Daftar Istilah Perbankan

D

Daftar Hitam

Daftar Hitam adalah daftar nama nasabah perseorangan atau perusahaan yang terkena sanksi karena telah melakukan tindakan tertentu yang merugikan bank dan masyarakat, misalnya seseorang atau perusahaan yang melakukan penarikan cek kosong.

Daftar Orang Tercela (DOT)

Daftar Orang Tercela (DOT) adalah daftar orang yang memenuhi kriteria pembuatan tercela di bidang perbankan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan dilarang menjadi pemegang saham dan atau pengurus bank.

Dana

Dana (fund)  uang tunai dan/atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu.

Dana-Pendanaan

Dana-Pendanaan (funding) adalah penyediaan dana yang bersumber dari utang lain untuk menyelesaikan utang ada satu atau sebelum jatuh tempo dengan kondisi yang lebih menguntungkan, misalnya dengan menerbitkan obligasi.

Dana Moneter Internasional

Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) adalah lembaga keuangan yang didirikan berdasarkan konferensi ekonomi di Bretton Woods pada tahun 1944, untuk meningkatkan kerja sama moneter internasional serta memelihara dan meningkatkan keseimbangan lalu lintas pembayaran internasional di antara anggotanya.

Dana Pemerintah

Dana Pemerintah adalah utang pemerintah kepada masyarakat yang dihimpun dalam suatu akun untuk kepentingan negara dan kesejahteraan masyarakat.

Dana Pensiun

Dana Pensiun adalah dana yang dihimpun oleh suatu perusahaan atau serikat pekerja atau badan usaha milik pemerintah atau organisasi lain yang bertujuan untuk membuat cadangan dana sebagai pembayaran pensiun bagi pegawainya yang telah memasuki masa pensiun.

Dana Talangan

Dana Talangan adalah dana yang disediakan oleh Bank Indonesia yang digunakan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu kepada kreditur bank dan akan menjadi hutang bank tersebut kepada Bank Indonesia.

Dealer

Dealer adalah pedagang yang mempunyai kedudukan khusus dalam menjual barang dagangan bermerek tertentu dan menjualnya kepada konsumen. Ddalam perdagangan efek, pedagang membeli atau menjual atas tanggungan sendiri.

Debit

Debit adalah sisi sebelah kiri neraca yang, antara lain, berisi catatan mengenai kas, surat berharga yang dimiliki, dan aktiva tetap; urutan pencatatan sesuai dengan tingkat likuiditas aset.

Debit Bank

Debit Bank adalah pendebitan atas cek-cek yang dibayarkan, penarikan-penarikan yang disetujui, dan instrument-instrumen penarikan lain dari simpanan/deposito perseorangan, perusahaan-perusahaan atau lembaga lainnya selama periode tertentu yang biasanya dilaporkan harian. Dalam skala nasional, proses ini dapat digunakan untuk membuat perkiraan trend keuangan secara nasional.

Debitur

Debitur adalah pihak yang menerima kredit atau pinjaman.

Debtor Identification Number (DIN)

Debtor Identification Number (DIN) adalah nomor unik yang dibentuk secara otomatis oleh sistem untuk memberikan identitas kepada setiap Debitur dalam Sistem Informasi Debitur. Setiap Debitur akan memiliki DIN yang berbeda dengan Debitur lainnya, sehingga apabila dalam proses permintaan DIN terhadap Debitur baru didapati kemiripan antara data Debitur yang diminta dengan data Debitur yang sudah ada di dalam database SID Bank Indonesia, maka Pelapor SID yang mengajukan permintaan DIN akan diminta untuk melakukan konfirmasi terhadap data Debitur tersebut. Dalam hal dilakukan konfirmasi terhadap data Debitur yang diyakini kemiripannya, maka Debitur tersebut harus menyertakan data pendukung atau identitas lain yang dapat digunakan untuk meyakini bahwa data Debitur yang terdapat dalam SID adalah benar milik Debitur yang dimaksud. Apabila setelah dilakukan konfirmasi dan dinyatakan bahwa data Debitur tersebut adalah sama, maka Pelapor wajib menggunakan DIN yang telah ada sebelumnya. Apabila diyakini berbeda, Pelapor dapat memilih untuk membuat DIN baru.

