Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

7 Gunung Tertinggi Di Dunia (Seven Summit)

Sahabat Viewer, apa yang terlintas di benakmu jika mendengar kata gunung? Pasti akan terbayang sebuah gundukan tanah besar yang menjulang tinggi menembus awan, berwarna hitam atau cokelat dan biasa digunakan untuk mendaki dan berkemah. Ya, gunung adalah salah satu ciptaan Allah yang mengagumkan. Di dalam gunung terdapat magma dan lahar yang apabila nanti meledak bisa menghancurkan daerah di sekitarnya namun di sisi lain, lahar tersebut sangat berguna untuk kesuburan tanah. Juga jutaan kubik pasir yang dimuntahkannya bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku fondasi bangunan yang dicampur dengan semen dan lainnya.

Waktu kita masih kecil, ibu guru di SD biasa mencontohkan gambar pemandangan dengan dua gunung yang di tengahnya, ada matahari dan di depannya ada hamparan sawah yang terbentang luas serta sebuah pohon besar di ujung jalan. Disadari atau tidak, gambar gunung tersebut adalah gambar yang paling banyak diingat oleh orang seumuran saya sekarang yang lahir di era 80-an. Apakah di era digital sekarang, guru-guru masih memberikan contoh gambar seperti itu atau tidak ya?

gambar-gunung-karya-anak-sd

Bicara tentang gunung, artinya bicara tentang sebuah objek besar yang punya peranan penting bagi Planet Bumi. Gunung berfungsi sebagai paku-nya Bumi guna membuat kokoh planet ini. Gunung-gunung banyak tersebar di seluruh benua. Nah, diantara sekian banyak gunung yang ada di dunia, terdapat beberapa gunung yang bisa dibilang sebagai raja-nya para gunung karena memiliki keistimewaan sendiri seperti tingginya yang jauh di atas gunung-gunung pada umumnya.

Menurut Wikipedia, gunung adalah suatu bentuk permukaan tanah yang letaknya jauh lebih tinggi daripada tanah-tanah di daerah sekitarnya. Gunung pada umumnya lebih besar dibandingkan dengan bukit, tetapi bukit di suatu tempat bisa jadi lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang disebut gunung di tempat yang lain. Gunung pada umumnya memiliki lereng yang curam dan tajam atau bisa juga dikelilingi oleh puncak-puncak atau pegunungan. Pada beberapa ketinggian gunung bisa memiliki dua atau lebih iklim, jenis tumbuh- tumbuhan, dan kehidupan yang berbeda.

Lalu, apa yang disebut dengan Seven Summit? Seven Summit atau tujuh puncak gunung tertinggi di dunia merupakan titik tertinggi pada masing-masing benua di dunia. Titik-titik tertinggi tersebut tentunya menjadi tujuan bagi para penggiat alam khususnya pendaki gunung di seluruh dunia. Pada tahun 2012 setidaknya ada 325 orang yang tercatat telah mencapai Seven Summit di dunia ini. Namun terlepas dari semua itu, masih ada kontroversi mengenai penetapan Seven Summit.

Pencetus ide awal Seven Summit adalah Dick Bass yang telah mendaki gunung Aconcagua pada tahun 1983 dan diakhiri gunung Everest pada tahun 1985. Seven Summit menurut Dick Bass adalah : Everest, Denali di Alaska, Aconcagua di Argentina, Elbrus di Rusia, Kilimanjaro di Tanzania, Gunung Vinson di Antartika dan gunung Kosciuszko di Australia. Versi Seven Summit lainnya adalah pendapat dari pendaki Reinhold Messner. Perbedaan dari konsep Seven Summit yang diutarakan oleh Dick Bass, Reinhold memasukkan puncak Carstenz untuk mengganti Gunung Kosciuszko. Pada umumnya konsep Seven Summit yang diutarakan Reinhold jauh lebih banyak diterima oleh kalangan pendaki. Hal itu karena medan untuk menuju puncak Cartenzs lebih berat dibandingkan dengan medan Aconcagua.
“Tujuh Puncak Dunia” (diurutkan berdasar benua)
“Bass” “Messner” Puncak Elevasi m Elevasi kaki Benua Barisan Negara Pendaki Pertama Sukses
X X Kilimanjaro (Volcano Kibo: Puncak Uhuru) 5.892 19.340 Afrika Kilimanjaro Tanzania 1889
X X Vinson Massif 4.892 16.050 Antartika Pegunungan Ellsworth Tidak ada* 1966
X Kosciuszko 2.228 7.310 Australia Great Dividing Range Australia 1840
X Carstensz Pyramid (Puncak Jaya) 4.884 16.024 Oceania Barisan Sudirman Indonesia 1962
X X Everest (Sagarmatha atau Chomolungma) 8.848 29.035 Asia Himalaya Nepal, Cina 1953
X X Elbrus (Minghi-Tau) 5.642 18.510 Eropa Kaukasus Rusia 1874
X X Gunung McKinley (Denali) 6.194 20.320 Amerika Utara Alaska Range Amerika Serikat 1913
X Xe Aconcagua 6.962 22.841 Amerika Selatan Andes Argentina 1897
Berikut Seven Summit menurut Reinhold :
Puncak Carstenz di Pegunungan Jaya Wijaya Indonesia (4.884 mdpl)
puncak-jayawijaya-dan-carstenz
Puncak Cartenzs menempati urutan ketujuh dari Seven Summit. Puncak Cartenzs terkenal dengan salju abadinya yang belakangan ini menjadi sorotan karena area yang tertutup salju tersebut mulai berkurang akibat dari terjadinya pemanasan global (global warming). Puncak Cartenzs disebut-sebut menjadi salah satu pendakian termahal di dunia. Sebuah sumber menyebutkan bahwa paket pendakian ke puncak Cartenzs menelan biaya kurang lebih Rp.383 juta rupiah. Hal itu dikarenakan masih sedikitnya homestay yang dapat menampung pendaki serta sulitnya transportasi .

