7 Makanan Sehat untuk Penderita GERD

Awal bulan Juli kemarin, setidaknya hingga 21 hari, aku terkapar lemah di pembaringan lantaran penyakit asam lambung. Lemas, mual dan tak ada selera makan. Itu yang aku rasakan. Asam lambung naik atau GERD ini sudah dua kali aku alami. Semoga ini menjadi yang terakhir.

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah.

Normalnya, katup ini akan terbuka untuk memungkinkan makanan serta minuman masuk menuju lambung dan dicerna. Setelah makanan atau minuman masuk ke lambung, katup ini akan tertutup kencang guna mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan.

Namun pada penderita GERD, katup ini melemah, sehingga tidak dapat menutup dengan baik. Hal ini mengakibatkan isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan.

Apabila kondisi ini terjadi terus-menerus, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan dan lama kelamaan menjadi lemah.

Gambar dari Axa

Ketika sedang sakit memang nikmatnya sehat menjadi cita-cita. Setelah sekarang sembuh, aku lebih menghargai betapa mahal dan berartinya sehat bagi tubuh. Salah satu cara supaya tetap sehat dan mencegah GERD kambuh adalah dengan disiplin menyantap makanan yang aman untuk lambung.

Ada banyak makanan, terutama yang berbahan dasar dari tumbuhan, yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita GERD. Namun pada pos ini hanya dibahas 7 jenis makanan.

NASI

Mengkonsumsi nasi merupakan pilihan yang baik karena tahan lama alias tidak cepat lapar. Kalau tubuh masih menolak, bisa dengan membuat bubur. Buburnya yang normal saja ya. Tidak perlu pakai topping yang macam-macam dan bumbu-bumbu yang berlebihan.

Saat sakit kemarin, keinginan makan saja hampir hilang. Yang ada hanya mual. Padahal perut kosong dan lambung perlu mencerna makanan. Jika tak ada makanan yang dimakan maka tubuh makin lemas dan masa penyembuhan masih akan lama tercapainya.

Saran dari dokter waktu itu yaitu aku harus tetap makan. Kalau belum bisa makan dengan porsi normal, makanlah sedikit-sedikit saja namun sering.

Aku makan setengah centong nasi setiap kali makan. Bahkan kadang-kadamg tidak habis. Lauknya pun urung kuhabiskan. Tapi sesuai petunjuk dokter, aku tetap makan sekitar 3 atau 4 jam kemudian. Jangan sampai perut tidak terisi sama sekali. Alhamdulillah, berangsur-angsur kondisiku membaik disertai meminum obat dari dokter.

NASI TIM

Pilihan lainnya adalah nasi tim. Nasi tim adalah hidangan berupa nasi dan ayam berbumbu gurih yang dikukus. Dalam bahasa Indonesia istilah “tim” mungkin berasal dari bahasa Inggris steam yang berarti dikukus.

Bahan-bahannya adalah daging ayam tanpa tulang, jamur, dan telur ayam rebus, semuanya dibumbui bawang putih dan kecap asin. Bahan-bahan tersebut diletakkan di dalam mangkuk logam; dari bahan aluminium, baja tahan karat, atau kaleng. Mangkuk logam ini kemudian diisi nasi hingga padat, kemudian diletakkan di dalam panci pengukus, dan dikukus hingga matang. Masakan ini biasanya disajikan dengan sup bening kaldu ayam ditaburi daun bawang.

Sama seperti bubur, jangan terlalu banyak topping dan bumbu yang macam-macam. Tujuannya adalah membuat tubuhmu bisa diasupi nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi.

OATMEAL

Oatmeal terbuat dari oat yang direbus bersama dengan air atau susu. Oat (Avena sativa) diklaim sebagai salah satu biji-bijian tersehat di dunia yang bebas gluten dan memiliki sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang tinggi.

Oatmeal merupakan oat groats yaitu oat meal, corn meal dan pease meal yang dihaluskan. Berbentuk bubuk dengan serpihan kasar. Aromanya gurih wangi seperti susu atau gandum. Ada yang disebut quick oat karena sudah dipotong serpihannya dan dikukus sehingga cepat matang jika dimasak. Ada juga yang instant oat yaitu yang bisa langsung dimakan. Jenis ini biasanya sudah ditambahkan gula dan perasa buah-buahan.

ROTI GANDUM

Pilihan terbaik adalah roti gandum utuh (whole wheat bread) yang dibuat dari tepung biji gandum utuh dengan tekstur agak kasar. Pada sebagian negara, roti gandum dilengkapi dengan biji-bijian di atasnya untuk tampilan yang lebih menarik, sekaligus menambah kandungan nutrisi.

Biji gandum utuh memiliki tiga lapisan secara lengkap, yaitu dedak, endosperma, dan benih. Roti tawar putih yang paling banyak ditemukan di Indonesia, membuang bagian dedak dan benih, sehingga nutrisi penting yang terkandung di dalamnya pun ikut hilang. Roti tawar putih terbuat dari tepung gandum putih, yaitu biji gandum yang hanya diambil bagian endosperma-nya dan diberi pemutih.

