Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Terbiasa Sedekah

4 Comments

Jika sedekah itu baik, apakah ada pahalanya? Ada. Jika sedekah itu baik, adakah manfaatnya bagi orang yang bersedekah? Tentu, ada manfaatnya. Lalu apa sajakah itu?

Ada orang yang bertanya, “Kenapa sih kamu semangat sekali mengajak orang sedekah?” Karena Sedekah itu dahsyat. Kalau saja orang tahu kedahsyatan sedekah, dalam otaknya itu ia ingin bersedekah terus.  Apa sih dahysatnya sedekah? Karena hampir semua yang kita butuhkan, jawabannya ada dalam sedekah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bersedekah :

1. Sedekah Membawa Ketenangan

Ingin tenang. La khaufun alaihim, walaa hum yahjanun. Orang yang sedekah, dicabut oleh Allah dari batinnya itu rasa gelisah dan tertekan. Justru orang yang gelisah itu ialah orang yang pelit, koret, kedekut, buntut kasiran, cap jahe mere ge hese. Jadi, kalau Saudara ingin merasakan tenang dalam hidup maka perbanyaklah bersedekah.

2. Sedekah Menolak Bala (Bencana/Musibah)

Yang kedua, apa keuntungan sedekah? Tertolak Bala. Para Ahli sedekah ini sulit terkena musibah. Kalau pun terjadi musibah menimpanya, pasti bukan musibah tetapi hanya mau menaikkan derajatnya (di sisi Allah).

“Saya sudah sedekah, kok saya masih tetao tertimpa batu bata?”

Pasti itu ada hikmahnya di sana. Siapa tahu dengan tertimpa bata, jarinya keseleo, dibawa ke rumah sakit, setelah diperiksa ia harus dirawat, dan di kamar rawat itu ada pasien yang seorang pengusaha dan kyai. Bapak itu sama keseleo juga. Setelah ngobrol-ngobrol, ternyata ia sedang mencari mantu. Oh, ini ternyata hikmahnya tertimpa bata. Ternyata ia sakit justru ketemu dengan calon mertua.

Kalau niat sudah lurus, ikhtiar sudah maksimal dan hati tawakal maka terjadi suatu kebaikan. Kalau ahli sedekah, ditimpa suatu musibah, itu adalah jalan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

3. Sedekah Menambah Rezeki

Ketiga, orang yang ahli sedekah itu rezekinya bertambah. Jadi, kalau kita ingin rezeki yang cukup, kuncinya adalah sedekah.

Dalam hitungan manusia, 1 + 1 = 2.  Tetapi perhitungan dalam ibadah itu berbeda. Orang banyak mencari untung dengan deposito bank atau asuransi. Itu tidak salah. Itu boleh kita lakukan. Tapi justru yang menjamin kita adalah sedekah.

Saudaraku sekalian, sedekah itu tidak akan mengurangi rezeki kita. Demi Allah, tidak. Justru akan terus bertambah, bertambah dan betambah. Oleh karena itu, jangan risau, ragu, atau berat hati dalam bersedekah. Lakukan saja.

Sahabat Rasulullah, Utsman bin Affan, tidak berkurang hartanya walaupun ia sudah memberikan 1000 ekor unta untuk kaum muslimin. Abu Bakar Ash-Shidiq, ia bersedekah seluruh hartanya, Umar bin Khattab bersedekah separuh hartanya, Abdurrahman bin Auf, ia hijrah ke Madinah tidak bawa apa-apa, tidak punya apa-apa, tetapi dengan kekuatan sedekah, ia menjadi pengusaha yang kaya raya. Kita bukan tidak boleh berhitung tetapi kita tidak boleh pelit dan merasa hidup kita selalu kekurangan.

4. Sedekah Bisa Mendatangkan Ampunan Dari Allah

Keutamaan selanjutnya adalah mendapatkan ampunan dari Allah. Jadi, semakin sering bersedekah, semakin sering Allah mengampuni dosa kita. Sedekah lagi, kita akan disayang oleh Allah. Dan hasil dari disayang Allah adalah Allah menggerakkan hati manusia agar sayang kepada kita.

Sudah banyak kisah tentang orang-orang yang sukses dengan bersedekah. Seperti beberapa contoh di bawah ini :

Ada seorang pengusaha yang memang kaya sekali. Beliau mulai dari dagang kecil-kecilan. Hasilnya selalu dibagi dua. Separuh untuk di jalan Allah, separuh untuk modal ia berdagang lagi. Terus seperti itu dan sekarang untungnya milyaran. Cara bagi hasilnya tetap seperti itu.

Ada juga yang bertanya seperti ini, “Saya gak punya duit banyak. Saya sedekahnya gimana?”

Pakai yang murah meriah yaitu dengan senyuman. Asal jangan senyum sembarangan. Tersenyumlah dengan ikhlas. Seperti apa senyum ikhlas itu? Senyum yang ikhlas itu bukan hanya dari otot bibir. Kan ada yang senyumnya hanya mesem saja, tidak bergerak bibirnya, masih terkatup. Senyum yang ikhlas itu bukan hanya dari otot bibir yang terangkat tetapi seluruh otot di muka yang berkontraksi sedemikian rupa karena yang memerintahkannya senyum adalah otak. Otaknya menyuruh agar diri bisa menyenangkan orang lain melalui senyuman sehingga tubuhnya bergerak sinkorn/selaras. Saudaraku sekalian, kalau tidak bisa sedekah dengan harta maka sedekahlah dengan raut muka yang ditunjukkan dengan tersenyum.

Halaman Berikutnya >>

 

Advertisements

Author: Fahmi Ishfah

i am cool, tough, smart, kind and complex

4 thoughts on “Terbiasa Sedekah

  1. Ijin menggunakan gambarnya untuk blog kami ya kak https://pantiasuhanjogja.blogspot.co.id/

  2. Menginspirasi sekali, semoga aku bisa lbih rajin lagi bersedekah. Amin.

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s