7 Pesan Untuk Blogger Pemula

Setiap memiliki sesuatu yang baru, sebagian besar respon orang adalah senang dan menikmatinya. Memiliki sepatu baru, seseorang bisa meloncat-loncat kegirangan. Mempunyai motor atau mobil baru, seseorang bisa terus tersenyum bahagia dan sangat telaten merawat kendaraan barunya itu. Kena debu sedikit, langsung dilap atau dicuci.

Mendapatkan pacar baru, seseorang bisa menjadi pujangga dadakan yang setiap hal yang dilalui bersama pacarnya bisa dijadikan sebagai inspirasi puisi. Atau misalnya saat seseorang baru saja menikah. Ia sangat senang dan sumringah. Malam pertama yang ia idamkan sejak dulu, sekarang ia bisa syukuri dan sesali. Ia syukuri karena akhirnya penantian panjang akan kehadiran pasangan halal kini usai. Ia sesali karena kenapa tidak dari dulu ia menikah. Sudah tahu nikmatnya memadu kasih, berduaan di kamar dan melakukan hal indah yang hanya bisa dimimpikan para jomblo itu adalah sesuatu yang sangat menggairahkan. Ibarat anak kecil yang kecil punya mainan baru, ia baru keluar kamar setelah 3 hari menikah dan menyalurkan hasratnya bersama pasangan halalnya. 🙂

Terbayang kan bagaimana hati ini sangat bergelora, punya ambisi tinggi dan penuh semangat saat mendapatkan sesuatu yang baru? Nah, hal ini juga yang sedikit banyak bisa menggambarkan ekspresi para blogger pemula saat ia memulai menulis di blognya. Mereka sangat enerjik dan semangat yang menggebu-gebu.

TAPI….

Ada hal yang menurutku banyak dilakukan para blogger tanpa mereka sadari. Sesuatu yang mungkin kamu anggap sepele, tetapi ternyata bagi orang lain itu hal besar. Jika kamu melakukannya, kamu bisa saja memberikan kesan pertama yang kurang baik bagi blogger lain yang sudah lama menulis dan berkecimpung di blog.

POS BLOG PERTAMA

Pertama, tentang pos blog pertama yang menjadi default dari WordPress saat seorang blogger mulai membuat akun untuk blognya.

“Ini adalah pos pertama Anda. Klik tautan Sunting untuk mengubah atau menghapusnya, atau mulai pos baru. Jika ingin, Anda dapat menggunakan pos ini untuk menjelaskan kepada pembaca mengenai alasan Anda memulai blog ini dan rencana Anda dengan blog ini. Jika Anda membutuhkan bantuan, bertanyalah kepada orang-orang yang ramah di forum dukungan.”

Saran aku sih, pos ini kamu hapus. Toh tidak ada fungsi dan kegunaan apa pun bagi dirimu. Sebagai pengingat? Hmm… kalau kamu memang membutuhkan hal seperti itu, silakan saja.

KHUSUS ATAU GADO-GADO

Kedua, tentang menentukan isi tulisan blog. Sebenarnya mau di bawa ke mana blogmu itu? Mau dibuat sebagai blog niche atau blog dengan tulisan yang fokus membahas tentang sesuatu. Atau kamu ingin menulis banyak hal. Para blogger menyebutnya blog gado-gado alias blog campuran yang berisi segala macam jenis tulisan.

Tentukanlah isi dari blogmu dengan memilih satu fokus tulisan atau topik tertentu, atau kamu lebih memilih untuk mengisi blogmu dengan tema yang beragam. Masing-masing mempunyai plus minusnya. Ada keunggulan dan kekurangannya.

Dengan memilih satu tema untuk blog misalnya blog makanan, kamu akan fokus terhadap hal tersebut. Semakin sering kamu menulis tentang makanan, kamu akan semakin dikenal sebagai blogger makanan atau sebutannya Food Blogger atau Culinary Lover.

Tetapi, lama kelamaan kamu akan bosan jika terus melakukannya KECUALI kamu memang hobi dan ahli di bidang tersebut dan kamu sering menulis. Artinya blog yang kamu buat harus tetap dipelihara dengan baik.

Jika blogmu memiliki beberapa fokus bahasan, maka keuntungan untuk pembacanya adalah mereka bisa memilih informasi apa yang mereka butuhkan dan tidak terpaku kepada satu bahasan. Kekurangannya adalah karena banyak hal yang disediakan di blog tersebut maka kamu juga punya tanggung jawab untuk mengisi konten-kontennya. Kamu butuh usaha dan pemikiran ekstra agar semua topik atau bahasan di blogmu selalu terupdate dengan tulisan-tulisan baru.