Defalkasi

Defalkasi adalah melakukan penggelapan sehingga menyebabkan kerugian pada pihak lain, misalnya penggelapan dana perusahaan atau uang milik pihak lain yang dipercayakan padanya dengan cara menggunakan nota fiktif.

Defisiensi

Defisiensi adalah penurunan nilai dan aktiva sehingga nilainya lebih rendah daripada harga belinya atau lebih rendah dari uang yang dipinjam untuk membeli aset tersebut. Dalam likuidasi dapat diartikan sebagai tidak terbayarnya seluruh kewajiban meskipun seluruh aset telah habis dijual.

Deflasi

Deflasi adalah keadaan yang menunjukkan daya beli uang meningkat dalam masa tertentu karena jumlah uang yang beredar relatif lebih kecil daripada jumlah barang dan jasa yang tensedia.

Deflator

Deflator adalah alat statistik atau komponen rasmi yang dapat mencerminkan faktor penyebab timbulnya deflasi.

Demonetisasi

Demonetisasi adalah penghapusan atau penarikan kembali fungsi standar moneter dan alat pembayaran tertentu.

Denah

Denah adalah gambar dari lokasi sebuah tempat. Denah yang dimaksud dalam istilah perbankan adalah gambar lokasi dari jaminan seorang debitur yang terlampir di dalam sertifikat tanah dan bangunan.

Denda

Denda adalah hukuman berupa uang yang harus dibayarkan karena melanggar peraturan atau undang-undang.

Denda Cerukan

Denda Cerukan adalah denda bunga yang harus dibayar oleh nasabah karena terjadi cerukan.

Denominasi

Denominasi adalah sebutan nilai nominal uang, saham, dan sebagainya.

Deposito

Deposito atau yang sering juga disebut sebagai deposito berjangka, merupakan produk bank sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat. Dana dalam deposito dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan persyaratan tertentu. Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu di mana uang di dalamnya tidak boleh ditarik nasabah. Deposito baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya, biasanya deposito mempunyai jatuh tempo 1, 3, 6, atau 12 bulan. Bila deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan kena penalti.

Deposito juga dapat diperpanjang secara otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Deposito akan diperpanjang otomatis setelah jatuh tempo, sampai pemiliknya mencairkan depositonya. Bunga deposito biasanya lebih tinggi daripada bunga tabungan biasa. Bunga dapat diambil setelah tanggal jatuh tempo atau dimasukkan lagi ke pokok deposito untuk didepositokan lagi pada periode berikutnya.

Deposito Berjangka

Deposito Berjangka adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.

Deposito Antarbank

Deposito Antarbank adalah deposito suatu bank pada bank lain di luar negeri, biasanya dengan bank koresponden. Setiap bank memelihara akun antarbank pasiva (due to account) atas nama bank lain. Disebut juga deposito timbal balik. Pencatatan akun bank dalam negeri pada bank koresponden di luar negeri disebut rekening nostro dan pencatatan rekening bank koresponden luar negeri pada bank di dalam negeri disebut rekening vostro.

Deposito Dengan Pemberitahuan

Deposito Dengan Pemberitahuan (Deposito On Call) adalah simpanan yang hanya dapat ditarik dengan syarat pemberitahuan sebelumnya.

Depresi

Depresi adalah keadaan ekonomi yang ditandai oleh menurunnya harga, menurunnya daya beli, jumlah penawaran yang jauh melebihi permintaan, angka pengangguran yang meningkat secara tajam, dan kelesuan dunia usaha yang mengarah kepada likuidasi perusahaan.

