Umur Ideal Laki-laki untuk Menikah

Halo, Sahabat!

Untuk kamu yang belum menikah, kira-kira kapan rencana itu akan terwujud? Pada umur berapa kamu akan menikah?

Pertanyaan seperti ini tidak hanya muncul saat keluarga berkumpul di momen Idul Fitri. Biasanya tante yang penasaran, sepupu yang usil atau teman yang K.E.P.O. selalu bertanya ini. Dan ternyata pertanyaan inI pula sedikit banyak mempengaruhi diri sendiri. Seseorang bisa membayangkan hal itu sebelum ia tidur yang membuatnya malah gelisah.

Pada pos berjudul Kapan Nikah, aku sudah membahasnya.

Sebenarnya di umur berapa sih laki-laki itu ideal untuk menikah?

Memang kedewasaan tidak ditentukan oleh umur. Karena ada orang yang berumur 22 tahun dan sudah mapan. Ada orang yang 44 tahun tetapi masih pemarah, emosional atau ngambekan.

Selanjutnya di umur berapa laki-laki itu boleh menikah? Di umur di bawah 25 tahun laki-laki boleh menikah. Bahkan di umur 70 tahun ia boleh menikah (lagi).

Laki-laki pada umur 25 tahun itu sudah diharapkan dewasa. Bukan karena umurnya tetapi masyarakat melihat (menilai) anak muda umur 25 tahun itu sudah mandiri. Ia sudah mulai bekerja dan memiliki pendapatan. Umur di bawah 25 tahun, laki-laki masih kuliah dan persiapan masuk ke dunia kerja. Kalau umur 27 tahun dianggap sudah lebih matang lagi. Artinya ia sudah meniti karier selama dua tahun, memiliki gaji dan posisi sudah bagus. Laki-laki umur 30 tahun sudah matang. Dan pada umur 35, laki-laki sudah sangat matang dalam segala hal. Kalau begitu rentang umur laki-laki yang sudah diduga siap untuk menikah adalah antara 25 hingga 35 tahun. Yang membuat dia siap bukan karena umur semata melainkan ia sudah dewasa. Maksudnya ia sudah lebih matang emosinya (bisa mengendalikan diri), intelekutal dan finansial.

###

Keterangan :

K.E.P.O. adalah akronim dari Knowing Every Particular Object yang artinya sebutan untuk orang yang serba ingin tahu akan detail sesuatu. Apa saja yang terlintas di benaknya akan ditanyakan terus. Hal-hal sepele ditanyakan serta serba ingin tahu urusan orang lain.

K.E.P.O. biasa disematkan sebagai sebutan yang tidak baik karena keterkaitannya pada sibuk mengurusi (sangat ingin mengetahui) apa saja yang terjadi pada orang lain. Lain halnya jika rasa penasaran itu ada pada proses belajar-mengajar, mengkaji ilmu dan sebagainya. Untuk poin kedua ini sepertinya istilah K.E.P.O. tidak cocok.

Pos lainnya ada di sini

3 thoughts on “Umur Ideal Laki-laki untuk Menikah

  1. Ngomong-ngomong tentang nikah, jadi teringat Dinda dan Rey yang tengah jadi perbincangan hangat warganet. Haha~

    Menurutku, umur juga tidak sepenuhnya bisa dijadikan parameter untuk mengukur siap tidaknya seseorang menikah. Pasti banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan. Nice post Ka!

Apa komentarmu tentang pos ini?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s