Selain sebagai sumber karbohidrat yang cocok untuk sarapan, roti gandum yang terbuat dari biji gandum utuh juga mengandung lebih banyak serat dibanding roti tawar putih. Roti jenis ini diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, seperti protein, antioksidan, mineral termasuk zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc, serta vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin K.

Selain itu, roti gandum utuh juga sangat baik untuk kesehatan karena rendah lemak dan bebas kolesterol. Roti gandum juga dilengkapi dengan senyawa alami yang diduga dapat melawan perkembangan sel-sel kanker.

Jika kamu sering bepergian jauh, bawalah bekal sebagai jaga-jaga jika kamu lapar. Jika membawa nasi dan lauk tidak memungkinkan, piliah roti gandum sebagai bekal pengganti. Mudah dan simpel.

MAKANAN RENDAH LEMAK, GARAM & GULA

Misalnya ayam, ikan, telur dan tahu. Sebaiknya memasak bahan-bahan tersebut dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang. Hindari makanan yang digoreng.

Untuk disiplin akan hal ini, jujur kuakui sulit ditahan. Makanan dengan tiga kategori di atas adalah makanan yang paling banyak kita temui sehari-hari. Menahan untuk tidak memakannya menjadi tantangan tersendiri. Setidaknya aku berusaha mengurangi porsi dan kuantitas menyantapnya terlebih dahulu. Dan semoga di akhir aku bisa seutuhnya disiplin.

BUAH-BUAHAN YANG TIDAK ASAM

Makanlah buah-buahan yang tidak asam. Kamu bisa memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus.

Waktu sakit kemarin, aku makan buah apel, pisang, melon, pepaya dan pir. Bergantian setiap hari. Ini juga membantuku untuk tetap merasa terisi perutnya. Juga sebagai makanan tambahan selain nasi dan lauk. Seperti yang kuceritakan di atas, aku memakan nasi tidak selahap biasanya. Makan empat atau lima sendok makan saja sudah sebuah prestasi. Dengan mengkonsumsi buah-buahan, ada asupan makanan lain yang masuk ke dalam tubuh

SUSU

Susu memang dapat memperburuk gejala maag dan asam lambung, tetapi bukan berarti kamu harus sepenuhnya berhenti minum susu. Kamu bisa tetap minum susu dengan nyaman asalkan memilih jenis susu yang tepat.

Berikut beberapa jenis susu yang bisa kamu konsumsi.

1. Susu Rendah Lemak

Ada berbagai jenis susu di pasaran, yaitu whole milk dengan kandungan lemak utuh, susu rendah lemak (2% lemak), serta susu skim atau bebas lemak. Susu yang cocok untuk penderita asam lambung adalah yang mengandung 0 – 2,5% lemak.

Susu bebas atau rendah lemak bisa menjadi buffer sementara bagi lambung. Larutan yang bersifat buffer tidak mudah terpengaruh oleh perubahan pH (tingkat keasaman) lingkungannya. Jadi, suasana lambungmu tidak akan bertambah asam.

2. Susu Almond

Susu almond dinilai sebagai susu yang cocok untuk penderita asam lambung karena sifatnya yang basa. Almond memiliki pH sebesar 8,4. Nilai ini tergolong basa dan lebih tinggi dibandingkan pH susu sapi yang sebesar 6,8.

Nilai pH tersebut diyakini dapat menetralisasi asam lambung. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa kandungan susu almond betul-betul aman bagi penderita maag dan asam lambung.

3. Susu Kedelai

Susu kedelai dapat menjadi pilihan yang aman bagi penderita asam lambung karena rendah lemak. Satu gelas susu kedelai (200 mL) hanya mengandung 5 gram lemak, lebih rendah dari susu sapi dengan jenis whole milk.

Susu merupakan minuman dengan segudang manfaat. Namun, penderita maag atau asam lambung perlu ekstra cermat dalam memilih jenis susu yang cocok untuk kondisi pencernaannya.

Susu rendah lemak atau susu alternatif mungkin dapat menjadi opsi yang lebih aman bagi perut. Akan tetapi, jika perutmu masih juga terasa tak nyaman setelah minum susu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan solusinya.

###

SUMBER:

  1. Alodokter – GERD
  2. Alodokter – Roti Gandum
  3. Axa
  4. Detik
  5. Hellosehat
  6. Wikipedia
  7. Youtube

Mari pelajari tanaman lainnya di sini

4 thoughts on “7 Makanan Sehat untuk Penderita GERD

  1. Dulu juga sempet ngalamin asam lambung naik sampe kerongkongan. tidur harus sambil duduk, nyiksa bangeeett :”)))

    Dulu sih emang disaraninya makan yang lembut2 dulu. Bahkan aku sampe makan bubur bayi 😅

    1. Yes, it’s painful.

      Jangan lagi. Jangan lagi.

      Makan bubur bayi sih belum pernah nyobain tapi biskuit-biskuit buat bayi pernah tuh. Ah tetap tidak enak di lidah, Nad.

      1. Iyaa jangan lagiiii. Gaenak banget rasanyaaa, dada panas bgt kek kebakar 😭

        Ya 11 12 sih enaknya sama biskuit bayi, tapi namanya lagi sakit mah pasti jadi gaenak aja berasanya

Apa komentarmu tentang pos ini?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s