Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Gabung DK PBB

2 Comments

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 8 Juni 2018, Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap DK (Dewan Keamanan) PBB untuk periode 2019-2020 oleh Majelis Umum PBB di Markas Besar PBB di New York. Ini adalah keempat kalinya Indonesia berada di kursi DK PBB. Sebelumnya Indonesia menjadi anggota Tidak Tetap DK PBB pada periode 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008.

Dalam proses pemilihan tertutup, Indonesia memperoleh 144 suara dari jumlah keseluruhan 190 anggota PBB yang hadir. Indonesia mengalahkan Maladewa yang memperoleh 46 suara, untuk mewakili kawasan Asia dan Pasifik di DK-PBB, menggantikan Kazakhstan yang masa keanggotaannya berakhir pada Desember 2018.

Selain Indonesia, negara-negara lain yang juga terpilih menjadi anggota DK PBB periode 2019-2020 adalah: Jerman dan Belgia (mewakili kelompok Eropa Barat); Republik Dominika (Amerika Latin dan Karibia); dan Afrika Selatan (Afrika). Kelimanya akan bergabung dengan 5 negara anggota tetap DK PBB (Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Cina dan Rusia) serta 5 negara anggota tidak tetap lainnya (Pantai Gading, Guinea Ekuatorial, Kuwait, Peru dan Polandia).

Dewan Keamanan PBB adalah salah satu dari enam badan utama PBB. Piagam PBB memberikan mandat kepada Dewan Keamanan untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Piagam PBB juga memberikan kewenangan kepada Dewan Kemanan untuk:

  1. Menginvestigasi situasi apa pun yang mengancam perdamaian dunia;
  2. Merekomendasikan prosedur penyelesaian sengketa secara damai;
  3. Meminta seluruh negara anggota PBB untuk memutuskan hubungan ekonomi, serta laut, udara, pos, komunikasi radio, atau hubungan diplomatic; dan
  4. Melaksanakan keputusan Dewan Keamanan secara militer, atau dengan cara-cara lainnya.

Kita berharap Indonesia bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan benar. Indonesia sekarang memiliki tugas berskala internasional untuk ikut andil dalam menciptakan perdamaian dan keamanan dunia. Semoga negara tercinta ini tidak lupa juga untuk bisa menciptakan perdamaian dan keamanan di wilayahnya sendiri. Jangan sampai negara lain diurus tetapi negara swndiri diabaikan.

Apa pun yang akan terjadi nanti, saat ini sebagai warga negara Indonesia, kita bangga dan bahagia atas pencapaian ini. Mudah-mudahan di masa depan akan ada banyak prestasi yang lebih banyak, lebih bagus dan lebih bermanfaat yang dilakukan oleh Indonesia untuk dunia.

SUMBER :

  1. BBC
  2. Wikipedia

###

View My Daily Post

Advertisements

Author: Fahmi Ishfah

i am cool, tough, smart, kind and complex

2 thoughts on “Gabung DK PBB

  1. Semoga indonesia mempunyai peran baik dan segera ambil peran mas👍

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s