Bagaimana Cara Mencari Ide Untuk Menulis Blog

Apakah kamu tahu apa itu Content Writer? Secara sederhana, Content Writer adalah seseorang yang di-hire atau bisa juga disewa untuk membuat bahan tulisan untuk blog atau website perusahaan dan video untuk Youtube dan aplikasi sosial media lainnya. (Selengkapnya tentang Content Writer bisa kamu baca di sini).

Pertanyaan berikutnya adalah kenapa profesi Content Writer ini bisa ada dan hadir dalam dunia pekerjaan? Jawabannya karena ada demand (permintaan) dan kebutuhan. Siapa yang membutuhkannya? Ada banyak orang yang membutuhkannya seperti artis dan brand dari sebuah produk. Dan jika kamu menggunakan jasa ini, tentunya kamu akan mengeluarkan biaya yang sepadan dengan jasa yang diberikan.

Salah satu jasa penyedia konten adalah Penulis.id. Aku pertama kali mengetahui perusahaan ini dari video Raditya Dika. Dia bercerita bahwa dulu pernah join mengerjakan proyek bersama Penulis.id, tapi belakangan ini malah dia yang tertarik untuk ikut bergabung dengan perusahaan itu. (Kamu bisa mengeceknya di sini).

Pada post ini, aku tidak akan membahas lebih jauh tentang Content Writer tetapi memberikan tips dan saran Bagaimana Cara Mencari Ide Untuk Menulis Blog. Untuk apa menyewa jasa Content Writer jika kamu sendiri bisa menulis? Tidak perlu mengeluarkan uang, bahkan jika sudah ahli menulis, justru kamu yang akan menjadi Content Writer.

Saat kamu sedang kehillangan mood dan ide untuk menulis, sudah saatnya kamu mencari ide itu. Bicara tentang ide, kita tahu bahwa ide tidak bisa muncul dengan sendirinya atau kita temukan di sembarang tempat. Tapi benarkah seperti itu? Ternyata tidak. Sejatinya, ide itu muncul karena ada trigger-nya, ada pemicunya.

Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah tentang pemicu-pemicu agar ide bisa bermunculan saat kita butuhkan. Tahap pertama adalah kita perlu mencari ide dengan usaha sendiri. Tahap kedua, jika kamu sudah terbiasa mencari ide maka lambat laun hal itu akan menjadi kebiasaan dan secara sadar atau pun tidak maka kamu akan dengan mudah menemukan banyak ide. Ide itu seolah lampu terang yang muncul di depan dirimu. Kamu hanya perlu meraihnya.

Dan berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk melatih diri supaya ide menulis itu selalu ada saat kamu butuhkan :

  1. Baca Buku
  2. First Paragraf Novel
  3. Instruksi Dari Ahli
  4. Blogwalking
  5. WordPress Challenge
  6. Daily Post
  7. Nonton Film atau Televisi
  8. Dengarkan Musik
  9. Trending Topic
  10. Artikel How To

BACA BUKU

Untuk menjadi seorang penulis, kamu harus sering membaca, terutama buku. Meski kecanggihan teknologi dan portal berita online ada di mana-mana, buku tetap memiliki peranan penting dalam dunia tulis-menulis.

Bedanya buku dengan artikel atau tulisan di internet adalah buku memiliki kejelasan tentang isi buku. Dari sebuah buku, kita bisa tahu siapa penulisnya, siapa penerbitnya, dari mana sumber tulisan, dan sebagainya. Bahkan misalnya jika suatu saat ada masalah, kamu bisa mendatangi kantor penerbit buku untuk mengklarifikasi sesuatu.

Ada banyak buku yang bisa kamu baca. Mulailah membaca dari hal yang paling kamu sukai. Misalnya buku komik, novel remaja, majalah atau koran (kalau masih ada di sekitarmu). Intinya adalah menumbuhkan minat baca terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa dan suka membaca maka tahap berikutnya adalah mulai membaca buku yang membahas suatu topik tertentu.

Dengan membaca beragam buku, berarti telah mengisi ilmu dan wawasan untuk diri sendiri. Selain itu, tentunya dengan rajin membaca buku, peluang untuk mendapatkan ide menulis menjadi lebih besar karena saat kita menjadi seorang pembaca maka kita juga menjadi seorang pengamat yang sedang mengamati dan memperhatikan isi dari buku tersebut. Kita bisa lihat cara penulis menyampaikan tulisannya, gaya dia dalam menulis, sudut pandang apa yang dipakai, kekuatan dari tema yang seperti apa yang bisa menggugah ketertarikan orang agar mau membacanya dan sebagainya.

Entah kamu nantinya tidak jadi penulis sekali pun, menjadi seorang yang gemar membaca adalah suatu pencapaian yang tinggi karena tidak semua orang mau dan suka membaca. Buktinya bisa kamu lihat saat membaca blog orang lain (blogwalking) dan mendapati ada beberapa tulisan yang berantakan dan cenderung  mengabaikan aturan kepenulisan. Itu semua karena blogger jarang dan malas untuk membaca.

