Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Pembentuk Hubungan Yang Kuat dan Indah

Leave a comment

Ada 4 pembentuk utama untuk membangun hubungan yang kuat dan indah, yaitu rasa hormat, kepercayaan, kesetiaan dan komunikasi.

RASA HORMAT

Dengan siapa pun kita berhubungan, kalau ada rasa hormat maka hal yang bisa menjadi masalah akan teredam. Karena di dalam rasa hormat itu ada rasa enggan seseorang untuk berpisah dengan orang yang ia hormati. Jadi saya akan menyimpan dan merawat orang-orang yang lebih menghormati saya daripada orang yang kasar dan sembarangan. Dan itu bukan hanya menjadi penyelamat tetapi juga sebagai pemanjang usia hubungan. Nah, dalam hubungan cinta, tidak mungkin ada cinta tanpa adanya rasa hormat. Karena Love is Respect. Cinta itu penghormatan. Kalau katanya seseorang mencintai maka ia harus menghormati. Dan kalau ia menghormati, mungkin memang belum cinta tapi sudah ada sayang dan perhatian.

Jadi, kalau kamu mau membangun hubungan apa pun, pastikan dirimu menjadi seseorang yang mengeluarkan kesan menghormati orang lain. Perilakunya adalah perilaku menghormati. Pilihan katanya menghormati. Cara menyampaikannya menghormati. Untuk menjadi pribadi yang seperti itu, harus ada kedamaian pada diri kita bahwa yang meninggikan adalah kita, yang memuliakan adalah kita. Bukan orang lain. Ketika kita memuliakan dan menghormati orang lain, itu merupakan tanda bahwa kita ikhlas menerima orang lain untuk dimuliakan. Saat kita menjaga kedamaian orang lain dengan cara menghormatinya maka Allah-lah yang bertugas untuk memuliakan kita karena kita dinilai pantas untuk itu.

KEPERCAYAAN

Cara kedua adalah kepercayaan. Jika dalam rasa hormat kita terhadap seseorang kemudian kita melihat bahwa dia tidak dapat dipercaya maka jangan diteruskan untuk berhubungan dengannya. Masalahnya adalah banyak orang yang masih saja melanjutkan hubungan dengan seseorang yang sudah jelas tidak bisa ia percayai. Atau meneruskan hubungan tidak dengan takaran-takaran tertentu. Ada orang yang tidak menjadi dirinya sendiri. Ia hanya akan berlaku baik jika ada uang yang dapat ia hasilkan.

Ada orang-orang yang sulit dipercayai. Sukar diberikan amanah. Untuk menghadapi orang seperti ini, kamu berlaku baik saja terhadap mereka tetapi janganlah menitipkan sesuatu kepadanya, Jika kamu melakukannya, maka kamu akan hancur akibat salah percaya kepada orang. Sesuatu yang sederhana saja tidak bisa dirawat apalagi yang besar.

Terus, kenapa kok tidak Kepercayaan yang jadi nomor satu? Karena bukan kepercayaan yang kita utamakan untuk orang lain melainkan penghormatan. Penghormatan bukan kualitas seseorang melainkan kualitas kita yang menghormati. Mempercayai adalah kualitas orang lain, yang kita pilih untuk kita ijinkan dekat, kita berikan amanat atau titipkan sesuatu.

KESETIAAN

Tidak semua orang yang dihormati dan dipercayai akan setia terhadap kita. Juga, tidak semua orang yang dihormati dan dipercayai pantas kita setiai. Karena ada orang yang dipercayai tetapi tidak untuk jangka waktu yang lama karena ada perubahan-perubahan dalam hidupnya yang mengakibatkan dia tidak jujur lagi. Ada orang yang begitu. Waktu tidak ada desakan ekonomi ia bisa berlaku jujur tetapi setelah ada desakan ekonomi ia tidak jujur. Sebelum menikah dia jujur, setelah menikah tidak jujur lagi. Ada juga orang yang berteman dengan kita, ia jujur. Tetapi saat mendapatkan teman baru ia menjadi tidak jujur.

