Ide Membuat Komunitas Bloger Baru

Sudah lama bermain di Wordpess tetapi aku belum mengikuti satu komunitas bloger manapun. Alasannya ada dua. Pertama, aku tidak begitu banyak tahu komunitas-komunitas seperti itu. Boleh dibilang kuper (kurang pergaulan) lah. Yang aku tahu dari dulu hanya satu yaitu Forum Lingkar Pena. Itu pun saat aku mau mendaftar jadi anggota, ditolak. Alasannya sudah penuh di regional kota yang aku tinggali. Padahal aku ada di Jakarta. Kukira slotnya bisa lebih banyak.

Kedua, saat keinginan untuk mengikuti komunitas ternyata ada begitu banyak syarat dan ketentuannya. Contohnya sebagai berikut :

  1. Berdomisili di wilayah tertentu. (Misal di Jakarta)
  2. Blog menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
  3. Like dan Share Fanpage Facebook
  4. Follow Twitter dan Instagram komunitas
  5. Memasang logo komunitas di widget blog masing-masing.
  6. Diwajibkan membuat konten dengan tema yang ditentukan pada platform komunitas setiap bulannya minimal 1 artikel.
  7. Bersedia mengikuti event yang diadakan oleh komunitas
  8. Menjaga nama baik komunitas.

Dan ada banyak hak dan kewajiban lainnya yang lebih kompleks daripada syarat pendaftaran anggota seperti di atas. Menurutku itu agak ribet. Jadi overall, hingga saat ini aku belum bergabung di komunitas bloger manapun.

Tapi sebagian dari diriku mengatakan hal lain bahwa mengikuti sebuah komunitas itu memang diperlukan agar bisa memperluas jaringan pertemanan, membuka peluang bisnis, menjemput rezeki dan sebagainya.

Hingga satu hari, aku membaca pos dari blog MasHP yang berjudul Harapanku Untuk Dunia Blogging. Intinya dia resah dengan keadaan para bloger saat ini dan meskipun dia mengikuti komunitas tetapi komunitasnya udah lama tidak aktif.

Tiga tahun yang lalu, aku masih merasakan teman-teman blogger masih antusias , saling berkunjung, saling like dan komentar. Tetapi sekarang nampaknya jauh berbeda. Semoga saya salah. Dulu sempat ikut gabung di grup menulis Obrolin yang sekarang sudah mati suri. Padahal dulu grupnya cukup ramai dan sering buat event menulis. Ke manakah gerangan teman-teman di sana ya?

Sekarang para blogger seperti asyik dengan dunianya masing-masing. Banyak pula blog yang sudah tak diupdate bertahun-tahun. Mungkin mereka sudah punya kesibukan baru atau pindah platform youtube, ya?

Lalu ide ini pun muncul yaitu untuk membuat komunitas bloger baru. Tentu dengan sedikit ilmu dan pengalaman yang aku miliki, mimpi membuat sebuah komunitas itu nampaknya mustahil. Tapi bukankah setiap mimpi besar itu diawali dari sebuah langkah kecil.

Jadi, pada kesempatan ini, aku ingin bertanya kepada para bloger sekalian sebagai berikut :

  1. Komunitas bloger seperti apa sih yang kamu idamkan?
  2. Apa saja hal yang kamu inginkan atau dapatkan dari komunitas?
  3. Apa saja hal-hal buruk, tidak menyenangkan, menyebalkan dan mengecewakan dari masuk sebuah komunitas bloger?
  4. Nama komunitas apa yang kamu inginkan?
  5. Seberapa luas jangkauan komunitas bloger yang kamu harapkan?
  6. Syarat dan ketentuan apa yang sebaiknya diterapkan pada saat registrasi anggota komunitas?
  7. Kalau kita membuat komunitas baru, apakah kamu mau bergabung?

Kamu bisa menyampaikan suara dan pendapatmu tentang Ide Membuat Komunitas Bloger Baru di kolom komentar pada pos ini.

Dan aku mengundang kamu untuk bergabung juga di Grup Whtasapp. Setidaknya, misalkan rencana membuat komunitas ini gagal, tapi kita masih memiliki grup Whatsapp sesama bloger. Kalau tertarik silakan isi form di bawah ini.