Depresiasi

Depresiasi adalah penurunan nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain. Biasanya devaluasi terhadap mata uang dilakukan dalam rangka pelaksanaan kebijakan moneter.

Desk Collector

Desk Collector adalah collector yang bertugas di kantor bukan di lapangan. Tugas umumnya adalah menyiapkan data debitur yang menunggak, membuat surat peringatan dan menelepon debitur untuk mengingatkan atau menegur debitur agar bisa segera membayar kewajibannya kepada bank

Devaluasi

Devaluasi adalah penurunan nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain. Biasanya devaluasi terhadap mata uang dilakukan dalam rangka pelaksanaan kebijakan moneter.

Deviasi Standar

Deviasi Standar adalah ukuran tingkat pencairan selisih nilai setiap anggota dalam sekelompok nilai dengan nilai rata-rata hitungnya. Ukuran itu merupakan angka yang diperoleh dengan mencari akar dan jumlah setiap deviasi pangkat dua dibagi jumlah anggota kelompok.

Devisa

Devisa adalah saldo valuta asing pada bank dan alat pembayaran luar negeri lainnya kecuali uang logam yang mempunyai catatan kurs resmi pada Bank Indonesia. Di kalangan perbankan internasional, devisa sama dengan valuta asing.

Dewan

Dewan adalah sekelompok orang yang mempunyai kedudukan paling tinggi dan penting dalam suatu perusahaan yang diberi kuasa oleh pemegang saham untuk mengurus, mengendalikan, atau mengawasi perusahaan tersebut.

Dewan Direksi

Dewan Direksi adalah pimpinan perusahaan yang dipilih oleh para pemegang saham untuk mewakili kepentingan mereka dalam mengelola perusahaan.

Dewan Standar Perakunan Keuangan

Dewan Standar Perakunan Keuangan adalah badan yang bersifat mandiri di Amerika Serikat yang bertanggungjawab menetapkan dan menafsirkan prisnsip-prinsip akuntansi yang lazim (Financial Accounting standards Board/ FSAB) di bawah pengampuan kedudukan seseorang yang menurut hukum perdata tidak dapat bertindak sendiri dalam perbuatan hukum tanpa diwakili atau bantuan dari pihak lain, misalnya anak-anak dibawah umur, wanita bersuami yang tunduk kepada hukum barat.

Direct Pass-Through Effect

Direct Pass-Through Effect adalah dampak langsung pergerakan dari suatu variabel terhadap variabel lainnya.

Direktur

Direktur adalah salah seorang anggota direksi, yaitu orang yang ditunjuk dan dipilih sesuai dengan anggaran dasar atau ketentuan yang berlaku untuk memimpin dan mengendalikan perusahaan.

Disagio

Disagio adalah selisih kurang antara nilai yang sebenarnya dan nilai nominal yang tercantum pada satu sekuritas atau nilai tukar alat pembayaran luar negeri atau turunnya nilai uang logam karena aus.

Disaster Recovery Center

Disaster Recovery Center adalah kemampuan infrastruktur untuk melakukan kembali operasi secepatnya pada saat terjadi gangguan yang signifikan seperti bencana besar yang tidak dapat diduga sebelumnya.

Disinvestasi

Disinvestasi adalah pengurangan atau penghentian investasi, dilakukan dengan menjual pabrik dan peralatannya atau tidak memelihara atau mengganti aktiva modal yang aus dalam penggunaannya.

Diskon

Diskon adalah pengurangan nilai kotor suatu transaksi atau metode pengurangan yang beban bunga pinjaman atau surat utangnya telah diperhitungkan di muka.

Diskonto Bank

Diskonto Bank adalah potongan yang diperhitungkan bank (biasanya dalam persen) atas suatu surat berharga karena pembayaran sebelum jatuh tempo.

