Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

7 Manfaat Menulis Yang Belum Kamu Ketahui

1 Comment

UANG

Para penulis terkenal memiliki banyak karya tulisan yang hebat dan mengguncang dunia. Berkat dedikasi dan kecintaan mereka dalam menulis, banyak orang yang mengagumi dan mengapresiasi karyanya.

Buku merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh seorang penulis. Dengan meluncurkan buku, seorang penulis bisa menyebarkan ilmunya sekaligus mendapatkan sumber penghasilan untuk dirinya.

Tidak sedikit buku yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah film yang hebat. Seperti buku Harry Potter karya J.K Rowling. Selain bukunya yang laris manis dijual di seluruh dunia, filmnya pun sukses memukau para fans Harry Potter. Tidak tanggung-tanggung ada 7 buah film yang telah dihasilkan dari cerita Harry Potter. Walau film yang ketujuh dibagi menjadi dua bagian.

Dengan kesuksesan seperti itu, J.K Rowling bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Ia membuktikan bahwa menjadi seorang penulis bisa sama tenar dan kaya seperti profesi lainnya.

Nah, sudah terbayang kan bagaimana sebuah buku yang merupakan hasil dari tulisan seorang penulis bisa membuatnya begitu beruntung? Itu adalah manfaat kedua dari menulis. Dengan menulis, seseorang bisa mendapatkan penghasilan.

Kamu pun bisa menghasilkan pundi-pundi uang dengan menulis. Tidak hanya buku saja yang bisa mendatangkan uang bagi penulisnya. Ada banyak profesi menulis sebagai sumber penghasilan, seperti :

  1. Blogger : Seorang blogger yang rutin menulis dan memiliki viewer atau pengunjung blog yang banyak bisa mendapatkan uang. Di antaranya dengan memasang iklan di blognya, menawarkan sebuah produk dari endorser atau berjualan barang dagangan sendiri. Blogger pun banyak macamnya. Ada blogger kuliner yang khusus membahas makanan, Blogger petualang yang fokus membahas tempat wisata dan area menarik lainnya, Blogger Tips and Trick yang menawarkan tutorial, tips, panduan dan lain sebagainya. Kamu bisa menjadi apa saja yang kamu mau saat menjadi seorang blogger. Bahkan kalau kamu suka video kamu bisa mulai membuat Vlog atau Video Log. Sama halnya seperti blog, namun posting yang dominan adalah menggunakan fitur video.
  2. Copy Writer : Bertugas membuat tulisan yang mampu membuat pembaca tertarik dan akhirnya membeli sesuatu.
  3. Penulis Naskah Film : Adalah penulis yang memiliki kemampuan dalam penulisan skenario, bertugas menulis skenario di media massa seperti film, acara televisi, komik, atau permainan video.
  4. Co-Writer : Penulis pendamping bagi penulis pemula atau bagi penulis yang ingin ditemani/dibimbing/diajari menulis yang baik dan benar.
  5. Ghost Writer : Disebut sebagai penulis bayangan. Ia adalah penulis professional, yang dibayar atau bekerja sebagaimana layaknya penulis lainnya, yaitu menulis buku, cerita, artikel, teks, pidato, dan jenis tulisan lain. Bedanya dengan penulis biasa, Gghost Writer tidak mencantumkan namanya namun mencantumkan nama orang lain yang membayarnya atau menggunakan jasanya.
  6. Editor Buku : Yaitu orang yang bertugas mengedit buku dari para penulis. Ia mengecek dan memperbaiki aturan tata bahasa yang benar dan mengoreksi isi buku secara teknis.

Halaman Berikutnya >>

Advertisements

One thought on “7 Manfaat Menulis Yang Belum Kamu Ketahui

  1. Terima kasih ilmunya