7 Manfaat Membaca

Pada pos berjudul 7 Manfaat Menulis Yang Belum Kamu Ketahui, kita mengenal Si Upeng Baek dan Kece, yang merupakan manfaat-manfaat dari menulis. Sekarang, mari kita bahas hal lainnya yaitu tentang manfaat dari membaca.

Pertama dan yang utama adalah dengan membaca, kita bisa mendapatkan informasi sebanyak-sebanyaknya dan dari mana saja. Buku, novel, majalah, koran, selebaran, portal berita, blog, web, pengumuman dan sebagainya. Langkah berikutnya adalah menyaring informasi tersebut. Kita mesti memilih dan memilah mana informasi yang baik dan pantas untuk disebarkan dan mana berita buruk yang lebih bijak disimpan, dihapus dan tidak disebarkan kepada orang lain. Alangkah lebih baik lagi jika kita bisa melakukan tabayyun tentang informasi tersebut.

Kedua, dalam bidang akademis kegiatan membaca merupakan hal yang vital dan penting untuk dilakukan. Kalau kamu tidak rajin membaca mata pelajaran yang sedang kamu pelajari maka kamu bisa tertinggal informasi dari teman-temanmu yang lain. Selain itu, saat guru sedang menerangkan suatu pelajaran maka kamu bisa nyambung atau connect dengan penjelasan yang ia paparkan. Kamu juga bisa lancar menjawab soal-soal ujian karena telah menyiapkan bekal sebelumnya yaitu dengan membaca dan memahami pelajaran yang diujiankan.

Ketiga, dengan membaca kamu akan sadar bahwa begitu banyak orang lain di luar sana yang memiliki kemampuan luar biasa hebat di atasmu. Dengan buku-bukunya, para penulis menuangkan banyak informasi, tips, kenangan, hikmah, pelajaran dan sebagainya. Apa yang ditulis oleh penulis buku memberimu keuntungan tidak perlu mengalami hal itu karena setelah kamu membacanya kamu menjadi tahu. Misal dalam sebuah buku, penulis bercerita betapa sangat buruk dan tidak ada manfaatnya sama sekali kalau kamu mengkonsumsi narkoba. Dia menceritakan dengan detil dampak-dampak apa saja yang bisa terjadi kepada tubuhmu jika kamu melakukannya.

Keempat, kebalikan dari contoh terakhir yang ketiga adalah kamu bisa termotivasi untuk melakukan hal-hal yang telah penulis lakukan. Misal dalam bukunya penulis mengisahkan cerita dan pengalaman dia sukses berdagang Jagung Susu Keju di pinggir jalan hingga memiliki kios dan cabang di berbagai penjuru kota. Kamu bisa mengikuti jejaknya untuk menjual produk yang sama atau produk lain yang berbeda.

Kelima, kamu bisa pergi dari rumahmu dan mencoba melakukan hal-hal baru semisal traveling setelah membaca kisah-kisah seru para petualang. Bahkan para petualang di zaman dulu pun pergi ke luar rumah hingga lintas negara dan benua karena terinspirasi dari para petualang sebelumnya.

Keenam, dengan membaca kita bisa mempelajari sejarah suatu hal dari masa lalu. Dengan mempelajarinya kita bisa mengambil banyak pelajaran di masa kini dan mendatang. Hal-hal yang baik dari masa lalu bisa kita teruskan sedangkan hal-hal buruk kita hentikan.

Ketujuh, kalau kamu suka menulis, kamu juga akan suka baca. Kenapa? Karena saat penulis membutuhkan bahan tulisan, ia akan mencarinya dari berbagai macam sumber seperti buku, internet, jurnal, artikel, manuskrip, dan lain sebagainya. Banyak membaca buku termasuk ke dalam syarat seorang penulis. Apalagi untuk penulis non-fiksi yang membutuhkan data yang valid dan akurat. Ia memerlukan sumber bacaan yang terpercaya agar karya tulisnya bisa berbobot dan tidak terkesan mengada-ngada.

Dengan membaca karya orang lain, seorang penulis bisa belajar cara penulisan, pola pikir dan ide yang telah dihasilkan oleh si penulis buku. Jadi, ibarat sebuah peribahasa yang mengatakan Sambil Menyelam Minum Air, seseorang yang hobi menulis, ia juga pasti hobi membaca.

Menurutku, setiap orang minimal harus memiliki satu hobi. Karena disadari atau tidak, hobi bisa membawamu kepada dunia lain. Yup, benar sekali. Saat seseorang fokus kepada hobinya, semua masalah yang sedang ia hadapi seolah-olah hilang dan tidak terus-menerus menempel di dirinya. Menjadi lupa karena alasan ini, aku rasa penting dan menjadi kebutuhan setiap orang. Tentunya, sebagai orang yang sudah dewasa, kita memiliki batasan dan rambu-rambu yang harus kita patuhi seperti kewajiban menunaikan ibadah setiap hari yang tidak boleh dilupakan.

Demikian manfaat membaca yang bisa aku tuturkan. Aku yakin kamu mengetahui manfaat lain dari membaca. Kalau ada waktu luang, berbagilah denganku di sini tentang manfaat-manfaat membaca.

Nah. sekarang apakah kamu sudah mengetahui hobi apa yang cocok untukmu? Atau hobi tersebut sudah lama kamu tekuni sejak kecil?

###

Temukan hobi yang lain di sini.

2 thoughts on “7 Manfaat Membaca

  1. Tulisan yang menarik, Kak.
    Saya sendiri adalah orang yang gemar membaca. Saya sangat menikmati aktivitas menyendiri sambil membaca teks, entah buku fisik atau ebook. Akhir-akhir ini saya menikmati e-book. Salah satu keuntungan yang saya alami adalah efek meditatif yang bisa ditimbulkan oleh aktivitas membaca. Kadang, ketika saya pulang kerja dan sangat lelah, saya mengambil waktu untuk menyendiri dan membaca. CUkup efektif untuk memberi efek slow down dan tenang.

Comments are closed.