Dislokasi Kredit

Dislokasi Kredit adalah realisasi pinjaman yang dilakukan di suatu kantor bank, sedangkan penandatanganan akta perjanjiainnya dilaksanakan di kantor lain dari pihak bank yang bersangkutan.

Dividen

Dividen adalah bagian dari laba bersih sesuai dengan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang ditetapkan untuk dibagikan kepada para pemegang saham sebagai keuntungan atas kepemilikan saham.

Dividen Akhir

Dividen Akhir adalah dividen yang dibayarkan pada akhir tahun untuk memenuhi kekurangan pembayaran yang telah dilakukan dengan dividen sementara berdasarkan ketetapan dividen tahun yang bersangkutan.

Dividen Properti

Dividen Properti adalah dividen yang diumumkan oleh perusahaan di tempat pembayaran tunai dividen yang para pemegang sahamnya adalah pemilik yang sah.

Dividen Regular

Dividen Regular adalah dividen yang ditetapkan perusahaan atas saham-sahamnya, biasanya dibayarkan secara teratur, misalnya setiap tiga atau enam bulan.

Dividen Saham

Dividen Saham adalah dividen yang dibayarkan oleh perusahaan kepada para pemegang saham dalam bentuk saham; tujuannya untuk mempertahankan tingkat modal perusahaan; dividen ini memberikan keuntungan kepada penerimanya karena mengurangi jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Dokumen

Dokumen adalah warkat yang dipakai sebagai tanda bukti yang umumnya memiliki kekuatan hukum pembuktian.

Dokumen Akseptasi

Dokumen Akseptasi adalah dokumen yang hanya dapat diserahkan setelah surat wesel diakseptasi pembeli. Surat wesel yang bersangkutan ditandai dengan tulisan D/A

Dokumen Kepemilikan

Dokumen Kepemilikan adalah bukti kepemilikan perusahaan oleh perseorangan yang disimpan bank.

Dokumentasi Kredit

Dokumentasi Kredit adalah dokumen yang berkaitan dengan kredit, termasuk kontrak perjanjian kredit, laporan keuangan, rencana kerja, dan dokumen lain yang menyangkut hak kreditur atas aset yang dijaminkan oleh debitur guna mengamankan pembayaran kewajiban debitur dan dokumen lain yang digunakan oleh pihak peminjam dalam mengevaluasi kelayakan seorang calon debitur. Dokumen ini merinci riwayat pinjaman yang disimpan dalam arsip kredit debitur yang akan digunakan oleh analis kredit dan pengawas lapangan dan pihak agen penilai ekstern. Kelengkapan dokumentasi kredit penting mengingat hal tersebut berhubungan langsung dengan tingkat kualitas kredit yang ditetapkan oleh pengawas bank.

Domisili

Domisili adalah tempat pembayaran wesel ditujukan atau tempat tinggal tetap atau tempat kedudukan seseorang atau hadan hukum, atau tempat yang dipilih dalam penyelesaian urusan hukum.

Dropping

Dropping adalah pemberian uang operasional dari Head Teller atau Manager Operasional kepada Teller untuk Kas Teller.

Due Dililgence

Due Dililgence adalah pemeriksaan langsung terhadap bank yang memberikan hak kepada pemeriksa untuk meminta konfirmasi kepada manajemen bank mengenai kebenaran laporang keuangan. Dalam kaitan dengan pemeriksaan bank di Indonesia, istilah ini diartikan sebagai audit keuangan terhadap bank dalam rangka pelaksanaan program rekapitalisasi bank.

Dumping

Dumping adalah penjualan barang secara besar-besaran di daerah pemasaran lain, biasanya di luar negeri dengan harga lebih rendah jika dibandingkan dengan harga penjualan di dalam negeri.

Duopoli

Duopoli adalah keadaan pasar yang ditandai dengan adanya, penawaran oleh hanya dua produsen.

| A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z |

SUMBER

4 thoughts on “Daftar Istilah Perbankan

Comments are closed.