7 Kebiasaan Buruk Yang Mesti Dihentikan

Bicara tentang gaya hidup maka tidak lepas dari kebiasaan yang dilakukan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Ada kebiasaan yang baik dan buruk. Pada pos ini mari kita bahas tentang 7 Kebiasaan Buruk Yang Mesti Dihentikan.

Pertama adalah menunda-nunda mengerjakan ibadah. Pilar utama dari ibadah seorang muslim adalah shalat. Sebagai seorang muslim, menunda untuk mengerjakan shalat sudah dilarang apalagi sengaja meninggalkannya. Jadi, segeralah berwudhu bahkan sebelum waktu shalat tiba dan bagi laki-laki muslim pergilah ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah 5 waktu. Ada banyak pembahasan tentang shalat, kalau kamu mau tahu bisa cek di sini.

Kedua yaitu mematikan alarm lalu tidur kembali. Padahal tujuan utama diatur jam alarm adalah sebagai pengingat waktu. Biasanya dan yang paling umum adalah untuk pengingat waktu bangun tidur. Aku pernah pasang alarm jam 06.15 untuk siap-siap berangkat kerja. Sekitar jam 5 setelah shalat shubuh aku memutuskan untuk tidur karena malamnya aku tidur agak larut. Aku ingat saat alarm berbunyi dan aku bangun. Aku matikan alarm dan kembali memeluk bantal dan guling. Dalam pikiranku, “Ah, tunggu 5 menit lagi untuk bangun, gak apa-apa deh.” Ternyata aku kebablasan. Aku terbangun jam 7 lebih dan terkaget-kaget saat melihat jam. Aku langsung berdiri, bergegas ke kamar mandi, ganti baju, pergi ke kantor tanpa sarapan. Masuk kantor telat, dimarahi atasan, pekerjaan jadi berantakan, dan kesialan-kesialan lain yang muncul akibat mood sudah kacau gara-gara telat bangun. Kamu pernah mengalaminya?

Ketiga, jangan membeli barang-barang yang tidak kamu perlukan padahal kamu sendiri masih memiliki beban untuk membayar utang. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Pendapatan setiap bulan dan pengeluarannya pun berbeda. Saat keduanya tidak seimbang, jalan keluar yang umum dilakukan adalah dengan meminjam uang. Nah, ini kamu sudah punya utang tetapi malah membeli barang yang bahkan kamu sendiri tidak terlalu membutuhkannya. Kamu membelinya hanya berdasarkan alasan barangnya lucu, unik, langka, bisa difoto dan dipamerkan di Instagram dan alasan lainnya. Oh, kebiasaan satu ini memang penyakit. Jauhkanlah dirimu dari jerat konsumerisme, Kawan.

Keempat adalah malas mandi tertuama saat hari libur tiba. Padahal efek besar dari mandi selain membersihkan badan adalah membuat tubuh menjadi segar untuk beraktifitas kembali. Saat kamu malas mandi maka bisa diprediksikan kegiatan selanjutnya yang kamu lakukan tidak jauh dari hal-hal bermalas-malasan.

Kelima adalah terbiasa berbicara kasar, kotor, dan menyakiti orang lain. Pernah berpikir gak kenapa lidah ini posisinya di dalam mulut? Lidah dikurung oleh rahang, dibatasi oleh gigi dan terakhir oleh mulut. Ada tiga lapis pelindung dari lidah. Hikmahnya adalah lidah ibarat hewan buas. Pernah dengar istilah, Mulutmu Harimaumu? Itu merupakan kiasan dari perkataan seseorang bisa melukai orang lain sebagaimana gigitan harimau yang memakan dan mencabik-cabik mangsanya. Kalau kamu bisa menjinakkannya dan selalu melatihnya maka apapun yang keluar dari lidah adalah ucapan atau perkataan yang baik, santun dan penuh manfaat. Tentu saja hal ini tidak mudah. Menjinakkan harimau saja susah, pun dengan lidah. Butuh kesabaran dan kesadaran tinggi untuk melatihnaya.

Keenam adalah merokok. Berhentilah merokok. Aku yakin kamu pasti sudah tahu bahaya apa saja yang terkandung di dalam rokok. Dalam bungkusnya saja sudah dijelaskan. Ada juga larangannya dan peringatan yang berbunyi, “Rokok membunuhmu.” Tapi kalau tahu seperti itu kenapa rokok tetap beredar dan dijual bebas di negara kita? Sungguh ironi memang berkaitan dengan masalah yang satu ini. Di satu sisi penghasilan dari rokok memberikan keuntungan bagi pemerintah. Di sisi lain bahwa kesehatan masyarakatnya yang dipertaruhkan. Hal yang paling sederhana dan mudah bagi kamu yang perokok aktif adalah jangan merokok di depan orang lain yang tidak aktif merokok. Perokok aktif mesti mencari tempat untuk merokok di luar jangkauan para perokok pasif. Kalau hal sesimpel ini saja kamu tidak mau melakukan maka suatu hari nanti kamu akan berada di sebuah kondisi di mana kamu tidak bisa berbuat apa-apa dan kamu tidak menyukai hal yang dilakukan oleh orang lain tepat di depan matamu. Kamu hanya akan diam padahal hati dan tubuh tidak betah berada di antara orang-orang itu. Kondisinya bisa berbeda-beda. Coba sekarang gunakan imajinasimu dan renungkan hal ini. Kalau membayangkannya saja kamu tidak bisa, aku rasa tak ada nasihat yang cocok untuk perokok bebal dan bandel sepertimu. Semoga ke depannya pemerintah bisa lebih bijak mengatasi masalah ini.  Masalah rokok itu ibarat kamu masih memelihara hubungan dengan pacar yang kurang ajar dan memiliki pengaruh buruk dari hidup. Kamu tahu bahwa kamu tidak menyukainya tetapi di sisi lain kamu enggan untuk meninggalkannya. Ada guilty pleasure di dalamnya. Ada sebuah perasaan menyenangkan saat melakukannya padahal itu salah.

Ketujuh adalah menyebarkan berita alakadar, tidak matang dan samar-samar ke media sosial tanpa melakukan proses tabayyun terlebih dahulu. Ini sih parah banget. Ibarat kamu memberikan air mineral dalam botol kepada orang lain sementara kamu tidak tahu bahwa air tersebut telah terkontaminasi oleh racun. Apa dampaknya? Kamu bisa membunuh orang tanpa sepengetahuanmu. Cek info lebih lengkap tentang tabayyun di sini.

Demikian pembahasan singkat tentang 7 Kebiasaan Buruk Yang Mesti Dihentikan. Masih ada kebiasaan buruk lainnya dalam kehidupan. Setiap orang bisa saja memiliki kebiasaan buruk yang sama dengan orang lain, ataupun sebaliknya.

Kalau kebiasaan burukmu apa? Apakah kamu sudah bisa menghentikannya?

###

Kenali Gaya Hidup lainnya di sini.

2 thoughts on “7 Kebiasaan Buruk Yang Mesti Dihentikan

  1. Jadi inget buku the 7 habits of highly effective people yg belum selesai kubaca. 🙂
    Kalau ini 7 habbits yang kebalikannya ya. Kebiasaan yg negatif, mudah2an kita bisa meninggalkannya.

Comments are closed.