Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Electro Magnetic Pulse

Leave a comment

Aku ini penyuka film. Banyak hal yang bisa aku pelajari dari film. Salah satunya adalah EMP. Sederhananya, EMP adalah senjata untuk mematikan listrik. Film-film yang aku tahu ada adegan atau cerita tentang EMP adalah film 3 Days, Transformers, Captain America : Civil War dan Fast and Furious.

Sebenarnya, apa sih EMP itu?

Electromagnetic Pulse (atau disingkat EMP) adalah ledakan radiasi elektromagnetik yang disebabkan oleh ledakan (biasanya disebabkan oleh ledakan Nuklir) dan/atau oleh medan magnet yang tiba-tiba bergoncang (berfluktuasi). Hasil dari medan listrik/magnet yang berubah dengan cepat dapat menyatu dengan sistem kelistrikan atau barang elektronik untuk menghasilkan arus yang merusak dan gangguang tegangan/voltase. Dalam militer, Nuklir yang diledakkan ratusan kilometer di atas ketinggian Bumi disebut High-altitude ElectroMagnetic Pulse (HEMP) Device. EMP Nuklir memiliki 3 komponen waktu yang berbeda yang dihasilkan dari fenomena fisik yang berbeda. Efek dari HEMP Device bergantung pada banyak faktor, seperti ketinggian ledakan, energi yang dimiliki, output sinar gamma, interaksi dengan medan magnet Bumi, dan perlindungan target terhadap Elektromagnetik.

Electromagnetic Pulse

EMP Nuklir berbeda dengan EMP lainnya, dikarenakan EMP Nuklir merupakan Multi-Pulse Electromagnetic yang kompleks. Multi-Pulse yang kompleks ini biasanya digambarkan sebagai 3 komponen yang telah ditetapkan oleh International Electrotechnical Commision (IEC). 3 Komponen tersebut adalah E1, E2 dan E3.

  1. Komponen E1 adalah komponen EMP Nuklir yang sangat cepat. Komponen E1 sangat singkat namun sangat kuat yang dengan cepat dapan menimbulkan tegangan yang sangat tinggi dalam konduktor listrik. Komponen ini menghasilkan sebagian besar kerusakan dengan membuat kerusakan listrik berlebihan. E1 adalah komponen yang dapat merusak komputer peralatan komunikasi. Komponen ini berubah terlalu cepat bagi pelindung petir biasa untuk memberikan perlindungan efektif terhadapnya. Komponen E1 dihasilkan ketika radiasi gamma mengeluarkan elektron dari atomnya di atmosfir bagian atas.
  2. Komponen E2 dihasilkan oleh sinar gamma yang telah tersebar dan gamma kaku yang keduanya dihasilkan oleh neutron senjata. Komponen E2 adalah puls “intermediate time” yang, menurut definisi IEC, bertahan sekitar 1 mikrodetik hingga 1 detik. Komponen E2 memiliki kesamaan dengan EMP yang dihasilkan oleh petir, meskipun EMP yang dihasilkan oleh petir dapat dipertimbangkan lebih besar dibandingkan E2 dari EMP Nuklir. Karena kesamaannya dengan petir, dan banyaknya teknologi penangkal atau proteksi petir, untuk berlindung dari komponen E2 ini mudah. Namun, karena E2 dengan cepat mengikuti E1, yang memiliki kemampuan untuk merusak peralatan untuk berlindung dari E2, maka  E2 dapat menembus dan merusak peralatan dan sistem.
  3. Komponen E3 sangat berbeda dari 2 komponen EMP Nuklir lainnya. Komponen E3 adalah puls yang sangat lambat, bertahan selama puluhan hingga ratusan detik, yang disebabkan ledakan nuklir menyesakkan Medan Magnet Bumi keluar dari jalurnya, diikuti dengan pemulihan medan magnet kembali ke tempatnya. Komponen E3 memiliki kesamaan dengan Geomagnetic Storm yang disebabkan lidah api matahari yang sangat parah.

Baca artikel lainnya di sini.

SUMBER : Wikipedia

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s