Orang Ketiga

Apa resiko bagi sebuah hubungan kalau ada orang ketiga masuk ke dalamnya? Yang berbahaya bagi sebuah hubungan itu bukan orang ketiga yang diketahui atau dikenal melainkan orang ketiga yang tidak terduga.

Tidak terduga itu begini, tersebutlah ada sepasang kekasih yang hubungannya baik. Kemudian ada orang lain yang jauh lebih baik dari salah satunya (misal ada lelaki yang jauh lebih baik dari suaminya atau ada perempuan yang lebih baik dari istrinya).

Misal seorang wanita mencintai seorang lelaki. Kalau masih baru, cinta itu disebut sebagai sebuah kejadian. Cinta itu ada dua lho. Yang pertama Cinta Kejadian, yaitu tahu-tahu terjadi saling mencintai. Tapi setelah beberapa waktu, cinta itu membiasa, debarannya hilang, kegilaannya hilang, kangennya hilang, dan gampang putus. Perkara lupa nutup resleting backpack saja minta putus. Nanti setelah ditutup resleting baru nyambung lagi. Hehe… 🙂

Ini adalah cinta yang sudah hilang debarannya. Dan paling lama biasanya enam bulan. Misalnya cinta yang terjadi antara wanita dan laki-laki kemudian ada lelaki lain yang masuk ke dalam hubungan itu sebagai orang ketiga.

Kenapa ini berbahaya? Karena Cinta Kejadian itu membiasa -dari bergairah, bersemangat, menggebu-gebu lalu berubah menjadi flat, datar-datar saja dan jadi biasa, bukan menjadi sesuatu yang spesial lagi- maka akan menimbulkan Cinta Pilihan. Yaitu cinta yang ada dan dipilih karena ada orang ketiga yang lebih baik daripada pasangannya. Karena pada saat Cinta Kejadian, sifat dari pasangan itu tidak terlihat. Tetapi ketika cinta itu membiasa maka orang ketiga yang lebih baik akan terlihat. Itulah yang saya sebut sebagai Cinta Pilihan. Apakah itu juga disebut selingkuh? Ya.

Kalau seseorang tidak merawat cintanya, tidak tegas, mengabaikan, tidak mengerti kode dari pasangan maka saat ada orang ketiga yang lebih baik menurutnya, ia bisa memilih orang itu sebagai selingkuhannya. Jadi, orang ketiga itu berbahaya kalau jadi Cinta Pilihan dan bukan Cinta Kejadian.

Terus kalau begitu, tidak ada kesetiaan dong kalau semuanya adalah cinta pilihan? Nanti dulu. Kalau seseorang sungguh-sungguh mencintai pasangannya maka cintanya akan dipelihara, saling menghormati, saling mempercayai, saling setia dan berkomunikasi.

Kalau tidak ada semuanya, maka siapa pun (misal namanya Arai) yang bisa berkomunikasi dengan baik, bisa menghormati, bisa saling percaya dan setia kepada seseorang (misal namanya Marini), maka Arai akan merebut Marini dari pasangannya (misal namanya Diaz). Karena dari sudut pandang Marini, Arai itu lebih baik daripada Diaz.

Ibarat kata pepatah orang Jawa yang mengatakan, “Sebelum Janur Kuning Melengkung, “ yang berarti sebelum ada undangan pernikahan maka seseorang masih layak diperjuangkan untuk dijadikan pasangan masa depan (untuk kehidupan suami istri kelak).

Ada juga pepatah orang Barat yang mengatakan, “All is fair in love and war,” yang berarti semua itu wajar atau boleh dilakukan demi memperjuangakan cinta dan untuk memenangkan peperangan.

Berhati-hatilah dalam menggantung sebuah hubungan antara laki-laki dan wanita. Banyak laki-laki yang bilang, “Tunggu aku hingga aku sukses. Tunggu sampai aku bisa nabung.” Hati-hati loh yah. Karena seharusnya kamu membangun kehidupan itu secara bersama-sama dari bawah. Istilahnya sama-sama mulai dari nol.

Kan wanita yang baik itu mau sama-sama membangun kehidupan dengan lelakinya itu mulai dari bawah, saat miskin dan kekurangan hingga menjadi kaya dan berkecukupan. Wanita itu tidak hanya mau menunggu laki-laki yang sudah di atas (mapan/kaya). Tetapi wanita yang tidak baik yang hanya mau menunggu lelaki yang sudah sukses. Ini yang disebut sebagai wanita matre.

Jadi, orang ketiga itu diadakan oleh Tuhan untuk membuat orang saling menghormati antara satu sama lain (dengan pasangannya). Karena kalau tidak, selalu ada pilihan yang lebih baik.

Kata-kata terakhirnya adalah memang tidak ada orang yang sempurna. Yang wanita ada yang tidak sempurna, yang laki-laki juga tak ada yang sempurna. Itu tidak masalah selama kalian merasa dan berusaha sempurna bagi satu sama lain. Agar tidak ada orang ketiga yang masuk ke dalam hubunganmu maka kamu harus saling menghormati, saling mempercayai, saling setia dan berkomunikasi yang baik dengan pasangan.

###

(SUMBER : Channel Youtube – Mario Teguh)

Perlu motivasi lainnya? Klik di sini

2 thoughts on “Orang Ketiga

Comments are closed.