FIRST PARAGRAF NOVEL

Salah satu jenis buku yang paling aku sukai adalah novel. Novel berisi cerita, baik fiksi atau non-fiksi yang bisa membawa pembacanya larut ke dalam jalan cerita dan sejenak melupakan keseharian yang penat dan melelahkan.

Aku telah membaca banyak novel. Apa saja ya? Coba kuingat-ingat dulu.

Ah, ada banyak sih. Banyak yang aku lupa. Yang kuingat aku pernah membaca novel Kang Abik (Ayat-ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih, Dalam Mihrab Cinta dan Bumi Cinta), novel seri Supernova karya Dewi ‘Dee’ Lestari, novel seri dari Andrea Hirata (Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov), A Thousand Splendid Sun karya Khaled Hossein, novel Me Before You karya Jojo Moyes, novel Dilan karya Pidi Baiq dan novel-novel teenlit (yang aku lupa judulnya).

Berkaitan dengan post ini, novel yang telah kamu baca bisa dijadikan sebagai bahan atau ide untuk menulis. Masalah terberat dari menulis adalah memulai. Oleh karena itu, cobalah ambil sebuah kalimat pertama atau paragraf dari novel yang telah kamu baca, lalu coba ubah tulisannya dengan cara dan gaya menulismu.

Contoh adalah paragraf pertama di bab novel Me Before You, seperti dalam gambar di bawah ini :

Aku menjadikannya sebagai ide untuk tulisanku yang berjudul MSM 7 – Aku Janji, isinya seperti gambar di bawah ini :

Kamu bisa membaca post itu di sini.

INSTRUKSI DARI AHLI

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti instruksi dari ahli. Dari mana itu? Dari buku. Contohnya dari buku Menulispedia karya Bambang Trim. Dalam buku itu dibahas banyak hal tentang tulis-menulis dan kamu bisa mengikuti beragam instruksinya untuk melatih diri agar pandai menulis.

Salah satunya adalah instruksi untuk menulis sebuah cerita menggunakan tabel pancaindera. Kamu dapat menggunakan organisasi bahan tulisan berdasarkan pancaindra jika hendak menuliskan deskripsi tentang lezatnya sebuah makanan, enaknya makan di sebuah restoran, indahnya pemandangan di sebuah pantai, mencekamnya suasana saat terjadi ledakan, mengerikannya pembantaian sebuah keluarga, bahkan termasuk iklan produk. (Menulispedia, hal 100).

Untuk hal ini aku sudah membuat post di Project Ishfah yang berjudul PI046 – Tergoda Sambal Setan. Kamu bisa mampir dan membacanya di sini.

BLOGWALKING

To put it simple, blogwalking adalah kegiatan membaca blog orang lain untuk mendapatkan informasi yang diberikan pada sebuah post. Si pembaca bisa memutuskan untuk memberikan like dan komentar dari post yang telah ia baca.

Apakah blogwalking berguna? Seperti yang diulas di atas bahwa seorang penulis itu harus rajin membaca dan salah satu bahan bacaan adalah blog dari blogger lain. Ada jutaan blog yang beredar di internet dengan beragam post yang bisa kamu baca. Dari sekian banyak tulisan itu kamu bisa saja menemukan sebuah ide untuk tulsianmu selanjutnya.

WORDPRESS CHALLENGE

WordPress sebagai wadah bagi semua blogger yang memiliki akun di dalamnya, juga menyediakan petunjuk atau guidance bagi para blogger. Dari pihak WordPress sadar bahwa tidak semua orang memiliki keinginan dan bakat menulis. Oleh karena itu disediakan petunjuk untuk para blogger yang berencana untuk konsisten menulis dan ingin mengembangkan blognya menjadi lebih baik lagi.

Kamu bisa mengecek beberapa link di bawah ini :

  1. WordPress Challenge Instruction
  2. WordPress Disover Challenge
  3. WordPress Blogging University

Aku pun turut serta dalam memenuhi challenge atau tantangan dari pihak WordPress. Salah satunya adalah post dalam Project Ishfah yang berjudul PI039 – Nanti. Kamu bisa mengeceknya di sini.

DAILY POST

Ibarat pedang yang perlu diasah agar tetap tajam, otak pun sama. Otak meski dipakai terus untuk berpikir agar tidak karatan. Salah satu cara agar otak tetap bekerja adalah dengan berpikir dan di antara latihan berpikir adalah dengan menulis.

Jika kita bisa menatang diri sendiri untuk bisa menulis setiap hari maka itu sangat dianjurkan. Kalau kamu bingung harus menulis apa atau mencari tema apa yang menarik, tulislah sesuatu yang kamu benar-benar sukai. Kamu suka memasak, tulislah informasi tentang masak. Kamu bisa merangkai kata-kata indah dan puitis, tulislah sebuah puisi. Atau kamu seorang pebisnis, tulislah tips dan pengalamanmu sebagai pebisnis agar orang yang membacanya nanti bisa mendapatkan manfaatnya. Atau kamu juga bisa menuliskan curahan hatimu tentang apa saja yang sudah kamu alami hari ini.

