Lagi Rapuh, Baru Putus

“Sekarang aku lagi rapuh, baru saja putus dari kekasih. Aku mesti bagaimana?”

Kita tertawa kalau mendengar ada orang yang mengatakan hal ini. Kita juga tertawa kalau dulu pernah ada dalam kondisi seperti itu. Tapi pada waktu seseorang sedang galau-galaunya, bagi dia itu tidak lucu.

Ada satu istilah untuk hati, yaitu tender. Tender itu lunak. Tender Heart memiliki dua arti. Pertama, orang itu memang penyayang dan lembut kepada orang lain. Tetapi, arti kedua adalah orang yang sedang lunak atau rapuh. Tak mau disentuh karena sakit. Sedang memar.

Setiap orang misal anak muda itu akan mengalami patah hati yang tidak hanya satu kali. Bahkan bisa berulang-kali. Meskipun orang hebat, dia juga pasti akan merasakan patah hati untuk menemukan cintanya yang berkelas. Jadi nasihat kepada orang yang sedang rapuh adalah biarkan atau diamkan dulu hatimu. Jangan buru-buru setelah patah hati kemudian langsung jatuh cinta lagi. Berilah waktu untuk hatimu agar pulih dulu, kemudian mulailah mencari tambatan hati yang baru.

Misal ada satu wanita baik. Dia mempunyai kekasih yang tidak baik. Si laki-laki itu pun pergi meninggalkannya. Meskipun si wanita ini baik, tetapi pada saat itu kelasnya dia sedang sama dengan si laki-laki. Kan si wanita ini belum move on, move away dan move up. Sehingga kalau dia segera mengganti maka si penggantinya masih sekelas dengan mantannya.

Move away artinya pergi menjauh dari kebiasaan yang mengingatkan dia kepada si mantan. Mengingatnya itu hanya tentang hal-hal enak dan baik yang dilakukannya dengan si mantan. Saat dia merasa saya merasa penting dan satu-satunya wanita untuknya.

Saat move away, si wanita bergaul dengan orang lain lalu nanti ia bisa melihat bahwa dulu bukan hanya kebaikan yang terjadi dengan mantannya itu tetapi ada juga banyak perendahan, perlakuan tidak baik dan pengabaian terhadap si wanita. Bahkan mungkin kekurangjaran yang terjadi. Setelah wanita itu move on lalu move away, maka dia sudah naik kelas (move up). Jadi nanti dia bisa jatuh cinta dengan orang yang kelasnya lebih baik daripada si mantannya dulu.

Tak apa-apa kalau kamu sakit dan patah hati sekarang. Percayalah di sana ada pelajaran bagimu. Kelakuan burukmu, tinggalkan. Kelakuan baikmu, tingkatkan. Berilah waktu untuk hatimu agar pulih dulu, kemudian mulailah mencari tambatan hati yang baru.

###

(SUMBER : Channel Youtube – Mario Teguh)

Perlu motivasi lainnya? Klik di sini

13 thoughts on “Lagi Rapuh, Baru Putus

Comments are closed.