Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Kepribadian Ganda

Apakah aku mempunyai kepribadian ganda?

Pernahkah pertanyaan itu terlintas di pikiranmu? Bahwa kamu memiliki kepribadian lain selain diri kamu saat ini. Apakah hal ini mungkin terjadi? Jawabannya adalah YA. Seseorang bisa memiliki lebih dari satu kepribadian. Bisa dua atau bahkan lebih dari itu. Ini bukan khayalan atau isapan jempol belaka. Di dunia ini, terdapat beberapa orang yang mengidap penyakit kepribadian ganda atau Dissociative Identity Disorder (DID).

Gangguan disosiatif merupakan penyakit mental dengan gangguan kerusakan memori, kesadaran, identitas dan persepsi. Ketika satu atau lebih fungsi tersebut terganggu, simtom dapat muncul. Gejala-gejala tersebut dapat mengganggu fungsi umum manusia, termasuk fungsi kerja, aktivitas dan relasi sosial. Disosiatif merupakan coping mechanism, bahwa seseorang menggunakan cara tersebut untuk menghindar dan melepaskan diri dari situasi stres dan kenangan traumatik. Cara tersebut digunakan oleh seseorang untuk memutuskan hubungan antara dirinya dengan dunia luar, serta untuk menjauhkan diri dari kesadaran tentang apa yang terjadi. Disosiasi dapat berfungsi sebagai mekanisme pertahanan (defence mechanism) terhadap rasa sakit fisik dan emosional dari pengalaman traumatik dan stres.

Cerita tentang orang dengan kepribadian ganda telah banyak diangkat ke dalam novel dan film. Contoh novel tersebut adalah The Minds of Billy Milligan, Tell Me Your Dreams dan Sybil.  Sedangkan film yang menceritakan tentang penyakit ini diantaranya adalah The Crowded Room, Fight Club, Shutter Island, Me Myself  and Irene, Black Swan, The Silence of the Lamb, A Beautiful Mind, He Loves Me He Loves Me Not, Gone Girl, The Soloist, Eternal Sunshine of the Spotless Mind dan Identity.

kill-me-heal-me

Kill Me, Heal Me – Cha Do Hyun Personalities

Dari film drama korea juga ada film Kill Me, Heal Me yang bercerita tentang seseorang yang mengidap penyakit DID bernama Cha Do Hyun. Dia memiliki 6 kepribadian lain dalam tubuhnya. Karakter dari masing-masing kepribadian tercipta dari rasa sakit, kemarahan, kekecewaan, ketakutan dan keputus-asaan dirinya saat masih kecil. Ketika ia tidak mampu menghadapi sebuah situasi maka kepribadian lainnya akan muncul.

Pertama, karakter Cha Do Hyun adalah mode normalnya. Artinya saat ia sedang menjadi dirinya sendiri. Cha Do Hyun seorang yang ramah, pekerja keras, sopan dan selalu bertanggung-jawab untuk semua masalah yang telah ditimbulkan oleh kepribadian lainnya.

Kedua, karakter Shin Se Gi. Dia adalah kepribadian yang keras, pemarah, suka kekerasan dan tidak segan-segan untuk melukai orang lain yang menggangunya. Dia seumuran dengan Cha Do Hyun. Dia muncul sebagai mode perlawanan diri Cha Do Hyun terhadap lingkungan sekitar yang bisa berpotensi untuk menyakiti dirinya.

Ferry Park adalah karakter ketiga yang berada di tubuh Cha Do Hyun. Dia seorang yang aktif, pintar merakit bom, suka memancing ikan, suka minum bir dan seorang yang periang. Ferry Park mengaku dirinya adalah karakter yang paling tua dibandingkan dengan yang lain. Namanya diambil dari kata Ferry yang artinya kapal feri dan Park dari nama samaran ayahnya Cha Do Hyun. Sewaktu kecil dia bercita-cita untuk membelikan ayahnya sebuah kapal feri dengan nama Ferry Park.

Ahn Yo Sub adalah karakter keempat yang berusia 17 tahun. Dia adalah seorang yang pintar, gemar membaca tetapi pesimis dan mempunyai keinginan untuk bunuh diri. Ahn Yo Sub muncul sebagai ekspresi dari keputus-asaan Cha Do Hyun dalam menghadapi kehidupannya yang penuh luka dan kenangan pahit. Dalam pikirannya, jika ia bisa bunuh diri maka ia bisa mengakhiri semua rasa sakit di dalam dirinya.

Saudara kembar dari Ahn Yo Sub adalah Ahn Yo Na. Dia satu-satunya karakter perempuan dalam diri Cha Do Hyun. Ahn Yo Na adalah seorang yang menyebalkan, suka berdandan, suka K-Pop dan enerjik. Dia juga menyukai Oh Ri On, kakak dari Oh Ri Jin yang merupakan dokter jiwa dari Cha Do Hyun.

Selanjutnya adalah Nana. Nana adalah karakter dari Cha Do Hyun yang selalu membawa boneka Teddy Bear. Nama boneka itu adalah Nana sedangkan orang yang membawanya adalah Cha Do Hyun. Di akhir cerita kita akan mengetahui misteri dari nama Cha Do Hyun. Karakter Nana muncul sebagai akibat dari rasa bersalah Cha Do Hyun terhadap teman semasa kecilnya dulu yang sering disiksa oleh ayah Cha Do Hyun.

Karakter terakhir adalah Mr. X. Karakter ini muncul di episode terakhir. Dia merupakan karakter yang diciptakan Cha Do Hyun untuk memposisikan diri sebagai ayah dari teman masa kecilnya. Saat perpisahan dengan karakter ini, Cha Do Hyun diberikan nasihat agar bisa melanjutkan hidup dengan sebaik-baikmya.

Ketika aku selesai menonton film ini, aku menjadi tahu banyak hal tentang penyakit DID. Aku juga tahu bagaimana pusingnya orang yang harus berhadapan dengan berbagai macam karakter dalam tubuh seseorang. Juga, bagaimana menderitanya seseorang yang mengidap penyakit ini.

Halaman Berikutnya >>

Advertisements

Comments are closed.