Jangan terlalu berfokus kepada respon atau animo pembaca yang akan berantusias membaca karyamu tersebut. Abaikan juga perasaan takut salah dalam menulis. Yang utama adalah kamu harus tetap menulis.

Kalau kamu sudah terbiasa menulis, maka mulailah belajar menulis yang benar. Memperhatikan tata bahasa dan memilih kata-kata yang tepat merupakan hal wajib yang mesti dipelajari oleh seorang penulis.

Kesimpulannya adalah tumbuhkanlah kemauan untuk menulis terlebih dahulu. Kemudian asah dan latihlah kemampuanmu itu dengan belajar ilmu menulis. Kamu bisa belajar otodidak dari buku dan panduan dari internet, mengikuti pelatihan dari para penulis atau bergabung di komunitas penulis.

Salah satu cara agar kamu bisa konsisten menulis adalah dengan mengikuti challenge daily post dari WordPress. Kamu bisa menelusurinya di sini.

NONTON FILM ATAU TELEVISI

Kalau kamu menulis untuk pembaca populer, tontonlah apa yang sedang populer di layar lebar atau layar televisi. Pikirkan topik bergenre sama sebagai film atau acara populer yang seperti itu.

Atau setelah menonton film, kamu bisa menulis review dari film itu. Kamu bisa menceritakan bagaimana jalan ceritanya, siapa saja pemerannya, filmnya bergenre apa dan sebagainya.

Aku juga suka membuat review film, salah satunya adalah La La Land yang sudah aku bahas dalam posting dengan judul yang sama. Kamu bisa membacanya di sini.

DENGARKAN MUSIK

Dengan mendengar musik seperti lagu favorit yang biasa kamu play setiap hari,  sedikit banyak itu bisa menumbuhkan ide untuk menulis. Kamu bisa saja membaca suatu lirik lagu lalu menuliskan cerita berdasarkan lagu itu. Atau kamu bisa membahas tentang latar belakang dibuatnya lagu tersebut. Kamu juga bisa membahas secara teknis tentang nada, not balok, kunci gitar dan sebagainya (jika kamu memang mengerti tentang dunia musik).

Salah satu post yang pernah aku buat adalah post Ishfah Seven dengan judul Lebih Bahagia. Post ini terinspirasi dari lagu milik Ed Sheeran yang berjudul Happier. Aku membuat cerita berdasarkan lirik-lirik lagu yang ada dalam lagu itu.

Silakan berkunjung ke sini jika mau tahu tentang post itu.

TRENDING TOPIC

Cara berikutnya untuk mencari ide menulis adalah kita harus mengetahui berita atau kejadian apa yang sedang tren atau viral di dunia nyata dan maya. Kamu bisa dengan mudah mencari tahu dari portal berita online atau dari aplikasi sosial media. Salah satunya seperti Twitter. Di Twitter kamu bisa melihat hal apa yang sedang banyak diperbincangkan banyak orang dalam Trending Topic Twitter.

Aku pun menggunakan kesempatan ini untuk menulis. Seperti contoh trending topic di bawah ini :

Ini adalah Trending Topic Twitter yang terjadi pada tanggal 14 Maret 2017. Aku sudah memposting hal ini di Project Ishfah dengan judul PI020 – Kembali Berkaos Biru. Jika penasaran dengan isinya, kamu bisa blogwalking ke sini.

ARTIKEL HOW TO

Untuk mencari ide menulis, cara lainnya adalah dengan menulliskan tips atau how to. Kamu bisa menulis berbagai macam arahan, petunjuk atau bagaimana cara membuat sesuatu. Contohnya adalah post yang sekarang kamu baca.

Untuk post lainnya, bisa dicek di page Daily Post – B. Klik ini untuk ke page tersebut.

Demikian post tentang Bagaimana Cara Mencari Ide Untuk Menulis Blog. Semoga ada manfaat yang bisa kamu ambil setelah membaca post ini. Atau jika belum puas, kamu bisa mencari tahu tentang hal ini di internet.

Salam!

###

Cek pos lainnya di sini.

Advertisement

18 thoughts on “Bagaimana Cara Mencari Ide Untuk Menulis Blog

  1. Informasi yang menarik, Mas. Saya tertarik untuk mencoba mencari ide menulis melalui WordPress Challenge (karena baru pertama kali tahu WordPress Challenge)

    1. Sama2. Mudah2an bisa dicoba ya.

      Oya, ni alamat blog yg terlihat adalah aielaayuningsih.wordpress.com

      Tapi ternyata gak bisa dibuka. Karena ayu ganti alamat websitenya.

      Saran aku sih diedit lagi. Coba baca post aku yg judul 7 Pesan Untuk Blogger Pemula

            1. Nah, sekarang baru bisa dibuka lagi blognya. Jadi gak perlu email, ayu.

              Kalau mau ganti, sebaiknya ganti Site Title aja bukan Site Adrress.

              Karena udah bisa dibuka, nanti a mampir lagi ke blognya Ayu.

              Semangat

Comments are closed.