Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Obat Hati : Kerja Keras, Kerja Cerdas

Leave a comment

Obat bagi penyakit malas adalah kerja keras dan kerja cerdas. Kerja keras harus disertai dengan cita-cita. Dan kerja cerdas harus disertai dengan ilmu. Manusia harus mempunyai cita-cita yang tinggi. Pada hakekatnya seseorang akan terbang bersama cita-citanya seperti halnya burung yang terbang dengan dua sayapnya. Abu Thayyib berkata, “Keberhasilan sesuai dengan apa yang dicita-citakan dan kemuliaan sesuai dengan apa yang diinginkan. Sesuatu yang kecil akan tampak besar bagi orang yang cita-citanya kecil. Sesuatu yang besar akan tampak kecil bagi orang yang mempunyai cita-cita besar.”

Dalam menghadapi masalah, tidak perlu tergesa-gesa tetapi diamkanlah terlebih dahulu. Tidak ada yang dapat meluruskan tongkat seperti sedia kala. Abu Hanifah berkata kepada Abu Yusuf, “Kamu bukanlah orang yang cerdas, tetapi kamu bisa mengatasinya dengan terus menerus belajar. Jauhilah kemalasan karena dapat menimbulkan kejelekan dan kekacauan.”

Abu Nashr Al-Anshari bertutur, “Wahai jiwa, janganlah kau perturutkan kemalasan dalam berbuat taat, keadilan dan kebaikan. Setiap yang berbuat kebaikan pastilah akan mendapatkan keuntungan dan yang malas akan mendapatkan cobaan dan kesusahan.” Akujuga berpendapat sama,”Jauhkanlah diriku dari kemalasan dan menunda masalah. Jika tidak, pastilah aku berada dalam kehinaan. Tidak pernah ada pemalas mendapatkan nasib baik selain penyesalan dan impian yang tidak mungkin terwujud. Kemalasan seseorang pada akhirnya akan berakibat malu, rendah diri dan menyesal. Tidak usah bermalasan untuk membahas sesuatu yang belum jelas dengan berdalih telah mengerti atau diliputi rasa ragu.”

Sikap malas pada dasarnya adalah karena jarang memperhatikan kemuliaan dan keutamaan ilmu. Berusahalah semampu mungkin untuk selalu bekerja keras dan pahamilah bahwa ilmu adalah sesuatu yang mulia. Ilmu akan kekal dan harta akan binasa. Sebagaimana dikatakan oleh Ali bin Abi Thalib, “Kami rela Allah membagikan ilmu untuk kami dan membagikan harta untuk musuh kami. Harta akan binasa dalam waktu singkat dan ilmu akan abadi dan tidak akan musnah.” Ilmu dapat mengangkat nama baik seseorang dan akan dikenang meski ia telah meninggal. Karena itulah ilmu dinamakan abadi.

Imam Al-Hasan bin Ali yang dikenal dengan julukan Al-Marghibani bertutur, “Orang-orang yang bodoh telah meninggal sebelum meninggal. Orang-orang yang berilmu tetaplah hidup meskipun dia telah meninggal.” Imam Burhanudin juga berkata, “Kebodohan adalah kematian sebelum si bodoh meninggal. Jasad mereka telah terkubur sebelum dikubur. Hidup tanpa ilmu sama saja dengan mati. Pada saat hari kebangkitan ia tidak akan mampu bangkit. Orang yang berilmu tetaplah hidup setelah mati sekalipun tubuhnya telah lebur oleh debu. Orang yang bodoh, sekalipun berjalan di muka bumi, sesungguhnya ia telah mati. Ia dianggap hidup padahal sesungguhnya ia mati.”

Imam Burhanudin menjelaskan, “Ilmu berada pada derajat yang tertinggi, selain ilmu menjadi mulia bila banyak pengikut. Orang berilmu kemuliaannya kekal dan selalu dikenang. Orang yang bodoh bila dia mati maka akan tertimbun debu. Mendaki ke puncak ilmu tidaklah mungkin tercapai bila maksudnya untuk mencari pangkat atau menjadi komandan pasukan kuda. Aku tuliskan untukmu sedikit saja tapi simaklah. Kemuliaan ilmu bagaikan cahaya di atas cahaya yang menerangi kebutaan. Sepanjang masa, orang bodoh selalu berada di antara kegelapan. Ilmu adalah puncak tertinggi yang melindungi siapapun yang berlindung dan akan merasa aman dari segala gangguan. Ilmu menjadi penyelamat di saat manusia terlena dan memberikan kenyamanan ketika ajal tiba. Ilmu dapat menolong manusia durhaka dari jurang neraka. Orang yang mengharap ilmu berarti telah mengharap semuanya. Orang yang meraih ilmu berarti telah meraih segalanya. Wahai orang-orang yang berpikir, ilmu adalah derajat termulia. Bila telah mendapatkan ilmu maka tidak lagi berguna derajat yang lain. Bila keindahan dan nikmat dunia telah melepaskanmu maka pejamkan matamu karena ilmu adalah nikmat termulia.”

SUMBER

###

View My Daily Post

Advertisements

Author: Fahmi Ishfah

i am cool, tough, smart, kind and complex

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s