Gunung Vinson di Antartika (4.897 mdpl)

vinson-header

Gunung Vinson terletak kurang lebih 600 mil dari Kutub Selatan. Pendaki yang telah mencapai puncak dari gunung ini adalah kelompok pendaki yang dipimpin oleh Nicholas Clinch dari Amerika. Untuk mencapai puncak ini selain harus memiliki fisik yang kuat karena suhu di sana berada pada suhu minus derajat celcius juga diperlukan keterampilan yang extra. Cuaca buruk dan medan bersalju menjadi tantangan tersendiri bagi pendaki yang ingin menaklukkan puncak tertinggi di benua Antartika ini.

Gunung Elbrus di Rusia (5.642 mdpl)

gunung-elbrus

Gunung Elbrus merupakan gunung tertinggi di dataran Eropa dan terletak di perbatasan antara Rusia dan Georgia. Gunung yang menjadi salah satu tujuan menarik bagi pendaki ini memiliki puncak kembar. Puncak di sisi sebelah barat yang lebih tinggi dibandingkan puncak di sisi sebelah selatan. Kita patut berbangga diri, karena tim Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition. Universitas Katolik Parahyangan telah berhasil mencapai puncak Elbrus pada bulan Mei tahun 2015 lalu.

Gunung Kilimanjaro di Tanzania (5.895 mdpl)

kilimanjaro
Gunung Kilimanjaro adalah gunung tertinggi di Afrika yang berbentuk gunung strato api raksasa yang kini sudah tidak aktif lagi. Titik tertinggi adalah Puncak Uhuru yang tingginya 5.895 meter. Sangat disayangkan, puncak di gunung ini bernasib sama dengan kebanyakan puncak-puncak gunung lainnya yang tertutup oleh salju abadi. Pemanasan global berdampak pada berkurangnya gletser yang menyelimuti puncak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang paleoklimatologis dari Ohio State University, volume es dari gunung Klimanjaro berkurang hingga 80% dibandingkan dengan volume es di abad yang sebelumnya.

Gunung Denali di Alaska (6.194 mdpl)

denali

Puncak Denali merupakan puncak gunung yang terletak di jantung Pegunungan Alaska di Glacier Kahiltna. Sebuah daerah yang berada di Kutub Utara di mana suhu terdingin berasal. Mendaki Denali sering dianggap sebagai sebuah pendakian klasik di pegunungan kawasan Amerika. Dengan mendaki Denali, kita harus siap untuk menghadapi tingkat elevasi setinggi 3.969 meter vertikal dari bawah ke atas. Tidak akan dapat ditemui di gunung manapun di dunia ini dan tidak ada satu gunung pun di dunia yang menawarkan pemandangan menakjubkan yang berbeda tiap harinya kecuali Denali. Dengan segala keunikan yang dimiliki oleh Denali menjadikannya gunung tertinggi nomor 3 dalam tujuh gunung tertinggi di dunia.

Gunung Aconcagua di Argentina (6.962 mdpl)

gunung-aconcagua

Gunung tertinggi nomor dua berasal dari benua Amerika, tepatnya dari negara Argentina. Perlu kita ketahui bersama, sang Saka merah putih pernah berkibar di puncak ini oleh karena jasa dari puteri terbaik Indonesia yakni Tim The Women Indonesia’s Seven Summits Expedition yang beranggotakan tiga orang mahasiswi aktif Unpar yaitu Fransiska Dimitri Inkiriwang (22), Mathilda Dwi Lestari (22), dan Dian Indah Carolina (20). Para pendaki Indonesia ini mencapai puncak Gunung Aconcagua, Argentina, Amerika Selatan, berketinggian 6.962 (mdpl) pada Sabtu, 30 Januari 2016 pukul 17.45 waktu setempat atau Minggu, 31 Januari 2016, waktu Indonesia.

Gunung Everest di Perbatasan Nepal dan Tibet (8.848 mdpl)

everest

Gunung Everest menempati posisi puncak dari daftar gunung tertinggi di dunia. Gunung yang terletak di Tibet ini sering juga disebut sebagai atap dunia. Pendakian pertama yang sukses mencapai puncak ini adalah pendakian yang dilakukan oleh pendaki asal Selandia Baru bernama Edmund Hillary bersama seorang Sherpa bernama Tenzing Norgay pada tahun 1953. Orang Indonesia pertama yang tercatat sampai di puncak everest adalah Asmujiono seorang dari anggota Kopasus yang melakukan pendakian pada tanggal 27 April 1997 dan sekaligus sebagai orang pertama pula se Asia Tenggara.

(Keterangan : Meter di atas permukaan laut (disingkat mdpl) adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan ketinggian suatu tempat dari permukaan laut, dinyatakan dalam meter. Istilah ini banyak digunakan dalam radio (baik dalam siaran maupun penggunaan lain) oleh insinyur untuk menentukan daerah lingkup yang dapat dijangkau stasiun. Istilah ini juga digunakan dalam penerbangan, di mana semua ketinggian dicatat dan dilaporkan. Ketinggian dalam peta dapat dinyatakan dengan warna ataupun garis kontur. Ketinggian danau, gunung, bukit, dan titik topografis lain juga dapat dinyatakan dengan angka)

Sumber : Ruang PendakiMDPL  Wikipedia

Temukan informasi menarik lainnya di sini.

Advertisements

Comments are closed.