Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

7 Ustadz Favorit Zaman Now

6 Comments

Ustadz Abdul Somad

Kesan pertama tentang Ustadz Abdul Somad (UAS) adalah tegas, ilmiah sekaligus kocak. Ia tegas dalam hukum-hukum agama. Yang benar ia lantang menyebutnya benar dan yang salah ia tetap katakan salah. Ia juga berilmu dan setiap penjelasan dari ceramahnya memiliki dasar ilmu, dalil dan sumber yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Namun, tidak hanya dua hal itu yang membuatku terkesan dan tertarik kepadanya, ternyata UAS memiliki selera humor yang tinggi. Kajian-kajian ilmu yang disampaikannya pun selalu diselingi oleh candaan dan guyonan. Melihat beliau seperti ini, aku jadi teringat kepada K.H. Zainudin M.Z. Tapi UAS pernah mengatakan kalau ia bukanlah Dai Sejuta Umat. Julukan itu hanya untuk Al-Mukarrom K.H. Zainudin M.Z. Menurutnya, ia lebih cocok dipanggil Ustadz Sejuta Viewer karena video-video ceramahnya telah ditonton oleh banyak orang.

Ia bercerita tentang awal mula bisa dikenal oleh masyarakat luas. Sepulang dari Maroko, UAS pernah ditunjuk oleh Ustadz Mustafa Umar untuk menggantikannya memberikan kajian rutin di masjid. Saat pengajian berlangsung, ada jamaah yang merekam isi pengajian UAS kemudian mengunggahnya ke Youtube. Tak diduga, ternyata video pengajian itu telah banyak ditonton. Dan lambat laun, UAS mulai dikenal oleh masyarakat.

Jalan dakwah telah ia tekuni sejak lama. Tentunya, tak ada jalan yang mulus terus dalam berdakwah. Ada begitu banyak rupa dan cara yang dilakukan oleh orang-orang yang membenci UAS agar bisa menghentikan dakwahnya. Mereka berbuat seperti itu karena dengki, takut dan punya prasangka buruk terhadap UAS.

Contoh yang paling dekat dan masih hangat diperbincangkan oleh masyarakat adalah ketika UAS dihalangi lalu diusir saat akan menghadiri pengajiannya. UAS sempat ditolak di Bali dan Hongkong. Isu yang paling hot yang ditujukan kepada UAS adalah ia seorang WNI yang anti-Pancasila, tidak suka kebhinekaan dan radikal.

Benarkah UAS seperti itu? Kalau menurutku sih, kamu sendiri yang harus membuktikannya. Bagaimana caranya? Tonton, dengarkan dan pahamilah ceramah-ceramah yang beliau sampaikan. Lalu kamu tanya dirimu sendiri, apakah UAS memang seburuk isu yang beredar atau justru ia kebalikannya.

Sama seperti saat seseorang ingin mengenal seorang penulis, maka ia harus membaca hasil karya berupa buku atau tulisan yang dibuat oleh penulis itu. Atau ketika kamu ingin tahu seberapa profesional dan terlatihnya seorang chef, maka kamu perlu mencicipi masakan yang dibuat olehnya.

Sahabat Viewer, Ustadz Abdul Somad, Lc., M.A. (Arab: عبد الصمد‎), lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977. Ustadz Abdul Somad menempuh pendidikan formal terakhir saat ini hingga jenjang master dalam bidang Ilmu Hadis, secara terturut-turut pendidikannya dapat dituliskan sebagai berikut :

  1. SD al-Washliyah, tamat 1990
  2. Mts Mu’allimin al-Washliyah Medan, tamat 1993
  3. Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu, tamat 1996
  4. S1 Al-Azhar, Mesir
  5. S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko, 2008

Setelah lulus dari Maroko, Ustadz Abdul Somad hingga saat ini aktif mengabdikan diri ke berbagai lembaga sebagai berikut:

  1. Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  2. Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau
  3. Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru
  4. Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode 2009–2014
  5. Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, Periode 2009–2014
  6. Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau, Periode 2009–2014

Beliau juga telah banyak menerjemahkan kitab-kitab berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Diantara hasil terjemahannya itu sebagai berikut :

  1. Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga (Judul Asli: Al-Ma’ashi Tu’addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut), Penulis: Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, Maret 2008.
  2. 55 Nasihat Perkawinan Untuk Perempuan, (Judul Asli : 55 Nashihat li al-banat qabla az-zawaj), Penulis: DR. Akram Thal’at, Dar at-Ta’if, Cairo. Diterbitkan oleh Penerbit Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, April-2004.
  3. 101 Kisah Orang-Orang Yang Dikabulkan Doanya (Judul Asli: 101 Qishash wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah Lahum Ad-Du’a’, Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Azzam – Jakarta, Desember 2004.
  4. 30 Orang Dijamin Masuk Surga (Judul Asli: 30 al-mubasysyarun bi al-jannah), DR.Mustafa Murad, Dar al-Fajr li at-Turats,Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Juli-2004.
  5. 15 Sebab Dicabutnya Berkah (Judul Asli: 15 sabab min asbab naz’ al-barakah), Penulis: Abu Al-Hamd Abdul Fadhil, Dar ar-Raudhah-Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Agustus-2004
  6. Indahnya Seks Setelah Menikah (Judul Asli : Syahr al-‘asal bi la khajal), DR. Aiman Al-Husaini, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta, September 2004.
  7. Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan (Judul Asli: Akhta’ fi mafhum az-zawaj, Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif- Jakarta, September 2004.
  8. Sejarah Agama Yahudi (Judul Asli: Tarikh ad-Diyanah al-Yahudiyyah), diterbitkan oleh Pustaka al-Kautsar, Jakarta, Desember 2009.

Ia juga telah menuliskan beberapa buku yang menjadi best seller di kalangan ummat islam, di antaranya:

  1. 37 Masalah Populer
  2. 99 Pertanyaan Seputar Sholat
  3. 33 Tanya Jawab Seputar Qurban

UAS memiliki akun instagram yang bisa kamu ikuti yaitu @ustadzabdulsomad

Video ceramahnya bisa kamu subscribe di akun Youtube : Tafaqquh Video. Salah satu ceramahnya yaitu video di bawah ini :

******

Mari kita lanjutkan ke nomor 2

2. Ustadz Adi Hidayat (silakan klik)

Advertisements

Author: Fahmi Ishfah

i am cool, tough, smart, kind and complex

6 thoughts on “7 Ustadz Favorit Zaman Now

  1. wah favorit semua, cuman yg baru hadir live kajiannya ust abdul somad. asik dan gaul aslinya :))

  2. Pavorit saya dan video di youtube yg paling banyak saya download dan ulang adalah Ustad Abdul Somad, bisa terus belajar banyak hal tapi ga bikin tegang dan bosan. Lucuuu..😂😂👌👍

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s