Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

7 Manfaat Menulis Yang Belum Kamu Ketahui

1 Comment

Sebagai manusia, kita membutuhkan hobi untuk menyalurkan energi dan kreasi yang bersemayam di dalam diri. Hobi diperlukan agar mampu mengasah kemampuan motorik, visual, daya tangkap otak dan refleks tubuh.

Bermain basket, sepak bola atau lari maraton bisa melatih otot-ototmu menjadi lebih kuat dan kebugaran tubuh pun menjadi terjaga.

Bermain alat musik berguna untuk mengekspresikan diri dan menghilangkan stres. Alunan nada-nada yang indah dan lirik-lirik lagu romantis bisa membuatmu tenang dan nyaman.

Bicara hobi, tidak hanya tentang olahraga fisik atau otak. Ada banyak macam hobi yang bisa kamu pelajari dan tekuni. Lakukanlah hobi yang sesuai dengan minat dan kecintaanmu terhadap sesuatu agar suatu saat nanti semua itu bisa menjelma menjadi sebuah kemampuan atau skill. Seseorang yang mempunyai satu kemampuan dan menguasainya, jauh lebih baik daripada orang yang bisa dan tahu banyak hal tetapi tidak menguasai satu keahlian apapun.

Kita boleh saja belajar banyak hal untuk mengetahui kemampuan dan hobi yang sesuai. Seperti belajar memasak, menjahit, berenang, main drum, filateli atau apapun itu. Lalu, setelah mengetahui mana hobi yang cocok, maka tahap selanjutnya adalah melatihnya setiap hari.

Menurutku, setiap orang minimal harus memiliki satu hobi. Karena disadari atau tidak, hobi bisa membawamu kepada dunia lain. Yup, benar sekali. Saat seseorang fokus kepada hobinya, semua masalah yang sedang ia hadapi seolah-olah hilang dan tidak terus-menerus menempel di dirinya. Menjadi lupa karena alasan ini, aku rasa penting dan menjadi kebutuhan setiap orang. Tentunya, sebagai orang yang sudah dewasa, kita memiliki batasan dan rambu-rambu yang harus kita patuhi seperti kewajiban menunaikan ibadah setiap hari yang tidak boleh dilupakan.

Apakah Sahabat Viewer, sudah mengetahui hobi apa yang cocok untukmu? Atau hobi tersebut sudah lama kamu tekuni sejak kecil?

Jika belum, aku harap kamu bisa segera menemukannya. Mirip jodoh ya. Hehe.. Atau kamu bisa mencoba sebuah hobi yang selama ini aku tekuni yaitu menulis.

Pada kesempatan ini, aku akan berbagi cerita tentang manfaat dari menulis. Menjadi seorang penulis profesional adalah impianku sejak kecil. Walau mimpi itu belum terwujud, setidaknya aku tidak diam dan berhenti bermimpi. Aku latih dan asah kemampuanku itu setiap hari. Salah satu bentuk pewujudan mimpiku itu adalah blog Ishfah Seven. Blog ini terlahir karena aku senang menulis.

Apakah dengan menulis, seseorang bisa mendapatkan manfaatnya?

Menulis bisa menjadi hobi yang mengasyikkan sekaligus menyenangkan jika kamu menikmatinya. Ada berbagai macam manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menekuni hobi ini. Apa sajakah itu?

  1. Sistematis
  2. Uang
  3. Pengetahuan
  4. Baca
  5. Ekspresi
  6. Kenangan
  7. Cerdas

Ketujuh hal di atas diurutkan secara acak. Artinya bukan berdasarkan peringkat atau urutan hal yang memengaruhi diri setelah menekuni hobi menulis. Alasannya cukup sederhana yaitu untuk membentuk sebuah kalimat pendek sebagai pengingat. Seperti misalnya tujuh warna pelangi. Kita dengan mudah akan mengingat seluruh warna dari singkatannya MEJIKUHIBINIU (MErah, JIngga, KUning, HIjau, BIru, NIla, UNgu).

Nah, untuk memudahkan mengingat 7 Manfaat Menulis, maka kita singkat menjadi Si Upeng Baek dan Kece (SIstematis – Uang – PENGetahuan – BAca – EKspresi – KEnangan – CErdas)

Mari kita bahas satu per satu manfaat dari hobi menulis tersebut!

SISTEMATIS

Seperti yang kita ketahui, sistematis adalah segala usaha untuk menguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu, dan mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya.

Dengan sering menulis perlahan-lahan seseorang akan belajar berpikir secara sistematis. Contoh kecilnya seperti saat kamu menulis resep sebuah masakan, misalnya omelet. Untuk mendapatkan masakan yang sempurna, kamu harus memasak sesuai urutan cara memasak omelet yang benar. Dimulai dari mengumpulkan bahan, meracik bumbu hingga memasaknya. Omelet tidak akan tersaji dengan benar jika ada urutan memasaknya yang keliru.

Contoh lainnya adalah karya tulis dari siswa atau mahasiswa. Tugas dari sekolah yang diberikan kepada para siswa bisa beragam, namun salah satunya pasti ada yang namanya menulis artikel, makalah atau laporan kegiatan dan observasi saat study tour.

Bagi mahasiswa tingkat akhir, menulis Tugas Akhir atau Skripsi menjadi menu wajib yang harus mereka santap agar lulus dari kampus. Baik siswa ataupun mahasiswa, keduanya memiliki tugas yang hampir mirip yaitu menulis. Dan keduanya pun tidak bisa asal menulis dan meloncati bab lainnya jika bab sebelumnya belum diselesaikan.

Semakin seseorang belajar menulis, semakin pandai ia berpikir sistematis. Ketika seorang penulis menulis sebuah cerita, novel atau naskah film ia akan menulis secara runtun dan teratur. Seorang penulis yang baik tidak akan langsung menulis draf tulisannya tanpa mempersiapkan bahan-bahan tulisan sebelumnya.

Jadi, manfaat pertama yang bisa kamu ambil dari hobi menulis adalah bisa menjelaskan suatu hal secara sistematis, tidak berantakan dan teratur. Tentu, ini adalah hal baik yang perlu kita latih.

Apakah dengan menulis, seseorang bisa langsung berpikir sistematis? Bisa, asalkan ia mau terus belajar dan menggali berbagai macam ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk belajar menulis. Ada begitu banyak buku dan tutorial yang mengajarkanmu untuk menjadi seorang penulis yang handal.

Aku juga masih berlatih menulis. Masih banyak ilmu menulis yang belum aku ketahui dan kuasai. Jika kamu mau belajar bersama denganku, kamu bisa buka blog aku yang lain yaitu Project Ishfah. Blog tersebut berisi tentang latihan-latihanku sebagai penulis. Kamu bisa klik di sini.

Halaman Berikutnya >>

Advertisements

One thought on “7 Manfaat Menulis Yang Belum Kamu Ketahui

  1. Terima kasih ilmunya