Contoh lain adalah jika kamu ingin menikah maka pilihlah seseorang yang dapat kamu percayai. Jangan kamu nikahi orang yang tidak dapat dipercaya.

Tapi kan kalau saya menikah dengan pasangan saya maka saya harus dipercayai dong?

Belum tentu. Ironisnya, tidak semua orang yang menikahi pasangannya bisa serta merta mempercayainya juga. Ada saja suami atau istri yang tidak dapat dipercayai. Banyak sekali suami yang tidak bisa menyerahkan uangnya kepada istri (untuk keperluan rumah tangga mereka). Banyak juga istri yang tidak bisa melepaskan suaminya keluar rumah dengan damai.

Orang yang tidak setia kepada kebaikan maka ia akan disetiai oleh keburukan. Orang yang setia terhadap yang buruk maka ia tidak bisa disetiai oleh kebaikan. Karena itu adalah timbal baliknya. Setialah kepada kebaikan maka kebaikan akan setia kepadamu. Dan kesetiaan adalah bukti dari cinta.

Love Love

Anda tidak bisa berkata cinta kalau tidak setia. Kalau Anda tidak setia maka sudah pasti Anda tidak cinta. Jangan dimaafkan orang yang tidak setia dengan cara melogikakan diri. Beritahu dia bahwa dia tidak setia. Kalau mau marah, marahlah. Kalau menurutmu ketidaksetiaannya masih bisa dimaafkan maka maafkanlah dia. Tetapi jika tidak bisa maka segeralah tinggalkan dia.

Atau, catat ini. Terkadang jika kita tahu bahwa diri kita bukanlah orang yang setia maka tinggalkanlah pasanganmu itu. Karena ia pantas mendapatkan orang yang jauh lebih baik dari diri kita.

KOMUNIKASI

Cara terakhir adalah berkomunikasi. Hampir tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan berbicara. Karena Allah saja mengajar dengan kalam atau kalimat. Dulu, zaman jahiliyah diubah dengan kalimat-kalimat. Jadi, dunia yang berantakan dapat diubah dengan kalimat-kalimat yang baik. Kehidupan yang berantakan dalam keluarga bisa diubah dengan tutur kata yang baik. Anak-anak bisa baik dengan didikan dari keluarga yang membiasakan diri bicaranya baik. Perhatikan itu.

Kalau orang tua suka berbicara kasar di dalam rumah maka kasihan sekali anak-anaknya. Dan mudah-mudahan anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang kasar ini bisa belajar dari orang-orang yang lebih santun di masyarakat luar.

Tapi, masalahnya sekarang kita akan berfokus dalam membangun hubungan yang kuat dan indah maka tanggung jawab diri kita adalah menjadi pribadi yang bertanya dan berbicara. Kadang-kadang, kedua hal ini tidak lebih penting daripada waktunya. Ada waktunya kita diam. Ada waktu kita bertanya dan berbicara. Ada kalanya, setelah kita bertanya kemudian kita diam. Atau setelah diam lalu baru berbicara.

Misal, seorang pria sedang bicara dengan wanitanya. Lalu si wanita bilang, “APA?” Itu tidak berarti wanitanya tidak dengar lho. Maksudnya dia adalah si pria tadi harus memperbaiki kata-kata yang diucapkannya kepada si wanita. Lalu ulangi lagi dengan lebih baik.

Jadi, kalau kita mau membangun hubungan yang kuat dan indah, terutama hubungan cinta dan keluarga maka dahulukanlah rasa hormat, pilihlah orang yang kamu percayai, setiai mereka dan jalinlah komunikasi yang baik.

Kamu perlu motivasi? Baca di sini.

(SUMBER : Channel Youtube – Mario Teguh)

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s