Ishfah Seven

Semangat dan Mimpi

Khabib ‘The Eagle’ Nurmagomedov : Undefeated!

6 Comments

Pertarungan UFC kemarin antara Khabib dan Mcgregor menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Si sombong dan rasis McGregor akhirnya dikalahkan oleh Khabib. Dia sering memprovokasi, mengolok-olok, dan membully Khabib. Salah satunya saat dia mengejek Khabib karena tidak mau menerima tawarannya untuk meminum minuman keras. Khabib menanggapinya dengan tenang tapi saat bertarung di dalam ring, dia sangat ganas luar biasa.

karena penasaran dengan Khabib dan bela diri yang digelutinya, Ishfah Seven akan membahasnya dalam post ini.

UFC dan MMA saling terkait. Ini bisa sangat sulit untuk mengetahui perbedaan antara keduanya karena UFC tidak dapat dilihat berbeda dengan MMA. Nah, Mixed Martial Arts atau MMA bisa disebut sebagai olah raga dan Ultimate Fighting Championship atau UFC bisa disebut sebagai organisasi. Ini seperti NBA dan basket, di mana yang pertama adalah organisasi dan yang lainnya adalah olahraga.

Seni bela diri campuran atau lebih dikenal dengan sebutan Mixed Martial Arts (MMA) adalah olahraga kontak yang memperbolehkan berbagai teknik pertarungan, seperti pergumulan, tendangan, dan pukulan. Di dalam MMA, masing-masing praktisi didorong untuk mengkombinasikan teknik dari berbagai cabang seni bela diri untuk melumpuhkan lawan.

Sejak zaman Yunani Kuno, konsep pertarungan yang serupa dengan MMA telah dipraktikkan. Pada era modern, kepopuleran MMA melejit ketika berbagai organisasi dan ajang promosi MMA global mulai bermunculan di seluruh dunia.

Beberapa pakar MMA modern menyebut-nyebut Bruce Lee sebagai pelopor konsep MMA. Sebagai praktisi seni bela diri, Bruce Lee menerapkan sebuah filosofi bertarung, dimana mengkombinasikan gerakan dari aliran bertarung yang berbeda dapat memberikan keunggulan bagi petarung. Filosofi ini terangkum dalam sebuah aliran yang dinamakan “Jeet Kune Do” oleh Bruce Lee. Bruce Lee juga berpendapat bahwa petarung yang baik mampu beradaptasi dengan gaya bertarung milik lawannya. Peran Bruce Lee sebagai pelopor konsep MMA diketahui oleh presiden UFC, Dana White, yang menyebut Bruce Lee sebagai “Bapak MMA.”

Gaya Bertarung Dalam MMA :