Dan aku memiliki keduanya. Untuk blog gado-gado aku muat di Ishfah Seven. Kamu bisa melihat ada beragam tulisan yang ada di blog ini. Kamu bisa melihat isi blog ini di header blog yang berisi menu-menu tulisan yang telah aku publish.

Sedangkan untuk blog yang khusus, aku memiliki blog Project Ishfah yang berisi latihan atau project tulisan sebagai sarana untuk melatihku agar bisa menulis yang lebih baik. Kalau kamu blogger pemula dan memiliki waktu luang, silakan berkunjung ke blog ini dan tantang dirimu untuk menuliskan post sesuai project yang diberikan.

ASAL MENULIS

Ketiga, blogger pemula biasanya asal menulis. Tidak memedulikan aturan umum penulisan yang berlaku. Menggunakan bahasa yang terlalu ‘tinggi’, terlalu akademis dan ingin terlihat lebih puitis. Lebih baik, sederhanakan bahasanya. Tujuan post-mu itu kan agar orang lain mudah memahami isinya bukan untuk pusing dengan kata beristilah yang hanya kamu yang mengetahuinya.

Kalau kamu gak mau ribet, kamu bisa baca tulisanku yang lebih lengkap dengan judul Ngeblog Yuk! Di sana kamu akan tahu apa yang aku maksud.

SITE ADDRESS

Keempat, blogger pemula terkadang salah menuliskan alamat blognya saat berkomentar di blog orang lain. Contoh sederhananya seperti ini, ada blog bernama syairbulane.wordpress.com tapi ia malah menuliskan blognya menjadi syairbulane.worldpress.com. Ketahuilah, blogmu itu tidak akan bisa dibuka oleh blogger yang kamu like atau komentari.

SITE TITLE

Kelima, saat memiliki blog baru, seorang blogger pemula terkadang sering gonta-ganti nama blognya. Contohnya adalah teman blogku yang bernama Mas Faisal. Ia awalnya memiliki URL blog faisalfahmimarpaung.wordpress.com lalu dia ubah menjadi faisalfm.wordpress.com. Saat ia like atau berkomentar di blogku dan aku akan membuka blognya, respon di browser adalah blog xxx doesn’t exist. Saran aku sih, kalau kamu mau mengganti nama, sebaiknya yang kamu ganti adalah Site Title bukan Site Address.

MEDIA SOSIAL

Keenam, media blog seperti WordPress merupakan media sosial tulisan tetapi jangan samakan caramu memperlakukannya seperti saat kamu main di Twitter, Instagram atau Facebook. Ketiga sosial media itu memiliki batasan banyaknya huruf dan panjang tulisan yang berbeda. Jadi, jangan posting blog yang isinya hanya pendek dan tak jelas. Kalau jelas dan ada manfaatnya sih, silakan saja. Atau hanya posting untuk menulis link orang lain tanpa memberikan penjelasan apa pun sebelumnya. Atau hanya memposting gambar dan tidak ada penjelasan apa-apa. Tiba-tiba ada satu gambar saja dan sudah seperti itu. Duh!

KONSISTEN MENULIS

Ketujuh, hambatan para blogger adalah konsistensi dalam menulis. Terkadang rasa malas selalu hinggap dan enggan untuk pergi. Solusinya adalah kamu harus tetap menulis. Luangkanlah waktumu untuk menulis sebuah postingan blog. Setidaknya minimal sebulan sekali kamu posting. Namun, alangkah lebih baik jika bisa lebih banyak menulis daripada itu.

Dengan konsisten menulis maka lambat laun blogmu akan “dikenal” oleh search engine seperti Google Search. Semakin sering menulis, semakin terbuka kemungkinan blogmu akan mudah dicari di search engine.

Untuk memudahkan “dicari” oleh search engine, kamu mesti memahami dasar dari SEO (Search Engine Optimization). Tetapi jangan salah kaprah atau trying so hard agar blogmu SEO friendly. Terkesan dipaksakan jika dalam satu postingan blog, kamu menulis kata-kata yang sama berulang-kali. It’s really annoying, brother!

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa konsisten menulis?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa membaca banyak sumber dari berbagai tulisan yang telah dibuat oleh para blogger.

