Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Ngeblog Yuk!

2 Comments

Mempunyai sebuah blog ibarat memiliki dunia, rumah atau area sendiri. Sebuah blog merupakan refleksi dari hasil kreatifitas Blogger yang menulisnya. Seperti saat kita mencicipi sebuah masakan dari koki. Saat lidah mengecap dan merasakan kenikmatan dari makanan, kita sering membayangkan bagaimana hebatnya seorang koki yang membuat makanan tersebut. Begitu pun sebaliknya saat memakan makanan yang menurut kita kurang enak, kita biasa menilai bahwa koki yang memasaknya kurang ahli, amatir atau tidak profesional.

Menulis sebuah artikel atau post di dalam blog tidak jauh berbeda dengan makanan. Artikel yang ditulis seorang blogger sama seperti makanan yang dimasak oleh koki. Keduanya sama-sama menciptakan sebuah produk yang akan dinikmati dan dinilai oleh banyak orang.

Karena mempunyai wadah atau area sendiri, seorang blogger biasanya bebas menulis apa pun yang ia mau. Tapi apakah memang sebebas itu?

Nah, pada kesempatan ini, Ishfah Seven ingin berbagi informasi tentang menulis blog yang bisa saja belum kamu ketahui.

BELAJAR TATA BAHASA

Jika blog yang kamu miliki menggunakan Bahasa Indonesia, berarti kamu harus belajar ilmu dan tata bahasanya. Semua orang bisa menulis apa saja, tetapi tidak semua orang bisa menulis sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia.

Di era digital seperti saat ini, berbagai macam aplikasi media sosial sudah dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Mereka bebas menuliskan apa saja yang mereka inginkan. Dan blog merupakan salah satu media penyaluran ekspresi dan intuisi dari penulisnya.

Saat kamu memposting sesuatu di blog, akan ada banyak orang yang membacanya. Lain halnya jika kamu mengatur blogmu itu dengan settingan Hidden atau Private yang membuat blogmu tidak bisa dilacak oleh search engine dan bahkan jika private berarti hanya bisa dibuka oleh dirimu sendiri dan blogger lain yang telah kamu daftarkan sebagai member blog.

Jika setting blogmu adalah Public yang berarti bisa dibaca oleh siapa saja maka tentunya orang yang membaca tulisanmu pun beragam. Mereka akan datang dari berbagai macam latar belakang yang berbeda.

Bisa jadi ada beberapa pembaca yang suka dengan tulisanmu dan cara yang kamu gunakan. Bisa juga yang lainnya tidak menyukai bahkan memandang rendah tulisanmu. Well, kamu memang tidak bisa memuaskan semua orang, tetapi setidaknya tanamkan di dalam diri sebuah keinginan untuk belajar tata bahasa dari Bahasa Indonesia.

Ada beberapa blogger menulis semaunya, bahkan ada yang menulis dengan b4h454 4l4y, menyingkat kata2, tanda baca yang berantakan, diksi yang kurang pas dan lain sebagainya.

Menurutku, kamu atau blogger lainnya, bukan tidak tahu tentang tata bahasa tetapi malas dan tidak mau ribet. Padahal belajar tata bahasa itu perlu.

Pernahkah kamu bertanya kenapa pelajaran Bahasa Indonesia selalu ada di setiap tingkat pendidikan? Mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, Bahasa Indonesia selalu ada dalam kurikulum belajar dan ada di Ujian Negara (UN). Para mahasiswa yang sedang menyusun skripsi pun akan berhadapan kembali dengan Bahasa Indonesia.

Disadari atau tidak, diakui atau tidak, pelajaran yang satu ini sedikit sekali yang menyukainya, padahal kita adalah orang Indonesia. Coba tanyakan kepada dirimu sendiri dan teman-temanmu, manakah yang lebih sulit antara pelajaran Matematika atau Bahasa Indonesia?

Kalau jawabanmu adalah Bahasa Indonesia, hal itu membuktikan bahwa pelajaran ini memang bukan termasuk mata pelajaran favorit para siswa. Padahal belajar Bahasa Indonesia itu penting untuk dipelajari dan dipahami.

Jadi, agar blogmu lebih menarik dan berkualitas, mari mulai insyaf diri agar mau belajar tata bahasa. Jangan salah paham juga, dengan berpikir bahwa nanti tulisanmu akan kaku dan tidak asyik lagi. Bukan pelajarannya yang salah melainkan bagaimana cara kamu untuk bisa mengolah kata-kata agar menarik pembaca untuk membacanya.

MEMPERHATIKAN TAMPILAN / DESAIN BLOG

Kedua, hal yang sama pentingnya dari sebuah blog adalah tampilannya. Kamu boleh memilih template blog apa pun sesuka hatimu. namun, pastikanlah bahwa piihanmu itu bagus dan enak dipandang mata. Aturlah widget dengan baik dan pilihlah widget yang benar-benar kamu perlukan.