  1. Tinju : Tinju merupakan kemampuan yang banyak dimiliki oleh petarung MMA. Dalam MMA, posisi berdiri tinju diubah sedemikian rupa sehingga tangan petarung lebih dekat dengan batang tubuh. Perubahan ini berguna untuk melindungi diri dari “take down.
  2. Jiu-jitsU Brasil : Jiu-jitsu Brasil merupakan sistem bertarung yang mengedepankan kuncian dan cekikan untuk melumpuhkan lawan. Banyak petarung MMA mempelajari ini untuk mempersiapkan diri menghadapi pertarungan bawah. Kemampuan ini dapat berguna untuk melumpuhkan musuh ketika bergumul di matras, atau untuk membalikkan keadaan ketika punggung telah menyentuh matras.
  3. Gulat Gaya Bebas : Gulat gaya bebas (Freestyle wrestling) merupakan cabang beladiri yang berasal dari Inggris Raya. Pegulat diperbolehkan untuk menggunakan kaki mereka dan lawan mereka untuk menyerang atau bertahan. Pertandingan gulat gaya bebas diakhiri ketika pundak seorang pegulat telah menyentuh matras. Kemampuan gulat gaya bebas dapat berguna ketika seorang praktisi MMA ingin menjegal lawannya dengan memeluk kakinya. Kemampuan dalam beladiri ini juga dapat berguna ketika praktisi ingin mempertahankan diri dari bantingan yang serupa.
  4. Gulat Greko-Romawi : Gulat Greko-Romawi (Greco-Roman Wrestling) merupakan olahraga yang berasal dari Prancis yang telah dikenal sebagai olahraga Olimpiade pada tahun 1896. Tidak seperti gulat gaya bebas, gulat Greko-Romawi tidak memperbolehkan rangkulan di bawah pinggang. Alhasil, praktisi mengutamakan lemparan (throws) untuk menjatuhkan lawannya. Kemampuan gulat Greko-Romawi dapat berguna ketika tengah bergelut di pojok ring, atau untuk menjatuhkan lawan ke lantai.
  5. Jeet Kuno Do : Jeet Kune Do merupakan sistem bertarung yang dipelopori oleh Bruce Lee. Dalam filosofi Jeet Kune Do, praktisi didorong untuk menggunakan gaya bertarung apapun yang dapat digunakan untuk mengalahkan lawan.
  6. Judo : Judo pertama kali dikembangkan di Jepang, pada tahun 1882, oleh Kano Jigoro. Fokus utama bela diri ini adalah pergumulan dan lemparan (throws). Dalam MMA, judo dapat berguna ketika praktisi ingin menjatuhkan lawan, atau ketika ingin menyelesaikan sebuah pertarungan dengan kuncian ketika peluang telah tercipta.
  7. Karate Kyokushinkai : Ditemukan oleh Masutatsu Oyama pada tahun 1964, karate Kyokushinkai terfokus pada pertarungan realistis, ketangguhan fisik, dan pengembangan kemampuan melalui sparring. Petarung MMA dapat memperoleh keunggulan dengan memanfaatkan tendangan yang diajarkan dalam Karate Kyokushinkai.
  8. Muay Thai : Beladiri yang pertama kali dikembangkan di Thailand ini terfokus pada tehnik pukulan, tendangan, dan pergumulan (clinching). Di dalam Muay Thai, sikut dan dengkul juga dapat digunakan untuk menyerang lawan dalam jarak dekat. Hal ini sangat berguna bagi petarung ketika ingin menyerang lawan ketika tengah bergumul dalam sebuah clinch.
  9. Shansou/Sanda : Dikembangkan di Tiongkok oleh perwira militer, bela diri ini terfokus pada pertarungan jarak dekat. Kompetisi Sanshou dapat dimenangkan dengan menghilangkan kesadaran lawan (knock out), atau dengan mencetak poin. Di dalam MMA, teknik Sashou dapat dimanfaatkan untuk menjatuhkan lawan dan memposisikannya di dalam posisi yang kurang menguntungkan.
  10. Tae Kwon Do : Dalam Tae Kwon Do, pengembangan teknik terfokus pada tehnik tendangan. Praktisi beladiri ini memegang suatu kepercayaan dimana kaki merupakan anggota tubuh yang paling kuat, dengan jangkauan paling jauh, dan dapat mengurangi peluang musuh untuk menyerang balik. Banyak petarung MMA mempunyai latar belakang Tae Kwon Do.

Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov (bahasa Rusia: Хабиб Абдулманапович Нурмагомедов; AvarTemplat:Lang-av; lahir 20 oktober 1988) adalah seorang rusia yang berprofesi sebagai seniman bela diri campuran dari etnis Avar yang saat ini Juara UFC kelas Ringan. Nurmagomedov juga dua kali Juara Dunia Combat Sambo dan memegang sabuk hitam dalam Judo. Dia saat ini memegang rekor tak terkalahkan beruntun dalam sejarah MMA, dengan 27 kemenangan, dan merupakan yang orang Rusia pertama dan orang Muslim pertama yang memenangkan gelar UFC. Per 6 agustus  2018, dia adalah nomor #8 resmi pada Peringkat UFC pound-for-pound

Khabib Nurmagomedov lahir pada tanggal 20 September 1988 di desa Sildi di Kabupaten Tsumadinsky di Dagestan, Rusia, sebelum pindah ke ibukota negara Makhachkala di masa kecilnya, dan kemudian beranjak remaja ke Kiev, Ukraina, di mana ia berlatih Dobro. Dia adalah anak kedua dari tiga bersaudara, kakaknya bernama Magomed dan adik perempuannya bernama Amina. keluarga ayahnya telah pindah dari Sildi, Kabupaten Tsumadinsky ke Kirovaul, di mana sang ayah mengubah lantai dasar dari rumah dua lantainya menjadi ruang olahraga. Nurmagomedov dibesarkan dalam rumah tangga dengan saudara dan sepupunya. Minatnya dalam seni bela diri dimulai ketika menonton siswa pelatihan di ruang olahraga.