###

View My Daily Post

57 thoughts on “Ide Membuat Komunitas Bloger Baru

  1. Kak, aku udah kirim. Dan di sana ada typo:) Yang seharusnya kutulis persyaratan tidak rumit, malah tertulis rumit…. Heheh harap maklum yaaa kak

    1. hai hai, terima kasih banyak atas kesediaannya untuk bergabung. nanti aku invite jika membernya sudah 10 orang. sejauh ini responnya sudah bagus.

      kalau ada teman bloger lain yang mau diajak, silakan.

      the more, the merrier

      semakin banyak, semakin meriah

  2. Saya mengidamkan komunitas blogger yang aktif, yang mampu mengiring anggotanya untuk berinteraksi minimal minggu sekali. Saya ingin belajar dan berinteraksi dengan banyak orang, terutama di komunitas yang memiliki peminatan yang sama. Hal-hal buruk yang mungkin terjadi, dan bersifat tidak menyenangkan, menyebalkan serta mengecewakan adalah manajemen komunitas yang tidak bertanggung jawab dan tidak jelas. Nama komunitas yang saya inginkan, hum…saya sangat menyukai kata “Obrolin” kalau boleh jujur. Saya mengharapkan komunitas yang bersifat nasional (dari Sabang sampai Merauke). Syarat dan ketentuan yang sebaiknya diterapkan pada saat registrasi anggota komunitas adalah data diri (nama, nomor handphone/contact number, email, alamat web) serta menyatakan persetujuan untuk menjadi anggota komunitas plus bersedia dikeluarkan kalau melanggar kode etik komunitas. Saya akan sangat bersemangat dan antusias untuk ikut bergabung pada komunitas blogger yang baru!

      1. Baiklah, Kak.

        Kak, kalau boleh memberi saran. Kakak bisa membuat survey menggunakan google survey seperti Google Form untuk mengumpulkna data. Tindakan penggumpulan data dengan menggunakan metode ini akan lebih aman (secara privasi) dan memudahkan Kakak untuk mengelola informasi yang masuk. Plus enak untuk dibagikan hehehe.

        Saran ya, Kak.

        1. Siap, Ayu. Untuk Google Form nanti aku buat kalau sudah lebih dari 10 orang yang punya keinginan yang sama membuat komunitas baru ini.

          Thanks! Aku sudah tak sabar juga lho. Haha… kita tunggu 5 orang bloger lainnya dulu. Semoga ada yang mau ikutan

  3. Aku jg ikut gabung di grup wa Obrolin.
    Gpp sih kalau kita buat grup gitu. Bisa sharing wawasan menulis atau apapun. Ga usah pakai syarat apapun untuk gabung grup. Kadaang jg ga aktif di grup sperti aku, tp memperhatikan jg juga tiap ada obrolan yg untuk menambah ilmu ngeblog kita.
    Yg terpenting menambah teman n sodara. Karena stiap jalan di setiap kota, aku punya teman untuk diajak ketemuan. Sekedar ngobrol dan sharing seputar ngeblog atau obrolan ringan lainnya

      1. Tiap orang di komunitas saling mengobrol dan berbagi ilmu tentang penulisan di blog.

        Sependapat dengan masHP, mengoreksi tulisan khususnya penggunaan tanda baca, tata letak bahasa.

        Komunitasnya sepi.

        Ikatan Penulis.

        Sama, gak perlu terlampau luas.

        Ketentuannya mungkin bisa dibicarakan, yang paling penting sih harus menghargai dan menghormati sesama penulis. Syaratnya; biodata (nama, orang mana, dan nomor hp), tiap orang menulis 1 tulisan dalam 1 bulan.

        Aku ikut.

          1. Komunitas yang punya keinginan terus menulis dengan membuat satu wadah semacam blog keroyokan.
            Silaturahmi, bisa saling mengoreksi tulisan agar ketrampilan menulis kita menjadi lebih baik.
            Kalau ada yg baper. Karena itu sebaiknya tdk menyinggung perbedaan terkait hal2 sensitif. Pemahaman agama atau pandangan politik misalnya.
            Bisa dimusyawarahkan bersama agar ada kesepakatan.
            Gak perlu terlampau luas. Dimulai dr 10 orang saja mungkin cukup. Selanjutnya terserah, gk perlu dibatasi.
            Syaratnya yg mudah saja:

            Biodata singkat (nohp wajib).
            Wajib menulis minimal 1 tulisan dlm 1 bulan.

            Tentu.

  4. Wah, tersanjung banget akunya mas Ishfah. Tulisanku direspon oleh mas Ishfah dengan serius.
    Terima kasih atas semua itu.

    Saya juga baru sekali ikut komunitas menulis di Obrollin waktu itu mas. Di sana kita tidak banyak disyaratkan sebagaimana syarat2 yang mas Ishfah uraikan dr Forum Lingkar Pena. Itu mungkin karena komunotasnya sdh besar.

    Kalau di Obrollin dulu sih regiatrasinya sangat mudah. Hanya selain grup di wordpress diparalelkan juga dg grup WA.

    Coba saja pelan2 diaosialisasiin dulu mas. Apa kira2 animonya cukup besar utk buat komunitas menulis ini.

Comments are closed.