Ustadz Abdul Somad

Kesan pertama tentang Ustadz Abdul Somad (UAS) adalah tegas, ilmiah sekaligus kocak. Ia tegas dalam hukum-hukum agama. Yang benar ia lantang menyebutnya benar dan yang salah ia tetap katakan salah. Ia juga berilmu dan setiap penjelasan dari ceramahnya memiliki dasar ilmu, dalil dan sumber yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Namun, tidak hanya dua hal itu yang membuatku terkesan dan tertarik kepadanya, ternyata UAS memiliki selera humor yang tinggi. Kajian-kajian ilmu yang disampaikannya pun selalu diselingi oleh candaan dan guyonan. Melihat beliau seperti ini, aku jadi teringat kepada K.H. Zainudin M.Z. Tapi UAS pernah mengatakan kalau ia bukanlah Dai Sejuta Umat. Julukan itu hanya untuk Al-Mukarrom K.H. Zainudin M.Z. Menurutnya, ia lebih cocok dipanggil Ustadz Sejuta Viewer karena video-video ceramahnya telah ditonton oleh banyak orang.

Ia bercerita tentang awal mula bisa dikenal oleh masyarakat luas. Sepulang dari Maroko, UAS pernah ditunjuk oleh Ustadz Mustafa Umar untuk menggantikannya memberikan kajian rutin di masjid. Saat pengajian berlangsung, ada jamaah yang merekam isi pengajian UAS kemudian mengunggahnya ke Youtube. Tak diduga, ternyata video pengajian itu telah banyak ditonton. Dan lambat laun, UAS mulai dikenal oleh masyarakat.

Berikut adalah tausyiah/ceramah/kajian dari Ustadz Abdul Somad  :

  1. Asal Orang Kafir dan Yahudi
  2. Disebut Orang Fanatik
  3. Gigih dan Pantang Menyerah
  4. Hukum Mengqadha Shalat Orang Yang Sudah Meninggal
  5. Nanah