Kalau kamu mau mengikuti caraku, berikut adalah cara agar konsisten menulis :

  1. Tanya dirimu, apa motivasi kamu menulis. Apakah hanya untuk buang waktu, killing time, memuntahkan kegalauan atau kekalutan pikiran atau justru kamu menulis agar bisa menyebar lebih banyak manfaat untuk orang lain.
  2. Jika jawabanmu adalah yang terakhir, maka secara tidak sadar ada dorongan dari dalam diri untuk selalu memiliki keinginan untuk menulis. Minimal one day, one post.
  3. Jangan asal publish post. Baca dulu minimal 2 hingga 3 kali. Pastikan tidak ada typo, tanda baca sudah benar dan aturan penulisan lainnya.
  4. Buatlah tantangan menulis untuk diri sendiri. Kamu bisa buka blog Project Ishfah jika sedang kehabisan ide mau nulis apa hari ini.
  5. Buat list tulisan yang akan kamu tulis selama seminggu atau sepuluh hari. Terserah kamu saja. Jadi, dari jauh-jauh hari kamu sudah tahu mau nulis apa hari ini, esok, dua hari kemudian dan seterusnya.
  6. Sering-seringlah membaca tulisan orang lain. Jangan batasi dirimu hanya membaca blog dalam negeri. Ada ribuan blog dari mancanegara yang bisa kamu pilih dan pilah sebagai bahan rujukan atau inspirasi
  7. Jangan terlalu memaksakan diri. Jika sedang bosan atau malas menulis maka beristirahatlah. Bisa sejam, dua jam atau sehari dan dua hari. It’s up to you. Tapi ingatlah bahwa kamu harus kembali menulis.

Untuk apa sih kamu nulis post ini? Sok tahu banget! Terserah gue dong mau nulis blog seperti yang gue mau. Ini blog punya gue, ya semau gue lah.

Mungkin itu pikiran yang terlintas di benakmu setelah membaca post ini. Jika kamu men-judge-ku seperti itu, silakan. Aku menulis ini sebagai reminder untukku dan para blogger, khususnya para blogger pemula yang baru ‘menetas’ dan sedang penasaran tentang ini dan itu mengenai dunia blogging.

Apa pun responmu, post ini berakhir di sini.

Ciao adios amigos permios.

Salam dari Ishfah Seven untuk semua blogger.

###

Temukan hobi yang lain di sini.

23 thoughts on “7 Pesan Untuk Blogger Pemula

  1. Dan,,,, plakkk.
    Tamparan keras untuk blogger pemula seperti aku. he he he
    Btw, di atas ada yang dinilai tuh. Boleh nggak ya om, blog saya yang kacau balau itu dinilai juga… Untuk membuka mata yang tertutup dari seorang pemula sepertiku.

    1. Haha… itu blog yang disebutkan karena kurang lebih pernah, sedang atau sering berinteraksi denganku dan kebetulan pas dengan materi atau isi tulisan yang dibahas. Jadi sebenarnya bukan maksud ingin menilai, karena siapalah saya ini, sama-sama masih banyak hal yang mesti dipelajari.

      Kalau pun Ito mau, aku menyebutnya sebagai POV Between Blooger atau sudut pandang (point of view) dari sesama blogger, bukan sebagai expert ya. 😁😁

      Ok, nanti aku kasih komentar ttg blog Ito di pos terbarunya.

                1. Itu kan tampilan di halaman depan blognya. Mbak tri tinggal setting di menu widget atau tampilan blog. Ubah ini itu sebaiknya di komputer atau laptop jangan di mobile apps nya.

                    1. Hehehe…makin mumet om…
                      Maklum belum ada 1 bulan belajar ngeblok..
                      Coba saya masuk pakai apps dulu..
                      Klo ada pertanyaan lagi nanti tolong di bantu ya om..
                      Biar bs dapet duit..hhhh

                    2. Niatinnya bukan untuk cari uang dulu, mbak. Kasih manfaat sebanyak mungkin.

                      Dan yg bener itu bukan ngeblok tapi ngeblog. Beda lho itu artinya

        1. Ya sudah lihat, Blog Mbak Tri terlalu ramai. Menampilkan pos yang sama di homepage hingga 2 kali. Saya tidak terlalu suka tampilan blognya.

          Banyak mencampurkan kata bahasa inggris dan indonesia yang tidak padu padan.

          Isi tulisan juga ada yang typo.

          Coba buat lebih simpel tapi tetap menarik

Comments are closed.