Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Menulis Yang Kau Sukai

6 Comments

Kalau kamu bingung harus menulis apa atau mencari tema apa yang menarik, tulislah sesuatu yang kamu benar-benar sukai. Kamu suka memasak, tulislah informasi tentang masak. Kamu bisa merangkai kata-kata indah dan puitis, tulislah sebuah puisi. Atau kamu seorang pebisnis, tulislah tips dan pengalamanmu sebagai pebisnis agar orang yang membacanya nanti bisa mendapatkan manfaatnya. Atau kamu juga bisa menuliskan curahan hatimu tentang apa saja yang sudah kamu alami hari ini.

Jangan terlalu berfokus kepada respon atau animo pembaca yang akan berantusias membaca karyamu tersebut. Abaikan juga perasaan takut salah dalam menulis. Yang utama adalah kamu harus tetap menulis.

Kalau kamu sudah terbiasa menulis, maka mulailah belajar menulis yang benar. Memperhatikan tata bahasa dan memilih kata-kata yang tepat merupakan hal wajib yang mesti dipelajari oleh seorang penulis.

Kesimpulannya adalah tumbuhkanlah kemauan untuk menulis terlebih dahulu. Kemudian asah dan latihlah kemampuanmu itu dengan belajar ilmu menulis. Kamu bisa belajar otodidak dari buku dan panduan dari internet, mengikuti pelatihan dari para penulis atau bergabung di komunitas penulis.

###

View My Daily Post

Advertisements

Author: Fahmi Ishfah

i am cool, tough, smart, kind and complex

6 thoughts on “Menulis Yang Kau Sukai

  1. Kalau nulis status di wall facebook itu mas gimana?

    • Kalau di sosmed seperti Facebook itu lebih personal, artinya apa saja yang akan ditulis/share itu mewakili diri kita di dunia maya.

      Pada dasarnya sih tulislah apa yang kamu sukai di Facebook, pertanyaan selanjutnya yang mesti dipertimbangkan adalah apakah yang kamu tulis/share itu ada manfaatnya atau tidak.

      Pepatah MULLUTMU HARIMAUMU pas bagi citizen. Tapi STATUSMU HARIMAUMU juga cocok untuk netizen.

      Jadi, tulislah yang baik. Jangan yang ngelantur.

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s