Sabar dan Syukur

Semoga Allah menjaga hati kita saat sedang diuji dan diberi nikmat oleh-Nya sehingga bisa menjadi mukmin yang ajaban (mengagumkan). Kalau diuji maka bersabarlah karena itu kebaikan. Kalau diberikan kenikmatan maka bersyukurlah, karena itu pula kebaikan.

Ada banyak kebaikan yang diberikan oleh Allah kepada mereka yang bersabar. Pun ketika diberi nikmat lalu bersyukur maka Allah akan menambahkan nikmat untuk hamba-Nya tersebut. Menjadi orang beriman itu hidupnya tak ada beban. Semua hal yang terjadi kepadanya adalah kebaikan.

Tak ada ruginya menjadi orang beriman. Setiap orang akan diuji. Varian ujiannya berbeda menimpa setiap orang. Manusia diuji dari tiga hal yaitu ujian fisik (misalnya sakit), harta (kekayaan, karier, pekerjaan, usaha, bisnis dan jabatan) dan perasaan (merasa hati tidak enak seperti gelisah, kehilangan orang yang disayangi).

Orang-orang beriman tetap beramal sholeh dalam menggunakan hartanya (infaq di jalan Allah), baik dalam keadaan lapang dan sempit. Saat ia berkecukupan atau miskin, ia tetap berbuat kebaikan. Ini mukmin yang keren banget. Ia tidak pernah membiarkan kesempatan untuk berbuat baik lolos dari genggamannya. Ia tetap beramal sholeh ketika dalam kondisi diberi nikmat atau sedang diuji.

Contoh orang-orang yang tetap berinfaq dalam keadaan sempit adalah kebaikan yang dilakukan oleh kaum Anshar (penolong) dari kota Madinah. Ketika kaum Muhajirin (orang yang berhijrah dari Mekah) datang ke kota Madinah, mereka berebutan berbuat kebaikan. Segala hal kebaikan yang bisa diperbuat, mereka segera tunaikan. Ada yang memberikan harta, rumah, tempat berdagang, modal usaha, tanah bahkan mengenalkan calon istri. Tidak semua kaum Anshar memiliki kelapangan harta, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat mereka untuk membantu saudaranya dari Mekah. Segalanya dilakukan. Kaum Anshar mendahulukan kebutuhan kaum Muhajirin, karena mereka beriman. Mereka yakin akan janji Allah dan Rasul-Nya bahwa siapa yang berbuat baik akan mendapatkan kebaikan pula dari Allah.

Sebagai orang yang beriman, apapun yang menimpa terhadap diri, baik senang atau susah akan diterima dengan baik. Kalau kamu saat ini sedang diuji, bersabarlah. Pun bila kenikmatan yang kini kamu rasakan maka bersyukurlah. Semakin banyak bersyukur, nikmat yang kamu rasakan justru akan ditambah oleh Allah.

Yuk, tetap semangat menjalani hidup ini. Ujian dan nikmat akan tetap kita hadapi setiap hari. Jadilah mukmin yang mengagumkan!

Hadits Muslim Nomor 5318

Telah menceritakan kepada kami [Haddab bin Khalid Al Azdi] dan [Syaiban bin Farrukh] semuanya dari [Sulaiman bin Al Mughirah] dan teksnya meriwayatkan milik Syaiban, telah menceritakan kepada kami [Sulaiman] telah menceritakan kepada kami [Tsabit] dari [Abdurrahman bin Abu Laila] dari [Shuhaib] berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Perkara orang mukmin mengagumkan, sesungguhnya semua perihalnya baik dan itu tidak dimiliki seorang pun selain orang mukmin, bila tertimpa kesenangan, ia bersyukur dan syukur itu baik baginya dan bila tertimpa musibah, ia bersabar dan sabar itu baik baginya.”

###

Yuk nongkrong bareng UHA di sini!