Ia mulai belajar gulat sejak usia dini: ia dimulai pada usia enam tahun di bawah asuhan ayahnya Abdulmanap Nurmagomedov. seorang atlet dan seorang veteran dari Tentara yang berjasa, ayahnya juga telah bergulat sejak usia dini, sebelum menjalani pelatihan di judo dan sambo di militer. Pada tahun 2001, keluarganya pindah ke Machachkala, di mana ia dilatih di gulat di usia 12 tahun, dan Judo dari usia 15 tahun. Dia mulai pelatihan di combat sambo lagi di 17 di bawah ayahnya. Abdulmanap saat ini pelatih senior untuk sambo tempur tim nasional di Republik Dagestan, melatih beberapa atlet sambo dan gulat di Makhachkala, Rusia. Nurmagomedov sering ikut dalam perkelahian jalanan di masa mudanya, sebelum memfokuskan perhatiannya pada seni bela diri campuran.

Khabib Nurmagomedov membuat debut profesional MMA pada bulan September 2008 dan dengan cepat membukukan empat kemenangan dalam satu bulan. Pada oktober 11, Nurmagomedov menjadi juara perdana turnamen Piala Atrium, setelah mengalahkan tiga lawan di Moskow. Selama tiga tahun berikutnya ia tak terkalahkan, mengalahkan 11 dari 12 lawan. Termasuk penyelesaian armbar ronde pertama penantang gelar Bellator masa depan bernama Shahbulat Shamhalaev, yang menandai debut perdana di M-1 Global . Pada tahun 2011, ia pergi untuk bersaing di promosi ProFC. Tahun itu saja dia berkompetisi di tujuh pertandingan, semua dimenangkan dengan TKO atau menyerah. Rekor 16-0 sempurna di regional Rusia dan Ukraina sudah cukup untuk mendapatkan panggilan dari UFC.[

Nurmagomedov menikah pada bulan juni 2013. Ia memiliki seorang putri dan seorang putra. Dia adalah penggemar klub sepakbola Anzhi Makhachkala dan Real Madrid serta tim nasional rusia.

Dia juga telah dilatih dengan SC Bazarganova di Kizilyurt, Dagestan (2012), Mamishev Fight Team  di Saint Petersburg (2012), Fight Spirit Team di Kolpino, St. Petersburg (2013), dan Tim KHK MMA  di Bahrain (2015). Pada tahun 2016, ia mendirikan tim sendiri, “Eagles MMA Team “, dengan Ziyavudin Magomedov. Petarung Lainnya di Eagles MMA Team termasuk Ali Bagautinov, Vitaly Minakov, Islam Makhachev, Vladimir Mineev, Sergey Pavlovich, Akhmed Aliev, dan Mikhail Mokhnatkin. Penganut Muslim Sunni yang taat, penampilan Nurmagomedov di game EA Sports UFC 2 menimbulkan kontroversi, karena karakternya melakukan selebrasi dengan membuat tanda salib Ortodoks (kanan ke kiri) pada setiap kemenangan. EA meminta maaf dan mengatakan bahwa mereka akan memperbaiki kesalahan.

Sumber :

  1. Esdifferrent
  2. UFC
  3. Wikipedia – Khabib Nurmagomedov
  4. Wikipedia – MMA

###

Baca artikel menarik lainnya di sini.

 

 

Advertisements

Author: Fahmi Ishfah

i am cool, tough, smart, kind and complex

6 thoughts on “Khabib ‘The Eagle’ Nurmagomedov : Undefeated!

  1. Iya mas. Apalagi waktu selesai pertandingan. Kerusuhan didalam dan diluar😁. Nampak siapa yang belum siap bertanding

  2. Wah aku ketinggal nonton..
    UFC lebih serung ketimbang MMA Indonesia ..🤗🤗

Apa komentarmu tentang postingan ini?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s