada 6 Januari.

7. Virtual Reality

Paruh pertama tahun 2016 memang disebut jadi batu loncatan awal bagi teknologi virtual reality. Sebab, beberapa perusahaan besar seperti Sony, Oculus, dan HTC akan mulai memasarkan perangkat virtual reality dalam beberapa bulan ke depan.

Namun, memang belum ada informasi resmi dari perusahaan tersebut mengenai kehadiran perangkatnya. Dan ajang CES 2016 ini besar kemungkinan juga bukan jadi tempat perusahaan itu akan meluncurkan atau memperkenalkan produknya secara langsung.

Kendati demikian, bukan berarti dalam gelaran CES ini teknologi virtual reality hadir tanpa kejutan. Selain beberapa perusahaan besar tadi, tidak tertutup kemungkinan akan ada perusahaan lain yang juga mengembangkan teknologi serupa. Di samping virtual reality, teknologi augmented reality juga jadi salah satu teknologi yang rutin dihadirkdan di CES.

 

Informasi tentang teknologi lainnya ada di sini.

2 thoughts on “7 Teknologi Terbaru

  1. Wahh manthap ya mas broo🙂

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s