Jangan lupa untuk melakukan setting tampilan untuk di handphone atau tablet karena saat ini para pembaca lebih sering menggunakan gadget untuk browsing internet daripada menggunakan PC atau laptop.

MENULISKAN SUMBER

Jika tulisanmu merupakan hasil atau rujukan dari blog, website, youtube atau buku maka cantumkanlah sebagai sumber. Biasanya ditulis di akhir tulisan. Dengan cara ini, minimal kamu telah menghargai hasil karya mereka dan menghormatinya.

MEMILIH SATU ATAU BANYAK TEMA

Tentukanlah isi dari blogmu dengan memilih satu fokus tulisan atau topik tertentu, atau kamu lebih memilih untuk mengisi blogmu dengan tema yang beragam. Masing-masing mempunyai plus minusnya. Ada keunggulan dan kekurangannya.

Dengan memilih satu tema untuk blog misalnya blog makanan, kamu akan fokus terhadap hal tersebut. Semakin sering kamu menulis tentang makanan, kamu akan semakin dikenal sebagai blogger makanan atau sebutannya Food Blogger atau Culinary Lover.

Tetapi, lama kelamaan kamu akan bosan jika terus melakukannya KECUALI kamu memang hobi dan ahli di bidang tersebut dan kamu sering menulis. Artinya blog yang kamu buat harus tetap dipelihara dengan baik.

Jika blogmu memiliki beberapa fokus bahasan, maka keuntungan untuk pembacanya adalah mereka bisa memilih informasi apa yang mereka butuhkan dan tidak terpaku kepada satu bahasan. Kekurangannya adalah karena banyak hal yang disediakan di blog tersebut maka kamu juga punya tanggung jawab untuk mengisi konten-kontennya. Kamu butuh usaha dan pemikiran ektra agar semua topik atau bahasan di blogmu selalu terupdate dengan tulisan-tulisan baru.

MENERIMA SARAN DAN PENDAPAT BLOGGER LAIN

Sama seperti media sosial lainnya, blog memiliki area untuk berinteraksi sesama blogger dan pembaca. Kamu bisa memberikan LIKE dan COMMENT untuk sebuah posting pada sebuah blog.

Komentar yang diberikan tentunya akan beragam juga. Dari yang baik sampai yang nyinyir atau menyakitkan. Take it easy saja, brother! Baik atau buruknya komentar itu merupakan respon dari pembacamu. Kamu mesti bijak menyikapinya.

Selain itu, ada juga blogger yang menyarankan sesuatu, seperti tips penulisan dan sebagainya dalam komentar yang ia tulis di postingan blog. Mereka melakukannya bukan untuk menggurui atau terkesan sok tahu tetapi bertujuan agar blog yang kamu miliki bisa menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

KONSISTEN MENULIS

Hambatan para blogger adalah konsistensi dalam menulis. Terkadang rasa malas selalu hinggap dan enggan untuk pergi. Solusinya adalah kamu harus tetap menulis. Luangkanlah waktumu untuk menulis sebuah postingan blog. Setidaknya minimal sebulan sekali kamu posting. Namun, alangkah lebih baik jika bisa lebih banyak menulis daripada itu.

Dengan konsisten menulis maka lambat laut blogmu akan “dikenal” oleh search engine seperti Google Search. Semakin sering menulis, semakin terbuka kemungkinan blogmu akan mudah dicari di search engine.

Untuk memudahkan “dicari” oleh search engine, kamu mesti memahami dasar dari SEO (Search Engine Optimization). Tetapi jangan salah kaprah atau trying so hard agar blogmu SEO friendly. Terkesan dipaksakan jika dalam satu postingan blog, kamu menulis kata-kata yang sama berulang-kali. It’s really annoying, brother!

(Info lebih lengkap tentang SEO di sini)

Menulislah sewajarnya. Agar tulisanmu lebih menarik maka banyaklah belajar. Jangan menulis asal-asalan seperti memposting sebuah post yang hanya berisi satu paragraf bahkan satu kalimat. Kalau seperti itu, sebaiknya gunakan media sosial Twitter atau Facebook saja.

Kamu juga harus pintar menulis judul yang baik untuk post dalam blogmu. Jangan membuat judul yang terlalu panjang atau susah dipahami. Buatlah yang sederhana dan mudah dimengerti.

Hal-hal yang diuraikan di atas bisa kamu ikuti dan terapkan dalam proses penulisan blog. Atau kamu hanya perlu beberapa poin saja, silakan. Bahkan kamu boleh mengabaikan semua hal tersebut, jika kamu pikir semua itu tidak menarik.

Terakhir, bagi kamu yang ingin mempunyai blog, ada beberapa blog yang bisa kamu pilih seperti WordPress, Blogger atau Wix.

Selamat menulis! Selamat ngeblog!

Baca artikel lainnya di sini.

Advertisements

2 thoughts on “Ngeblog Yuk!

  1. Gue juga baru blogging lagi beberapa hari yang lalu. Konsistensi memang yang menjadi hambatan utama banyak blogger.